Mengidentifikasi Kaitan Amortisasi dengan Penyusutan Nilai Aset

0
3749
Contoh Amortisasi

Amortisasi merupakan sebuah prosedur akuntansi yang dapat mengurangi nilai biaya dan aset (aktiva yang tak berwujud) secara bertahap dengan umur ekonomis yang terbatas melalui pembebanan secara berkala ke pendapatan. Amortisasi juga dapat diartikan sebagai suatu penurunan nilai penyusutan dari sebuah asset yang memiliki umur ekonomis yang lebih lama.

Mulanya amortisasi dalam akuntansi memiliki arti sebagai pengalokasian biaya aktiva yang tak berwujud yang mengacu pada pengurangan kewajiban dengan pembayaran pokok serta bunga dengan teratur dalam jumlah tertentu sampai pinjaman terbayar ketika tanggal jatuh tempo. 

Seperti yang sudah dibahas sedikit di atas amortisasi adalah suatu penurunan atau pengurangan nilai aktiva tidak berwujud pada setiap periode akuntansi.

Contoh Amortisasi

Perusahaan seringkali melakukan penghapusan untuk beberapa aset yang tidak berwujud agar dapat melalui amortisasi seperti goodwill. Sering juga dilakukan amortisasi terhadap setiap nilai yang dibayar atas pembelian preferen atau obligasi. Sedangkan pada amortization fund atau dana amortisasi ini dapat dikumpulkan secara berkala untuk membayar beban amortisasi tersebut. 

Contoh amortisasi seperti perusahaan yang memiliki pinjaman senilai Rp 10.000.000 dan setiap tahun diangsur sebesar Rp. 200.000 setia tahunnya, maka perusahaan tersebut telah melakukan amortisasi pinjaman sebesar Rp. 200.000 setiap tahunnya.

Contoh lainnya dimana sebuah perusahaan industri yang memiliki hak paten atas mesin dengan harga selama 10 tahun. Apabila industri tersebut menghabiskan dana senilai Rp 50.000.000 dalam pengembangan produknya, maka akan diakui serta dicatat senilai Rp 5.000.000 per tahun selama 10 tahun sebagai biaya amortisasinya.

Contoh amortisasi di atas adalah salah satu contoh melakukan amortisasi saat memiliki sebuah perusahaan maupun bisnis. 

Mengidentifikasi Kaitan Amortisasi dengan Penyusutan Nilai Aset

Seperti yang kalian ketahui bahwa amortisasi seringkali dikaitkan dengan penyusutan nilai aset. Hal tersebut memang keduanya memiliki keterkaitan satu sama lain. Di sini kamu dapat lebih memahami hasil identifikasi mengenai keterkaitan amortisasi serta penyusutan nilai aset. Hasil identifikasi ini akan dijelaskan di bawah ini.

Baca juga: Cara Mengoptimalkan Investasi dengan Manajemen Investasi

Apabila kamu sudah memahami keterkaitannya, tentu akan lebih mudah untuk memahami serta menerapkannya. Berikut ini beberapa tiga kaitan antara amortisasi dan penysutan nilai aset :

  • Kaitan dalam Pengertian

Sesuai dengan pengertiannya, amortisasi merupakan nilai pengurangan atau penurunan nilai dari aktiva yang tidak berwujud. Sedangkan penyusutan berarti pengeluaran untuk pembelian, pendirian, penambahan, perbaikan serta perubahan harta berwujud. 

Keduanya memiliki kaitan dalam hal perubahan nilai aset yang dimiliki oleh perusahaan, karenanya kedua hal ini saling memiliki kaitan satu sama lain.

  • Kaitan dalam Fungsi

Amortisasi dan penyusutan juga berkaitan dalam hal fungsi. Apabila amortisasi memiliki fungsi untuk mencerminkan dari nilai penjualan kembali, maka penyusutan memiliki fungsi untuk mendapatkan serta memelihara penghasilan pada bulan harta yang bersangkutan. Sehingga, fungsi perubahan nilai pada aset tersebut memiliki fungsi untuk kedepannya.

  • Kaitan dalam Pelaksanaan

Yang terakhir adalah kamu dapat melihat keterkaitan antara keduanya melalui beberapa tahapan pelaksanaan. Amortisasi dapat dilakukan pada bulan dilakukannya pengeluaran oleh perusahaan. Saat itu juga penyusutan pun dilakukan pada bulan yang sama dilakukannya pengeluaran. Karenanya keduanya saling berkaitan dan berhubungan satu sama lain.

Itulah beberapa informasi yang perlu diketahui seputar contoh amortisasi serta kaitannya dengan penyusutan. Sekarang kamu sudah memahami sedikit banyak mengenai amortisasi, bukan? Pastikan sebelum melakukan amortisasi pinjaman, kamu dapat lebih memahami mengenai apa itu amortisasi.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]