Tips Mencari Kerja Freelance Lewat Internet!

0
622
Kerja Freelance

Kerja freelance sepintas terlihat menyenangkan: bebas bekerja di mana saja, kapan saja, tidak harus mengenakan seragam formal, tidak ada birokrasi panjang nan rumit, dan sederet keuntungan lainnya. Namun, tahukah kamu bahwa tantangan para freelancer juga tak kalah banyak?

Salah satunya adalah harus giatnya dalam mencari pekerjaan. Seorang freelancer tidak memiliki gaji tetap seperti pekerja kantoran atau konvensional pada umumnya. Selepas project yang dikerjakan selesai, maka dia harus kembali mencari pekerjaan lainnya.

Semakin ke sini, persaingan di antara mereka yang memilih untuk kerja freelance pun semakin ketat. Oleh sebab itu, jika kamu (akan) memutuskan untuk menjadi seorang freelance, berikut adalah beberapa tip yang dapat kamu lakukan saat mencari pekerjaan freelance lewat internet.

  • Ukur dan Asah Skill

Langkah paling awal yang harus dipersiapkan sebelum terjun ke dunia freelancing adalah dengan memahami, mengukur, dan mengasah keterampilan yang kamu miliki. Ingat, ‘suka’ saja tidak cukup terutama jika kamu harus berkompetisi di dunia kerja freelance yang penuh dengan orang-orang idealis dan berkualitas.

Seperti contoh, kamu sah-sah saja mengatakan bahwa menulis adalah kegemaranmu. Kamu pun sah-sah saja merasa bahwa kamu dapat menulis dengan baik. Namun ingat, mengukur skill tidak cukup hanya dengan penilaian pribadi.

Kamu bisa meminta penilaian terhadap tulisanmu dari orang-orang terdekat seperti keluarga atau sahabat. Jika kamu tak pernah memliki pengalaman profesional, tak ada salahnya untuk giat mengikuti berbagai pelatihan untuk mentransformasikan hobimu menjadi keterampilanmu yang sesungguhnya.

  • Siapkan Portofolio

Jika kamu menjadi seseorang yang memberi pekerjaan—apalagi terhadap orang yang belum pernah dikenal sebelumnya—maka kamu pasti akan memastikan bahwa calon pekerjamu benar-benar berkualitas, bukan? Nah, salah satu cara untuk menilai kualitas tersebut adalah melalui portofolio.

Setiap pemberi kerja freelance akan membutuhkan portofolio alias sampel karyamu sebelum memutuskan untuk memilih dan membayarmu atas pekerjaan yang akan diberikan. Portofoliomu juga menjadi parameter yang akan membuatmu lebih unggul atau tidak dibandingkan freelancer lainnya.

Semakin banyak portofolio yang dimiliki, semakin besar pula kesempatan karir yang bisa kamu dapatkan. Di samping itu, kamu pun dapat menilai sendiri progress kemampuanmu dari waktu ke waktu.

  • Miliki Online Personal Branding 

Personal branding di zaman sekarang semakin perlu dimiliki oleh setiap orang, terutama jika kamu ingin memiliki karir profesional yang bagus. Selain CV atau resume, klien akan memastikan pula siapa sebenarnya orang yang akan dipekerjakannya.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun personal branding di dunia maya—bahkan secara gratis—guna mengejar karir kerja freelance impian. Kamu bisa menunjukkannya lewat akun Linkedin yang akan menunjukkan pula rekam jejak pengalaman profesionalmu.

Kamu juga dapat menggunakan akun media sosial untuk menciptakan persona yang diinginkan. Tak lupa, beberapa platform sesuai bidang—seperti blog, pinterest, dan sederet situs ajang memamerkan karya lainnya—turut membantumu memperkuat portofolio sekaligus kredibilitasmu sebagai seorang freelancer berkualitas.

Baca juga: Selain Bisnis Investasi, 4 Bisnis Menjanjikan Ini Bisa di Coba

  • Cari di Situs Terpercaya

Jumlah situs untuk berburu kerja freelance semakin banyak setiap harinya, baik skala nasional maupun global. Namun, pastikan kamu tetap selektif saat memilih mana yang akan dibidik. 

Hal ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya penipuan, baik dari sisi pemberi maupun pencari kerja. Beberapa tindakan tidak bertanggung jawab mulai dari disalahgunakannya data setiap pihak sampai jaminan pembayaran pun bisa terkena risiko ini.

Maka dari itu, carilah lowongan freelance di beberapa situs kredibel seperti Upwork, Freelancer, Fiverr, Guru, Sribulancer, dan beberapa lainnya. Jika mendapatkan informasi dari platform lain seperti di media sosial, jangan ragu untuk mengecek pula kredibilitas pemberi kerja tersebut.

Kerja freelance merupakan opsi kerja yang tak luput dari berbagai tantangan. Kesempatan yang semakin terbuka luas seiring perkembangan dunia digital juga diiringi ketatnya persaingan di antara para freelancer. 

Maka dari itu, kamu harus benar-benar menyiapkan diri dengan maksimal untuk dapat senantiasa memenangkan project sehingga memiliki karir freelancing yang berkesinambungan. Mulailah dengan mengukur dan senantiasa mengasah skill, memperkaya portofolio, dan membangun personal branding. Terakhir, selalu pastikan bahwa kamu berburu pekerjaan di situs yang kredibel, ya!

Semoga membantu!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]