Keringanan Biaya Pajak Kendaraan di Masa Pandemi

0
5066
Biaya Pajak Kendaraan

Sudah tahu belum bahwa biaya pajak kendaraan kamu di tahun ini mendapatkan keringanan pembayaran untuk sementara waktu? Ya, keringanan ini tentu akan sangat mempermudah para pengguna kendaraan khususnya mereka yang memiliki sepeda motor. Mengingat pandemi corona yang saat ini mendera seluruh negara di dunia tidak terkecuali di Indonesia, membuat banyak ekonomi serta kehidupan masyarakat ikut kena imbasnya.

Karenanya, melalui keringanan dalam pembayaran biaya pajak kendaraan inilah diharapkan dapat membantu masyarakat. Tapi, sebenarnya apa maksud dari keringanan yang diberikan ini?

Keringanan Pembayaran Denda Maupun Biaya Pajak Kendaraan

Pemerintah resmi mengumumkan bahwa akan membebaskan denda pajak kendaraan sampai dengan 23 Desember 2020. Dikutip dari Instagram miliki @polantasindonesia, menginformasikan bahwa mulai 1 Agustus hingga 23 Desember 2020 akan program bebas denda PKB kembali berlaku.

Program ini sendiri berlaku untuk Wilayah Hukum Polda Jabar dan Wilayah Hukum Polda Metro Jaya. Program ini sendiri juga akan memberikan diskon pajak kendaraan serta diskon lainnya seperti Program Triple Untung+.

Namun, untuk menikmati promo tersebut diperlukan beberapa syarat yang harus dilengkapi:

  1. STNK asli
  2. E-KTP asli
  3. SKKP/SKPD terakhir
  4. BPKB asli (khusus wilayah Polda Metro Jaya)

Selain itu, untuk pajak 5 tahunan juga ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan diantaranya seperti: 

  1. Kendaraan dihadirkan di Samsat sesuai domisili kendaraan
  2. Bukti hasil cek fisik
  3. BPKB asli

Polda Metro Jaya yang dimaksud ini meliputi 3 wilayah administratif yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Jadi untuk kamu yang berdomisili di 3 wilayah tersebut tentu akan sangat membantu kamu terkait perpanjangan pajak kendaraan.

Baca juga: Terkena Dampak dari Pandemi? Tenang Ada Insentif Pajak!

Cara Cek Biaya Pajak Kendaraan Bermotor

Kamu dapat melakukan pengecekan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) kamu dengan berbagai cara baik itu secara online maupun offline dengan menggunakan web resmi dari Samsat atau menggunakan Aplikasi e-Samsat atau lebih mudahnya lagi dengan mendatangi kantor Samsat terdekat.

Jadi, dengan berbagai macam kemudahan serta promosi dari pembayaran pajak tersebut diharapkan masyarakat lebih aktif dan sadar bahwa membayar pajak itu penting demi masa depan kita semua.

Apabila kamu memiliki kendaraan yang mewah serta biaya pajak kendaraan tersebut cukup mahal, dipersiapkan sedini mungkin dengan melakukan pengembangan dana melalui platform P2P Lending sehingga dalam kurun waktu 1 tahun dana yang dikumpulkan dapat lebih optimal.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]