8 Bank Digital yang Terkenal di Indonesia

10
1355
Bank Digital

Bank digital merupakan lembaga perbankan yang dinaungi hukum Indonesia atau BHI yang menjalankan aktivitas usaha melalui media elektronik. Umumnya, bank digital tidak memiliki banyak kantor fisik selain kantor pusat atau hanya memiliki kantor fisik yang terbatas. Jenis bank ini bisa berbentuk bank baru maupun bank lama yang telah mengadopsi sistem digital.

Sekarang ini, tingkat kepopuleran bank digital terus mengalami peningkatan. Di Indonesia sendiri, masyarakat telah lebih melek teknologi dan menggunakan jenis bank ini. Bahkan, Indonesia telah berada di peringkat kedua dengan pemegang rekening bank berkonsep digital paling banyak di dunia. 

Bank Digital yang Terkenal di Indonesia

Meski jumlahnya telah semakin banyak, nyatanya hanya ada beberapa bank digital yang lebih populer di Indonesia. Berikut di antaranya:

Jenius

Pilihan pertamanya adalah Jenius, aplikasi perbankan digital yang dirilis oleh BTPN pada tahun 2016 lalu. Perbankan digital ini bisa dibilang yang pertama di Indonesia. Aplikasi ini membuat Anda lebih mudah dalam melakukan pembayaran maupun transaksi perbankan lainnya. Bisa dibilang, Jenius adalah layanan perbankan digital yang paling populer. 

Bank Jago

Selanjutnya ada Bank Jago yang turut menawarkan layanan perbankan digital melalui aplikasi yang diberi nama aplikasi Jago. Aplikasi ini mengusung konsep life centric yang semakin memudahkan para nasabah dalam menggunakannya. Tahun 2020 lalu, perusahaan transportasi digital terkemuka GoJek melalui fitur GoPay secara resmi menjadi pemegang saham utama dari perbankan digital tersebut. 

Digibank

Tak mau kalah, Bank DBS turut berpartisipasi dalam merilis bank digital bernama Digibank. Perbankan digital ini juga banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk melakukan transaksi dan pembayaran. Bahkan, calon nasabah juga dapat melakukan pendaftaran secara daring melalui ponsel pintar dengan mengunduh aplikasi Digibank.

Neobank

Selain itu, ada pula Neobank yang dimiliki oleh Bank Neo Commerce. Layanan perbankan digital ini menawarkan beberapa keuntungan untuk para nasabahnya, yaitu:

  • Bebas biaya transfer.
  • Bisa dipakai untuk berbagai transaksi maupun pembayaran perbankan, seperti pencatatan keuangan, transfer, dan lainnya.
  • Dapat melakukan pembukaan rekening baru dari mana saja dan kapan saja.
  • Jaminan penjagaan keamanan.

Sama dengan perbankan digital lainnya, Anda bisa memanfaatkan layanan digital dari Neobank melalui aplikasi.

LINE Bank

Anda mungkin mengenal LINE sebagai salah satu platform media sosial seperti Telegram dan WhatsApp. Ternyata, perusahaan asal Korea Selatan ini turut serta dalam memberikan fasilitas dan pelayanan perbankan yang lebih mudah serta fleksibel pada masyarakat, termasuk di Indonesia.

LINE Bank sendiri merupakan perbankan digital yang dibentuk melalui program kerja sama antara Life Financial Asia dan PT Bank KEB Hana Indonesia atau lebih dikenal dengan Bank Hana. Melalui aplikasi, Anda dapat melakukan pembukaan rekening baru lebih mudah, begitu pula dengan tarik tunai atau transfer ke rekening lain. 

SeaBank

Dewasa ini, fitur pembayaran sistem cicilan atau PayLater sedang sangat diminati. Nah, salah satu fitur finansial ini dapat Anda manfaatkan melalui SeaBank. Perbankan digital ini menawarkan produk rekening tabungan dan fitur yang memudahkan Anda mengelola aktivitas keuangan harian.

Baca juga: Mau Dapat Tambahan Uang? Jadi Shopee Seller Saja, Yuk!

Blu by BCA

Menjadi bagian dari BCA Group, Blu menjadi layanan bank digital yang hadir dengan konsep kekinian. Jenius dan Bank Jago, Blu juga mengusung konsep branchless atau tanpa memiliki kantor cabang. Banyak sekali aktivitas finansial yang bisa Anda dapatkan melalui bank digital ini, mulai dari membuka rekening baru hingga menabung secara rutin.

Selain konsep branchless, Blu by BCA juga mengusung konsep cardless atau tanpa kartu. Meski begitu, nasabah tetap dapat melakukan penarikan tunai melalui aplikasi atau mengunjungi mesin ATM BCA terdekat tanpa dipungut biaya. Tak hanya itu, layanan dukungan pelanggan perbankan digital ini juga sangat mumpuni, mulai dari live chat, layanan kontak, hingga panggilan video.

TMRW

Ada pula TMRW yang merupakan anak perusahaan dari Bank UOB. Perbankan digital satu ini menyasar para milenial dengan dua pilihan tabungan, yaitu rekening dengan kartu debit dan kredit atau rekening plus kartu debit saja. Selain itu, TMRW juga bekerja sama dengan beberapa e-commerce ternama seperti BliBli, Tiket.com, dan Shopee. 

Itu tadi beberapa pilihan perbankan digital yang populer di Indonesia. Bagaimana, tertarik untuk bergabung? Segera unduh aplikasinya saja!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

10 COMMENTS

Comments are closed.