Pentingnya Kegiatan Ekonomi dalam Masa Pandemi

1
8883
Kegiatan Ekonomi

Sejak Covid-19 masuk ke Indonesia dan memunculkan pandemi, berbagai sektor ekonomi mengalami kemunduran. Salah satu sektor yang terdampak dengan hadirnya Corona adalah jasa khususnya pariwisata. Hotel, tempat wisata, dan restoran sepi pengunjung akibat PSBB dan hilangnya turis dari dalam dan luar negeri.

Berlanjutnya pandemi yang belum diketahui kapan berakhirnya ini membuat beberapa kelompok masyarakat mencanangkan kenormalan baru atau new normal. Kegiatan ekonomi harus digenjot agar Indonesia tidak semakin ambruk, apalagi kasus lay off atau PHK terjadi di mana-mana.

Mengapa Kegiatan Ekonomi Penting Saat Pandemi?

Pandemi membuat banyak hal berantakan khusus kegiatan ekonomi. Meski masih tersendat dan tetap waspada dengan penularan, kegiatan ekonomi tetap harus berjalan. Mengapa?

  • Mengganti Pemasukan yang Hilang

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau dampak Corona besar dan membuat beberapa orang harus kena PHK. Hal ini semakin buruk karena kegiatan ekonomi tidak berjalan dengan baik, padahal kesempatan pekerjaan baru dibutuhkan.

Saat roda ekonomi berjalan, penghasilan bisa kembali—entah itu dari mendapatkan pekerjaan baru atau membuat usaha sendiri. Paling tidak masih bisa berusaha.

  • Menghindari Terus Berjalannya Pemecatan

Beberapa perusahaan berusaha untuk tidak melakukan PHK terlalu banyak. Jalan lain yang dilakukan adalah dengan memangkas gaji untuk sementara waktu. Kalau kegiatan ekonomi mulai berjalan, kemungkinan terjadi PHK kembali akan rendah. Itulah kenapa kenormalan baru diharapkan oleh pemilik usaha dan pekerjanya.

  • Membangkitkan Kembali Sektor yang Terpuruk

Sejak kenormalan baru muncul, sektor yang awalnya hancur akibat pandemi bisa dibangkitkan kembali. Sektor hotel dan pariwisata sudah mulai dibuka meski jumlah pengunjung sedikit dan dibatasi. Namun, kegiatan ini menjadi awal dari bangkitnya lagi sektor yang sudah terseok-seok sebelumnya.

Masyarakat juga sudah mulai terbiasa dengan protokol kesehatan. Jadi, usaha jasa bisa menjalankan kegiatannya tanpa was-was. Mereka bisa dapat untung dengan cepat dan pengguna juga tercukupi kebutuhannya.

  • Cepat Menormalkan Kondisi

Terus berkubang dengan keterpurukan akan membuat kondisi ekonomi kian sulit dikendalikan. Lebih baik menaikkan kondisi ekonomi perlahan-lahan. Meski terbatas dan tidak maksimal, kondisi akan kembali normal sejalan dengan selesainya pembuatan vaksin dan obat Corona.

Jenis Usaha atau Bisnis yang Moncer Saat Pandemi

Ibarat yin dan yang, Corona menyebabkan beberapa usaha hancur. Namun, ada juga sektor lain yang justru moncer. Nah, sektor apa saja yang masih bertahan sampai sekarang?

  • Usaha Berkaitan dengan Kesehatan

Usaha yang moncer saat pandemi berhubungan dengan kesehatan. Misal usaha pembuatan masker kain. Saat ini penjual masker kain ada banyak dan harganya terjangkau. Selain masker, obat herbal seperti jamu untuk meningkatkan daya tahan juga laku keras.

Bisnis alat pengaman diri dan juga gel pencuci tangan juga laku keras. Apa saja yang berhubungan dengan pencegahan virus bisa memberikan untung yang besar.

  • Online Shop/Marketplace

Sejak Corona menyebar dengan cepat, sebagian besar masyarakat enggan keluar rumah. Mereka takut berada di kerumunan sehingga memilih untuk beli apa pun melalui online shop atau marketplace saja.

Hanya dengan sentuhan tangan saja, semua barang bisa didapatkan dengan mudah. Anda tinggal membayar saja lalu barang diantar sampai ke rumah.

Baca juga: 5 Panduan Mudah Belajar Bisnis Online

  • Usaha Makanan Online

Sebelum Corona muncul dan tersebar ke mana-mana, bisnis makanan memang sudah baik. Namun, sejak wabah ini muncul, semakin banyak orang yang ingin melakukan pembelian online. Apalagi makan di luar belum aman sepenuhnya. Jadi, daripada berisiko terkena virus, lebih baik pesan secara online saja.

Kegiatan ekonomi kerakyatan akan membantu Indonesia dalam bertahan sampai pandemi reda. Jika tidak, perekonomian secara keseluruhan akan hancur. Apalagi Indonesia juga dibayangi adanya resesi sebagai buntut macetnya kegiatan ekonomi. Untuk itu, masyarakat juga harus mau maju dan tidak pasrah.

Satu-satu cara untuk bisa bertahan adalah menjalankan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi tidak selalu berhubungan dengan usaha besar. Usaha kecil rumahan saja kalau bisa berjalan dengan baik mampu membantu. Yang paling penting adalah mencari kesempatan yang baik dan menjalankan bisnis dengan sungguh-sungguh.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.