Jadi, Sebenarnya Lebih Baik Beli Mobil Baru atau Bekas?

1
3538
Beli Mobil Baru atau Bekas

Tidak terasa sebentar lagi akan memasuki akhir tahun, nah biasanya di akhir tahun banyak sekali brand ternama menjual barangnya dengan harga yang relatif lebih rendah dibandingkan di awal tahun maupun pertengahan tahun. Tidak terkecuali untuk kamu yang memiliki rencana untuk membeli sebuah mobil.

Tentunya saat merencanakan untuk membeli mobil biasanya akan dihadapi pilihan apakah akan membeli mobil baru atau bekas. Baik itu mobil baru maupun bekas memang memiliki keunggulannya masing-masing, jika mobil baru tentu harganya cukup tinggi namun jelas kondisi masih baru semua. Sedangkan, mobil bekas harganya jauh lebih murah, namun kondisinya tidak sebaik jika membeli mobil baru.

Masalah ingin beli mobil baru atau bekas tentunya disesuaikan dengan kondisi finansial masing-masing. Tetapi, sebelum itu pastikan untuk mempertimbangkan ke 5 hal di bawah ini:

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Beli Mobil

  • Fitur & Kualitas

Baik itu beli mobil baru atau bekas, pastikan untuk melihat dengan seksama terkait fitur serta kualitas. Dilema dirasakan apabila kamu sudah memiliki budget dan membandingkan fitur serta kualitas contohnya saat kamu memiliki budget diangka Rp150 juta dengan budget tersebut kamu dapat membeli mobil baru LCGC (Low Cost Green Car), namun mobil yang satu ini tentunya memiliki kualitas yang relatif standar. Namun tidak jadi masalah apabila memang kamu membutuhkan mobil yang hanya digunakan bukan untuk perjalanan jauh atau di dalam kota.

Pilihan lainnya yaitu mobil bekas yang memiliki fitur atau kualitas relatif lebih baik dibandingkan dengan mobil LCGC. pilihan kedua ini kembali lagi kepada kamu apakah ingin beli mobil baru atau bekas.

  • Harga

Tentunya harga menjadi alasan yang paling kuat kenapa orang biasanya lebih memilih mobil bekas dibandingkan mobil baru. Apabila dilihat dari harganya tentu sudah pasti memang lebih rendah mobil bekas, namun jika kamu membeli mobil baru jangan lupa bahwa terdapat penurunan rata-rata hingga 20% pada mobil baru di tahun pertama.

Hal tersebut yang kadang membuat beberapa orang untuk berpikir dua kali untuk membeli mobil baru. Namun, baik itu mobil baru dan mobil bekas dari beberapa brand juga ada yang harganya relatif stabil tergantung dari kondisi mobil itu sendiri.

Selain itu, saat ingin membeli mobil baru maupun bekas pun tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing terutama saat ingin melakukan pengajuan kredit. Jika kamu ingin membeli mobil baru tentunya diperlukan DP yang lebih tinggi, namun beberapa perusahaan mobil sekarang sudah menyertakan asuransi saat membeli mobil baru secara kredit.

Lain halnya dengan mobil bekas, tingkat bunga dari bank untuk kredit mobil bekas biasanya lebih rendah karena itu prosesnya juga relatif lebih mudah dan cepat.

  • Urgensi Mobil

Seperti yang kita ketahui bahwa biasanya proses pembelian mobil baru relatif lebih lama, jika dibandingkan membeli mobil bekas. Proses yang dimaksud seperti menunggu STNK atau BPKB mobil terlebih dahulu yang memakan waktu hingga bulanan. Terlebih lagi apabila mobil yang diinginkan best seller atau mobil yang memiliki banyak peminat, tentunya harus inden dan menunggu waktu yang tidak pasti.

Sebaliknya jika kamu memilih mobil bekas untuk mobil pilihanmu, proses yang dilalui biasanya relatif lebih cepat. Namun, jika kamu membutuhkan asuransi untuk memproteksi mobil tersebut akan memakan waktu untuk proses tersebut.

  • Pajak

Hal yang harus diingat dengan baik oleh kamu yang ingin beli mobil baru atau bekas adalah pajak. Sebagai warga negara yang baik dan bertanggung jawab pajak adalah hal yang wajib dibayarkan setiap tahunnya. Biaya pajak mobil baru biasanya lebih mahal dibandingkan mobil bekas, namun untuk kamu yang ingin membeli mobil bekas dengan harapan pajak mobil yang lebih rendah jangan lupa untuk memperhatikan pajak progresif.

Baca juga: Keringanan Biaya Pajak Kendaraan di Masa Pandemi

Pastikan jika kamu membeli mobil bekas, secepatnya untuk mengurus balik nama STNK hal ini agar terhindar dari pemilik sebelumnya yang memiliki kendaraan lebih dari 1 sehingga dikenakan pajak progresif.

Sekarang sudah tahu kan sedikit banyak mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin beli mobil? Apapun pilihanmu baik itu mobil baru atau bekas pastikan untuk membeli kendaraan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansialmu ya.

Jangan sampai dengan membeli kendaraan membuat kamu kesulitan dalam pembayarannya dan akhirnya membuat kondisi keuangan kamu berantakan.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.