Berapa Saldo Minimal di Bank-Bank Ini?

0
2132

Saldo minimal merupakan batas saldo paling rendah yang diperkenankan di rekening tabungan Sobat. Kebijakan saldo minimal setiap bank memiliki ketentuan yang berbeda. Sebagai contoh bank A menetapkan saldo minimal sebesar Rp50.000,- namun di bank B bisa sebesar Rp100.000,-

Nominal saldo minimal juga bisa ditentukan oleh jenis tabungan yang Sobat pilih. Tabungan reguler memiliki saldo minimal berkisar Rp50.000,- hingga Rp150.000,-. Sedangkan tabungan bisnis, biasanya menerapkan saldo minimal yang lebih tinggi berkisar Rp1.000.000 hingga Rp10.000.000,-

Bagi sebagian orang, saldo minimal atau mengendap di rekening tabungan mungkin dianggap tidak terlalu terasa karena nilainya yang bisa dikatakan relatif ‘sedikit’. Namun, ukuran tersebut tentu tidak sama bagi setiap orang.

Kenapa Bank Menerapkan Saldo Minimal?

Saldo minimal yang diterapkan oleh perbankan memiliki alasan tertentu. Mengutip www.tirto.id Santoso selaku Direktur PT Bank Central Asia Tbk, menjelaskan saldo yang mengendap atau ditahan bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi nasabah agar rekening mereka tetap aktif.

“Setiap bulan kan ada biaya administrasinya. Itu dipotong langsung ke saldo rekening. Kalau saldo rekening nol rupiah, lalu 2-3 bulan masih tetap nol rupiah juga, maka konsekuensinya rekening itu ditutup,” ujarnya.

Sementara mengutip www.bisnis.com Rohan Hafas selaku Corporate Secretary PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (saat ini menjabat sebagai Senior Executive Vice President (SEVP) Corporate Relation Bank Mandiri) mengatakan, pemberlakuan kewajiban adanya saldo mengendap di rekening dilakukan dengan tujuan mengantisipasi apabila suatu saat nasabah tidak lagi menggunakan rekening maka dana yang tersisa dapat dipergunakan bank sebagai biaya administrasi penutupan rekening.

Peraturan ini juga dibuat untuk memberikan keamanan jika nasabah dalam tempo waktu tertentu tidak pernah menggunakan rekeningnya kemudian dilakukan penutupan oleh pihak bank. Dalam kondisi seperti itu, bank akan memanfaatkan saldo mengendap untuk mengganti biaya administrasi.

Baca Juga:
Punya Uang Lebih, Pilih Ditabung atau Diinvestasikan?
Seberapa Besar Peluang Investasi di Masa Resesi Ekonomi?
2020 Segera Berakhir, Sudah Siapkan Resolusi Keuangan 2021?

Saldo Minimal Tiap Bank

Untuk Sobat yang ingin membuka rekening di bank, berikut beberapa jenis tabungan yang ditawarkan perbankan mengutip dari situs resmi bank Mandiri, BRI, BNI, BCA dan CIMB Niaga. Berikut saldo minimal yang diterapkan 5 (lima) perbankan tersebut:

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]