Mau Dapat Tambahan Uang? Jadi Shopee Seller Saja, Yuk!

4
2856
Shopee Seller

09Pesatnya perkembangan teknologi membuat aktivitas belanja online makin diminati. Di sisi lain, tingginya pengguna marketplace membuka peluang bagi mereka yang ingin mendapatkan tambahan uang lewat berjualan online.

Salah satu marketplace terbesar di Indonesia dan banyak dikunjungi oleh pengguna adalah Shopee. Bagi Anda yang ingin memasarkan produk secara online, menjadi Shopee Seller menjadi pilihan yang tepat. 

Sudah tahu bagaimana cara membuat akun Shopee untuk berjualan? Kalau belum, simak panduan daftar Shopee Seller berikut ini.

Cara Membuat Akun Shopee Seller

Langkah membuat akun jualan di Shopee sebenarnya sangat mudah dan praktis. Begini cara melakukannya. 

  1. Login aplikasi Shopee
  2. Pilih menu Saya
  3. Pilih menu Mulai Jualan
  4. Tekan tombol Tambah Produk
  5. Di halaman selanjutnya Anda akan diminat untuk menambahkan foto produk, nama produk, deskripsi produk, harga, stok, variasi, jasa pengiriman yang digunakan, sampai isian terkait kondisi produk. 
  6. Pastikan produk jualan bukan termasuk barang yang dilarang oleh Shopee
  7. Ikuti berbagai program di Shopee yang bisa membantu Anda mendapatkan pesanan pertama. 
  8. Begitu menerima pesanan pertama, sebisa mungkin kemaslah barang dan kirim secara langsung ke pembeli. Semakin cepat pembeli menerima barangan pesanan, kemungkinan besar Anda bisa mendapatkan penilaian baik dari pembeli. 

Cari Tahu Tips Membuat Profil Toko yang Baik

Sebagai Shopee Seller baru, selain mengurusi masalah produk yang akan dijual, Anda juga punya PR lain yaitu melakukan branding toko. Ya, ketatnya persaingan membuat penjual/pengusaha perlu membangun reputasi toko secara kuat. Ini adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membangun kepercayaan pelanggan selain faktor kualitas pelayanan. 

Untuk melakukan branding, Anda bisa mulai membuat profil toko yang baik sebagai langkah pertama. Berikut tips membuat profil toko yang baik. 

  • Buatlah Nama Toko yang Unik

Tips pertama adalah buatlah nama toko yang unik sekaligus mudah diingat. Oh iya, menurut halaman pusat edukasi penjual Shopee, ada beberapa aturan yang harus ditaati dalam pembuatan nama toko. Di antaranya adalah:

  • Nama toko terdiri 5-30 karakter
  • Tidak boleh hanya mengandung angka
  • Tidak mengandung tanda baca dan emoticon
  • Tidak mengandung kata Shopee
  • Tidak mengandung kata-kata vulgar/sensitif/ofensif/terlarang
  • Tidak boleh sama dengan toko orang lain yang ada di Shopee
  • Tidak boleh mengandung nama merek dagang orang lain, kecuali Anda pemiliknya. Sebagai bukti kepemilikan merek dagang, Shopee Seller perlu melampirkan dokumen pendukung.

Baca juga: 5 Konsep Pemasaran yang Dapat Membantu Kembangkan Usahamu

Selain nama, logo juga bisa menjadi identitas untuk toko Anda. Nantinya, Anda dapat menggunakan gambar logo ini sebagai foto profil toko. Ada beberapa tips membuat logo agar tampak menarik, yaitu:

  • Perhatikan penggunaan font. Silakan sesuaikan tampilan font dengan citra toko yang Anda rintis. Apakah memiliki konsep glamor atau minimalis. 
  • Perhatikan pewarnaan. Pasalnya, masing-masing warna memiliki makna atau pesan tersendiri. Sekali lagi, Anda bisa menyesuaikan dengan konsep toko. 
  • Supaya lebih menarik, Anda juga bisa menggunakan teknik ilustrasi untuk pembuatan logo toko. 
  • Sesuaikan desain logo dengan jenis produk yang Anda jual. Contohnya, bila barang jualan adalah mainan anak-anak, buatlah logo toko dengan warna yang atraktif agar terkesan imut. 
  • Deskripsikan Produk Secara Jelas

Tips selanjutnya adalah tulislah deskripsi produk secara jelas. Dengan begitu, pembeli tidak perlu menghubungi penjual untuk mencari tahu lebih detail terkait barang dagangan. Misalnya Anda berjualan baju, pada kolom deskripsi Anda bisa menuliskan informasi produk seperti jenis kain yang digunakan dan ukuran baju. 

  • Tampilkan Foto Produk yang Menarik

Terakhir, pasanglah foto produk yang menarik. Percaya atau tidak, bagus tidaknya foto produk ternyata bisa memengaruhi keputusan pembeli untuk melakukan transaksi. Di sisi lain, foto produk yang bagus juga mampu membuat barang sederhana tampil lebih bernilai.  

Itulah ulasan terkait cara membuat akun Shopee Seller dan tips menciptakan profil toko yang baik. Pada dasarnya langkah-langkah membuat akun jualan di Shopee cukup mudah. Kalau sudah memiliki akun Shopee, Anda tinggal mengikuti cara di atas. Selamat mencoba!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

4 COMMENTS

Comments are closed.