5 Konsep Pemasaran yang Dapat Membantu Kembangkan Usahamu

1
9967
Konsep Pemasaran

Di era perkembangan digital seperti sekarang dibutuhkan banyak kemudahan terutama terkait melakukan pemasaran terhadap usaha maupun bisnisnya. Ya, konsep pemasaran pada era digital ini memang menjadi salah satu sebuah konsep yang sering ditemui. Karena perusahaan dituntut untuk lebih mengetahui, memahami serta mengenal konsumen dan calon konsumen dengan menciptakan sebuah brand yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Untuk dapat menerapkan hal tersebut memang bukanlah hal yang mudah. Diperlukan untuk memiliki pengetahuan seputar brand yang mendalam dan beberapa aspek lainnya yang dapat membuat konsumen menyukai brand kita.

Konsep Pemasaran yang Efektif

Salah satu konsep pemasaran yang efektif adalah pemasaran yang memiliki orientasi terhadap keberhasilan pemasaran dari sebuah brand. Dengan keberhasilan tersebut, maka akan menciptakan rasa kepuasan dari pelanggan. Perusahaan harus menerapkan strategi pemasaran yang efektif dan solid itu adalah dasar dari rencana pemasaran yang disusun secara teratur.

Apabila kamu memiliki rencana pemasaran dengan berisi beberapa langkah yang detail namun tanpa landasan strategis dan konsep pemasaran yang baik, perencanaan yang sudah dibuat akan tidak berjalan dengan optimal. Karena itu juga diperlukan konsep pemasaran yang dapat menjadi sebuah dasar dalam penerapan kegiatan perusahaan, selengkapnya di bawah ini:

  • Konsep Produksi

Konsep yang satu ini memiliki arah untuk mementingkan konsumen agar dapat menyukai produk yang sudah tersedia. Konsep ini berorientasi pada produksi untuk memobilisasi semua usaha agar tercapai efisiensi produk yang tinggi dan dapat dilakukan distribusi yang lebih merata. Karena itu manajemen sebuah perusahaan biasanya akan berfokus terhadap produksi dengan melakukan produk yang banyak, karena konsumen perlu mendapatkan sebuah produk yang tersedia dengan mudah tanpa kesulitan melakukan pencarian produknya.

Umumnya juga perusahaan yang sangat memperhatikan penggunaan konsep produksi ini tidak akan terlalu memikirkan kegiatan produksinya. Oleh karenanya konsep ini memiliki tujuan agar dapat mendorong para konsumen untuk membeli produk yang telah di produksi oleh perusahaan atau yang telah didistribusikan ke daerah melalui pasar, toko dan semacamnya.

  • Konsep Produk

Pada konsep produk lebih menekankan kepada konsumen bahwa mereka dapat melihat produk yang dimiliki dengan kualitas, kinerja serta karakteristik yang baik. Tugas atau manajemen sebuah perusahaan ialah membuat sebuah produk yang baik dan berkualitas dan nantinya akan dianggap oleh konsumen sebagai produk yang memiliki kualitas terbaik. 

Konsep ini memang dituntut perusahaan untuk memberikan arti penting pada fitur maupun kualitas produk yang dihasilkan. Karenanya perusahaan harus aktif untuk memikirkan pola dari pengembangan usahanya secara jangka panjang dan membuat produk yang cocok untuk dinikmati oleh konsumen.

  • Konsep Penjualan

Untuk konsep penjualan yang satu ini berorientasi kepada kepuasan konsumen, dimana perusahaan harus mampu melakukan penjualan brand dan melakukan promosi yang gencar. Tidak hanya itu, perusahaan dituntut untuk menyesuaikan produk dan konsep penjualannya, agar dapat memberikan informasi terkait produk yang sudah dipasarkan kepada konsumen melalui berbagai cara promosi yang lebih efektif.

Baca juga: Usaha Dagang Apa yang Paling Menguntungkan Kala Pandemi?

  • Konsep Tim Pemasaran dan Pemasaran Sosial

Konsep yang satu ini juga merupakan salah satu kunci agar dapat mencapai tujuan dari perusahaan yaitu dapat melihat kemauan serta kebutuhan dari keinginan pasar. Dengan menekankan konsep pemasaran, diharapkan sebuah perusahaan mampu memuaskan konsumen dengan jauh lebih baik dan efisien dibandingkan beberapa pesaingnya.

Dengan melakukan pemasaran secara luas, maka dapat memberikan visibilitas produk dan brand yang dapat lebih dikenal oleh konsumen. 

  • Konsep Pemasaran Global

Konsep penting yang terakhir adalah konsep pemasaran global, dimana seorang manajer eksekutif harus bisa mempertimbangkan segala faktor yang dapat mempengaruhi pemasaran dengan baik dan efektif. Yang terpenting perusahaan harus memberikan perhatian kepada konsumen secara individu dengan memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggan dengan menggunakan produk maupun brand yang dimilikinya.

Apabila konsumen merasa percaya dan puas, maka dapat membuat pelanggan merasa lebih dihargai dan akan merekomendasikan brand tersebut kepada orang lain.

Itulah sedikit informasi terkait konsep pemasaran yang diperlukan pada sebuah perusahaan. Dengan konsep yang baik serta strategi yang tepat dan menerapkan kelima konsep di atas bukan tidak mungkin perusahaanmu akan mendapatkan keuntungan yang tinggi.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

pinjaman modal usaha

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.