5 Syarat dan Cara Kredit Mobil agar Cepat Disetujui!

0
1053
Cara Kredit Mobil

Mobil adalah salah satu kendaraan yang kerap jadi pilihan banyak orang. Apalagi untuk mereka yang sudah berkeluarga. Kendaraan satu ini bisa Anda beli dengan cara cash atau kredit. Proses kredit sendiri tidak mudah, bahkan pengajuan kredit pun bisa ditolak, lho. Lalu, bagaimana cara kredit mobil agar cepat disetujui?

Tentunya, kredit mobil memang harus melewati beberapa tahap yang penting sebelum pengajuannya atau ketika proses pengajuannya. Jadi, tidak semata-mata hanya melakukan persetujuan antara pembeli dan penjual lalu bisa membayarnya secara mencicil begitu saja.

Kalau Anda memang tertarik untuk melakukan kredit mobil ini namun belum tahu bagaimana cara, syarat, maupun tahapnya, maka artikel ini sangat cocok untuk Anda. 

Apa Itu Kredit Mobil?

Saat ini, Anda mungkin sudah mengenal beberapa metode pembayaran sebuah barang, termasuk untuk kendaraan seperti mobil ini. Nah, cara membayar dengan sistem kredit adalah suatu pilihan yang banyak orang minati. 

Sebab, pembayaran dengan cara kredit mobil ini tidak akan terlalu memberatkan Karena uang yang harus Anda keluarkan bisa menyesuaikan dengan kemampuan alias kondisi ekonomi Anda saat ini. Apalagi bila memang belum memiliki uang tunai atau cash sesuai dengan harga mobil yang hendak Anda boyong ke rumah.

Dengan menggunakan sistem pembayaran secara kredit, Anda hanya cukup membayar DP atau uang muka di awal terlebih dahulu. Dengan begitu, mobil yang Anda minati sudah bisa menjadi milik Anda. 

Dalam pembayaran secara kredit, nantinya Anda bisa memilih jangka waktu angsuran yang hendak Anda bayarkan. Apakah itu mau dalam hitungan beberapa bulan atau tahun. Sehingga, bila sudah tiba waktunya untuk membayar angsuran, maka segeralah untuk membayarnya.

Tetapi perlu Anda ingat, dari segala keuntungan kredit mobil yang Anda dapatkan, tentunya jumlah total uang yang harus Anda bayarkan juga lebih besar. Sebab, terdapat terdapat bunga kredit, yang mana jumlah lebih ini merupakan sebuah keharusan bila Anda tidak membelinya secara cash.

Syarat Kredit Mobil

Memang melakukan pembayaran dengan cara kredit mobil tersebut memberikan banyak sekali keuntungan, terutama cukup ekonomis dan metode pembayaran angsurannya bisa menyesuaikan kondisi kreditur.

Namun, ada hal yang harus Anda ketahui juga ketika hendak melakukan kredit mobil. Sebelum disetujui oleh pihak debitur, ada persyaratan atau faktor penentu lain yang harus Anda penuhi terlebih dahulu dalam mengajukan kredit mobil.

Yang kedua, baik cara kredit mobil bekas maupun baru, sangat mungkin jika pengajuan kredit Anda ditolak oleh pihak penyedia jasa kredit atau leasing. Jadi, tentunya hal ini juga jadi pertimbangan penting bila Anda memang hendak melakukan kredit mobil. 

Lalu, bagaimana cara kredit mobil ini bisa pihak leasing setujui? Yang utama, tentu syarat dan kelengkapan dokumen pengajuan kredit harus lengkap dan memenuhi kriteria yang diajukan pihak penyedia jasa kredit. Temukan apa saja dokumen yang harus dilengkapi di bawah ini.

Baca juga: Jadi, Sebenarnya Lebih Baik Beli Mobil Baru atau Bekas?

Dokumen yang Diperlukan saat Mengajukan Kredit Mobil

Berbagai dokumen ini tentunya diperlukan sebagai syarat administrasi tersendiri. Hal ini juga menjadi penentu agar Anda bisa melakukan kredit, yang mana kelengkapan dan isi dari berkas tersebut juga jadi salah satu faktor apakah pihak leasing bisa menimbang akan menerima kredit Anda atau tidak nantinya.

Lalu, apa saja dokumen yang harus Anda lengkapi tersebut? Berikut adalah beberapa berkas yang kerap diminta sebagai persyaratan kredit mobil : 

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  3. Kartu Keluarga (KK)
  4. Slip gaji
  5. Rekening listrik
  6. Rekening koran
  7. Surat keterangan domisili
  8. SIUP/TDP bagi pengusaha (fotokopi)

Cara agar Kredit Mobil Bisa Disetujui

Nah, apa saja faktor-faktor yang bisa membuat kredit Anda bisa dipertimbangkan oleh pihak leasing untuk mereka setujui? Berikut beberapa di antaranya.

1. Kelengkapan Dokumen Kredit Mobil

Pastikan untuk Anda melengkapi dokumen atau berkas yang sudah disebutkan pada bagian sebelumnya. Jangan sampai ada berkas yang tak Anda ajukan atau tidak lengkap.

2. Pertimbangkan Total Penghasilan

Salah satu hal yang sangat penting untuk menjadi pertimbangan kalau Anda hendak mencicil mobil adalah terkait dengan penghasilan. Lakukan perhitungan terlebih dahulu terkait dengan seberapa besar penghasilan yang Anda miliki setiap bulannya, apakah sekiranya cukup atau aman untuk melakukan kredit atau tidak.

Sebagai hitungan amannya, biasanya cicilan per bulan yang harus Anda bayarkan sekitar 30 persen dari keseluruhan pendapatan. Misalnya kalau Anda punya pendapatan 15 juta rupiah per bulan, maka sebaiknya jumlah total cicilan per bulan tidak melebihi 5 juta.

3. Pertimbangkan Jumlah DP yang Hendak Anda Bayarkan

Dari segi pengajuan DP atau uang muka yang Anda bayarkan, juga memiliki pengaruh atas diterima atau ditolaknya pengajuan kredit. Ada kemungkinan bila Anda mengajukan DP yang lebih besar, maka kredit akan lebih mudah untuk disetujui.

Secara tidak langsung, jumlah pengajuan yang lebih besar menunjukkan kalau Anda memang memiliki keseriusan untuk melakukan kredit tersebut. Meskipun begitu, hal ini tidak selalu menjadi sebuah patokan yang pasti.

4. Skor Kredit yang Bagus

Selain itu, pastikan Anda punya skor kredit yang bagus sebagaimana tercatat dalam sistem BI checking milik Bank Indonesia. Bila Anda adalah orang yang tepat waktu membayar cicilan atau melunasi segala utang atas nama Anda, maka skor kredit Anda akan bagus. Hal tersebut akan sangat berpengaruh dalam diterimanya pengajuan kredit baru Anda atau tidak.

Karena, catatan tersebutlah yang menjadi riwayat bagi Anda sebagai debitur. Apakah Anda orang yang selalu menunggak kredit atau tidak, tentunya ini akan jadi reputasi tersendiri bagi Anda yang membuat penyedia jasa kredit atau leasing mempertimbangkan untuk menerima pengajuan kredit mobil Anda.

Untuk melakukan pengecekan terkait bagaimana skor kredit yang Anda miliki, Anda bisa melihatnya secara daring dengan membuka situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

5. Perhatikan Batas Usia Pengajuan

Ada baiknya untuk mengajukan kredit bila Anda masih ada di usia produktif. Kalau memang sudah memasuki usia pensiun, misalnya menjelang usia 55 tahun ke atas, akan ada pertimbangan tersendiri terkait bagaimana pelaksanaan kreditnya.

Sementara kalau masih dalam usia 20-40an, tentunya kredit akan lebih mudah untuk diterima selagi tak memiliki reputasi buruk dari segi skor kredit.

Kesimpulan

Untuk bisa kredit mobil, ada syarat tertentu agar pengajuan kredit tersebut bisa diterima. Berkas-berkas yang harus Anda lampirkan sebagai kelengkapan dokumen adalah KTP, NPWP, KK, slip gaji, rekening listrik, rekening koran, dan surat keterangan domisili. 

Namun melengkapi dokumen itu saja belum cukup, sebab ada beberapa faktor yang bisa jadi pertimbangan pihak penyedia kredit untuk bisa menerima pengajuan kredit Anda. Termasuk besaran penghasilan, jumlah DP, skor BI checking yang bagus, serta batas usia pengajuan. Bila salah satu hal tersebut tak Anda penuhi, ada kemungkinan kalau Anda akan bisa mengalami penolakan ketika mengajukan kredit mobil. Nah, itulah dia cara kredit mobil agar pengajuan Anda lekas diterima. Semoga berhasil!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].