Penjelasan Lengkap Mengenai Capex dan Opex

1
21835
Capex dan Opex

Capex dan Opex – Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai Opex sebelum membahas mengenai Opex mungkin seringkali kamu lebih sering mendengar istilah Capex atau Capital Expenditure namun sebenarnya kedua hal ini biasanya saling beriringan. Namun, keduanya memiliki karakter yang berbeda meskipun sama-sama termasuk ke dalam jenis pengeluaran. Karenanya sekarang kita akan membahas terlebih dahulu mengenai apa itu Opex.

Pengertian Operating Expense (Opex)

Operating Expenditure atau Biaya Operasional adalah pengeluaran yang biasa dilakukan oleh sebuah perusahaan saat memenuhi kebutuhan operasional. Dalam kata lain, Opex juga adalah biaya yang dikeluarkan untuk tetap menjaga kelangsungan aset serta menjamin aktivitas perusahaan yang direncanakan dapat berjalan dengan baik.

Opex merupakan jenis pengeluaran reguler yang paling banyak dialokasikan untuk setiap perusahaan. Karena itu hal ini seringkali membuat manajemen perusahaan berusaha untuk menekan opex tanpa harus mengorbankan kualitas produk atau layanan bisnis yang dihasilkan.

Sesuai dengan yang sudah kita bahas sedikit di atas bahwa Opex juga dapat dikategorikan sebagai pengeluaran harian sebuah perusahaan. Karenanya biaya Opex ini tidak meliputi depresiasi, pajak pendapatan maupun bunga pinjaman (financing).

Perbedaan Capex dan Opex

Perbedaan Capital Expenditure (Capex) Operating Expenditure (Opex)
Definsi Capex  adalah pengeluaran yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk menciptakan manfaat masa depan. Dengan kata lain, capex merupakan pembelanjaan aktiva tetap yang bertujuan untuk menambah nilai aset serta memperluas kemampuan perusahaan dalam meningkatkan profit. Operating Expenditure atau Biaya Operasional adalah pengeluaran yang biasa dilakukan oleh sebuah perusahaan saat memenuhi kebutuhan operasional. Dalam kata lain, Opex juga adalah biaya yang dikeluarkan untuk tetap menjaga kelangsungan aset serta menjamin aktivitas perusahaan yang direncanakan dapat berjalan dengan baik.
Juga dikenal sebagai Belanja Modal pembelian aset Beban Usaha, Pengeluaran Operasional, Pendapatan Pengeluaran (Expenditure Capital), Belanja Modal
Accounting Tidak dapat sepenuhnya dipotong pada periode ketika mereka terjadi. Aset berwujud disusutkan dan aset tidak berwujud diamortisasi. Beban usaha sepenuhnya dikurangkan dalam periode akuntansi di mana mereka terjadi.
Pencatatan dalam Accounting sebagai : Dana yang dihabiskan untuk persediaan berada di bawah belanja modal. Dana yang dihabiskan mengubah persediaan menjadi throughput adalah opex.
In real estate: Biaya yang dikeluarkan untuk membeli properti menghasilkan pendapatan. Biaya yang terkait dengan operasi dan pemeliharaan dari properti menghasilkan pendapatan.
Contoh Membeli mesin dan peralatan lainnya, mengakuisisi aset properti intelektual seperti hak paten. Membeli Mesin Dan Peralatan Sebelum mengakuisisi Aset Properti intelektual seperti hak paten.

 

Istilah biaya operasi atau biaya modal ini tidak akan ditemukan dalam sebuah laporan keuangan perusahaan maupun neraca perusahaan. Namun kedua istilah ini akan kita temui pada hal-hal yang berhubungan dengan sisi akuntansi biaya dalam sebuah perusahaan. 

Baca juga: Ajukan Pinjamanmu Sekarang Dengan Produk Capex Financing Dari Akseleran!

Karenanya penting untuk mereka yang berkecimpung dalam dunia finansial maupun bisnis untuk mengetahui Capex dan Opex ini. 

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

pinjaman modal usaha

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.