Konsep Manajemen Pemasaran untuk UKM

0
4369
Manajemen Pemasaran

Konsep manajemen pemasaran untuk UKM harus diperhatikan dengan baik. Jika tidak, UKM tidak akan bisa bersaing dengan usaha lain. Padahal usaha kecil dan menengah jumlahnya ada jutaan di Indonesia. Kalau saja, semua bisa menerapkan manajemen pemasaran dengan baik, perekonomian akan maju.

Sayangnya, sebagian besar UKM masih melakukan usahanya secara tradisional. Jumlah usaha yang bisa go online dan menerapkan manajemen pemasaran sempurna masih sedikit. Padahal manajemen pemasaran banyak manfaatnya, apalagi usaha masih kecil.

Manfaat Manajemen Pemasaran untuk UKM

Manajemen pemasaran untuk usaha baik kecil atau besar memiliki segudang manfaat. Berikut manfaat selengkapnya:

  • Mengetahui Selera/Kebutuhan Pasar

Selera pasar atau kebutuhan masyarakat selalu berubah-ubah setiap bulan atau mungkin tahun. Dengan melakukan pemasaran baik secara langsung atau melalui media sosial, Anda bisa melihat dengan jelas apa saja yang akan laku. Jadi, usaha yang dibangun bisa menyesuaikan hal itu.

  • Membangun Kesadaran Merek

Pemasaran yang dilakukan tidak hanya digunakan untuk berjualan saja. Lebih dari itu ada hal penting yang harus dilakukan yaitu membangun kesadaran merek. Istilah lain dari hal ini adalah membangun brand awareness. Jadi, kita berusaha mengenalkan mereka ke masyarakat luas.

Kalau masyarakat sudah mulai mengenal merek yang Anda bangun, pemasaran lanjut akan berjalan dengan baik. Apalagi masyarakat sudah menganggap kalau brand yang Anda bangun sudah kredibel. Peluang barang laku akan semakin besar.

  • Mengetahui Target Market dengan Akurat

Seharusnya saat membuat produk Anda harus tahu target market yang sedang disasar. Namun, beberapa UKM terlanjur buat produk baru mencari targetnya. Hal ini tidak masalah, asal dijalankan dengan benar. 

Saat melakukan pemasaran, Anda akan tahu siapa saja pembeli yang sering melakukan repeat order, siapa saja yang banyak melakukan interaksi, dan pada kategori umur berapa paling banyak dijangkau. Dari sana, Anda bisa membuat sasaran baru dan memaksimalkan promosi.

  • Menciptakan Hubungan dengan Target Market/Pembeli

Saat melakukan pemasaran, Anda juga akan menciptakan hubungan baik dengan pembeli atau calon pembeli. Hubungan baik bisa dilakukan dengan melakukan interaksi saat berkomentar, saat ada yang bertanya, dan saat ada umpan balik.

  • Meningkatkan Pemasukan

Pemasaran yang baik mulai dari target market dan konten yang dipakai akan meningkatkan pemasukan. Promosi akan menjaring banyak calon pembeli baru. Dari mereka, closing bisa terjadi.

Cara Melakukan Manajemen Pemasaran UKM

Manajemen pemasaran UKM sebenarnya tidak merepotkan. Hanya dengan beberapa cara di bawah ini, semua bisa berjalan dengan baik.

  • Membuat Bahan untuk Publikasi

Bahan untuk melakukan pemasaran harus lengkap mulai dari gambar, tulisan, sampai video kalau memang ada. Nantinya bahan ini akan digunakan untuk melakukan promosi baik secara langsung atau dengan memanfaatkan media sosial.

  • Melakukan Promosi secara Tepat Sasaran

Setelah membuat bahan untuk keperluan pemasaran, yang harus Anda lakukan sekarang adalah melakukan promosi dengan tepat. Promosi yang tepat ini bisa dilakukan secara offline dengan membuat banner atau spanduk. Cara ini bisa dilakukan meski agak boros biaya.

Promosi lain bisa dilakukan dengan menggunakan media sosial. Anda bisa memposting konten berupa gambar, video, atau tulisan. Selanjutnya, konten itu dipromosikan agar banyak kalangan melihatnya. Anda bisa membuat target promosi dengan jelas melalui fitur Ads yang medsos sediakan.

Baca juga: 5 Cara Mempertahankan Bisnis di Tengah Hantaman Wabah COVID-19

  • Membangun Komunitas Pelanggan

Cara terakhir untuk melakukan manajemen pemasaran agar produk semakin dikenal adalah membangun komunitas pelanggan. Anda bisa menggunakan media sosial untuk melakukannya. Selanjutnya, lakukan interaksi dengan baik sehingga pembeli atau pengguna yang loyal akan terjaga beriringan dengan pelanggan baru.

Manajemen pemasaran penting untuk semua usaha khususnya UKM. Dengan konsep ini, usaha yang dijalankan bisa berjalan dengan jelas dan tepat sasaran. Segala hal mulai dari target market sampai lokasi promosi jelas sehingga aset yang dimiliki bisa dimaksimalkan dengan baik.

Tidak semua UKM mampu melakukan manajemen pemasaran dengan baik. Kalau pun bisa butuh bantuan bimbingan atau mentoring. Pemerintah diharapkan untuk mau mendorong kemajuan UKM dengan baik. Dengan begitu, target delapan juta UKM bisa terlaksana dan perekonomian Indonesia bisa berkembang.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].