Penjelasan Lengkap Mengenai Apa Itu Pareto

1
29751
Pareto Adalah

Pareto Adalah – Prinsip Pareto, atau dikenal juga sebagai “Aturan 80/20”, adalah suatu prinsip yang menyebutkan bahwa dalam banyak peristiwa, 80% efeknya terjadi karena 20% penyebabnya. Prinsip ini dipopulerkan oleh Joseph M. Juran, seorang pemikir manajemen bisnis. 

Kata Pareto diambil dari nama ekonom Italia, yaitu Vilfredo Pareto. Sang ekonom menemukan fakta bahwa 80% tanah di Italia ternyata adalah milik dari 20% jumlah populasi di Italia. Ini merupakan bagian dari penelitian yang dilakukannya berjudul “Cours d’économie politique”. Menariknya, prinsip ini dapat diterapkan pada semua aspek, termasuk dalam kegiatan bisnis.

Manfaat Prinsip Pareto

Banyak perusahaan menerapkan Prinsip Pareto dalam merencanakan strategi atau bahkan memperbaiki masalah yang sedang dihadapi dalam bisnis. Sebagai contoh, menunda 20% tugas penting ternyata dapat membuat bisnis terdampak sebesar 80%. Sebaliknya, dengan melakukan 20% hal paling penting, bisnis perusahaan bisa berkembang sebesar 80%. 

Memahami asas yang terkandung dalam Prinsip Pareto dan menerapkannya akan bermanfaat terhadap bisnis. Apa saja manfaat tersebut?

  • Meningkatkan Produktivitas

Dengan menerapkan Prinsip Pareto, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas. Prinsip ini akan membantu perusahaan fokus pada area yang membutuhkan sumber daya dan upaya demi mencapai efisiensi. Artinya, perusahaan hanya perlu fokus pada 20% aspek penting sehingga dapat memberikan 80% hasil yang diharapkan.

Perusahaan yang memahami prinsip ini akan lebih ketat dalam mengelola sumber daya serta lebih bijak dalam menyingkirkan hal yang tidak penting. Selain membuang waktu, keputusan yang tidak berdasarkan Prinsip Pareto adalah biasanya kurang bernilai untuk jangka panjang. 

  • Meningkatkan Keuntungan

Keuntungan perusahaan akan meningkat jika dapat fokus pada area yang paling potensial. Melalui Prinsip Pareto, perusahaan bisa mengidentifikasi dan menentukan area bisnis yang digarap. Pemilik usaha juga dapat mengetahui titik yang harus difokuskan akan mendorong tingkat profitabilitas. 

  • Memperluas Pemasaran

Salah satu manfaat yang akan dirasakan perusahaan saat menerapkan Prinsip Pareto dalam bisnis adalah memperluas wilayah pemasaran. Perusahaan juga bisa memaksimalkan strategi yang dimiliki untuk membuat calon konsumen lebih tertarik.

Baca juga: 5 Konsep Pemasaran yang Dapat Membantu Kembangkan Usahamu

  • Mengidentifikasi Masalah

Tiap perusahaan pasti diperhadapkan pada masalah tertentu. Prinsip Pareto akan membantu pemilik usaha untuk mengidentifikasi masalah tersebut. Sebagai contoh, ketika sebuah tim tidak produktif atau sering terjadi human error, perusahaan bisa menemukan 20% alasan tidak produktif.

Selanjutnya, perusahaan bisa menentukan masalah yang diprioritaskan untuk segera selesai agar berdampak positif pada 80% hasil terbaik. Bukan hanya itu, strategi ini memungkinkan perusahaan menggunakan pendekatan yang paling tepat sehingga masalah diselesaikan secepat mungkin.

  • Mengembangkan Layanan Konsumen

Jika Anda menerapkan Prinsip Pareto dalam perusahaan, salah satu manfaat yang bisa dinikmati adalah dapat meningkatkan layanan serta dukungan kepada pelanggan. Dalam hal ini, perusahaan dapat memaknai bahwa 80% keluhan dari konsumen sebenarnya berasal dari 20% produk yang dihasilkan perusahaan. Dengan demikian, perusahaan melakukan sesuatu untuk menangani produk.

Pentingnya Diagram Pareto

Untuk melakukan analisis Prinsip Pareto, Anda bisa membuat diagram Pareto. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Pertama, mengumpulkan data yang terkait dengan permasalahan untuk dianalisis. Data tersebut dapat mencakup jenis masalah, cara pengukuran, dan waktu diagram.

Langkah kedua, melakukan identifikasi yang lebih detail. Sebagai contoh, sejauh mana kerusakan pada produk dan apa penyebabnya? Waktu dan periode analisis juga harus ditentukan. Jenis periode yang dimaksud bisa berupa hitungan hari, minggu, atau bulan. Selanjutnya, Anda perlu mengetahui frekuensi atau jumlah kejadian yang akan dianalisis. 

Dari data-data ini, grafik batang dan grafik garis bisa dibuat. Kemudian, hasil tersebut bisa dikomunikasikan dan menjadi dasar untuk mengambil tindakan yang tepat bagi perusahaan. 

Keunggulan diagram Pareto adalah lebih mudah untuk dibaca karena memadukan metode diagram batang dan garis. Selain itu, Anda pun dapat lebih mudah mengidentifikasi masalah yang terjadi dalam perusahaan. Dengan diagram Pareto, solusi yang tepat untuk masalah yang terjadi juga bisa ditentukan. Hasilnya pun bisa dinilai lebih akurat.

Jadi, prinsip maupun diagram Pareto sangat penting dalam sebuah bisnis. Bagi Anda sebagai pemilik usaha, menerapkan prinsip ini menjadi langkah strategis yang perlu dipertimbangkan. Semoga bermanfaat!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

1 COMMENT

Comments are closed.