Ini Beberapa Hal yang Perlu Kamu Tahu dari Perbedaan Efektif dan Efisien

1
26497
Perbedaan Efektif dan Efisien

Dalam berbisnis kamu pasti sering menemukan kata efektif dan efisien. Ya, kedua kata tersebut sering disandingkan alias dipakai berdampingan. Sekilas keduanya tampak memiliki makna serupa. Padahal, baik efektif maupun efisien punya arti berbeda, terutama jika kita memakainya dalam konteks bisnis.

Kedua kata tersebut berhubungan erat dengan manajemen waktu dan produktivitas. Agar kamu tidak salah lagi mengaplikasikan kata-kata tersebut dalam keseharian, yuk, simak perbedaan efektif dan efisien berikut ini. 

Apa Pengertian Efektif dan Efisien?

Perbedaan efektif dan efisien sebetulnya bisa kamu perhatikan dari arti yang tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. Efektif berarti ada pengaruh, efek, atau akibat. Selain itu, kata ini juga bisa bermakna bisa membawa hasil terkait suatu usaha atau tindakan.

Dalam konteks bisnis, efektif dipandang sebagai usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan dan target sesuai jangka waktu serta hasil yang diharapkan. Proses kerja bisa efektif jika lebih dulu dibuat rencana dan jadwal agar bisa dieksekusi optimal. 

Ukuran efektivitas adalah hasil. Pekerjaan dinilai efektif ketika berhasil mencapai tujuan sesuai yang telah ditetapkan sebelum eksekusi berlangsung. Kamu bisa memakai cara apa saja tanpa memperhitungkan biaya, tenaga, atau waktu, selama hasilnya sudah sesuai harapan.

Sementara, efisien bermakna tepat atau sesuai ketika mengerjakan sesuatu sehingga tidak membuang tenaga, waktu, dan biaya. Maka, efisien membuat seseorang mampu melaksanakan tugas secara cermat dan tepat.

Ketika ditinjau dari sudut pandang bisnis, efisien berupa usaha yang berfokus pada upaya penyelesaian pekerjaan secara cepat dan memuaskan. Kaitannya erat sekali dengan ketepatan waktu sehingga tidak ada biaya terbuang percuma. Kunci utama berada pada pemakaian sumber daya minimal tetapi bisa mencapai hasil maksimal.

Suatu pekerjaan disebut efisien ketika merencanakannya dengan proses evaluasi, membandingkan kondisi sebelum dan sesudah dilakukan. Nantinya, kamu bisa menemukan mana cara paling efisien atau terbaik untuk mencapai tujuan.

Jadi, tindakan efektif berarti fokus pada hasil dan melakukan langkah yang benar (misal, sesuai prosedur). Sedangkan tindakan dibilang efisien ketika berfokus pada proses dan melakukan berbagai cara yang dipandang tepat atau benar.

Baca juga: Pengertian Manajemen Bisnis dan Contoh Penerapannya yang Baik

Apa Perbedaan Efektif dan Efisien?

Secara ringkas, perbedaan efektif dan efisien dalam perspektif bisnis dapat dilihat dari poin-poin berikut.

  • Kaitannya dengan Sumber Daya dan Biaya

Seperti telah disebut di atas, suatu pekerjaan dianggap efektif ketika kamu melakukan beberapa tindakan untuk memenuhi target yang diharapkan. Di sini kamu tidak perlu pusing atas sumber daya atau biaya yang harus tersedia.

Sebaliknya, pekerjaan dipandang efisien ketika mampu memanfaatkan sumber daya yang ada dan telah mengalami penyesuaian. Sebisa mungkin kamu tidak mengeluarkan biaya berlebihan selain biaya yang telah direncanakan sebelumnya.

  • Perbedaan Proses

Pekerjaan yang efektif belum tentu dilakukan secara efisien. Demikian sebaliknya karena pendekatan keduanya terhadap proses jelas berbeda. Oleh karena itu, kamu perlu berusaha efektif dengan maksimal guna mencapai tujuan sesuai harapan.

  • Perbedaan Tujuan

Perbedaan efektif dan efisien berikutnya adalah tujuan. Efektif menitikberatkan pada hasil. Tujuan pekerjaan efektif adalah hasil memuaskan sesuai harapan. Namun, efisien menekankan pada proses. Tujuan pekerjaan akan efisien jika dilakukan dengan menghemat tenaga, biaya, dan waktu demi mencapai hasil maksimal.

  • Perbedaan Upaya

Tindakan penghematan biaya, waktu, atau tenaga tidak berlaku saat kamu berbicara soal efektivitas. Apapun bisa kamu lakukan asal bisa mencapai hasil menurut targetnya. Sementara, efisiensi mengharuskan kamu menimbang soal biaya, tenaga, dan waktu. Kamu perlu mengelolanya dengan baik agar bisa mencapai hasil tanpa perlu melakukan tindakan boros.

Bagaimana Agar Bisa Bekerja Efektif dan Efisien?

Supaya bisa bekerja secara efektif dan efisien, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut. 

  1. Siapkan rencana guna mengurangi risiko kesalahan saat eksekusi.
  2. Manfaatkan skala prioritas sebagai cara mudah mana yang lebih dulu dilakukan dan mana yang tidak.
  3. Lakukan pekerjaan yang mudah lebih dulu.
  4. Eksekusi dengan cermat, mulai dari mana yang bisa dikerjakan sendiri dan mana yang perlu didelegasikan.
  5. Pantau perkembangan tiap tugas. Kamu bisa membagi pekerjaan menjadi beberapa tugas kecil, buat check list, dan pantau perkembangannya secara berkala.

Uraian di atas menegaskan perbedaan efektif dan efisien terletak pada tujuan, upaya, proses, serta biaya dan sumber daya. Pemahaman ini bisa kamu terapkan saat melakukan pekerjaan individu, organisasi, maupun perusahaan. Dengan demikian, kinerja kamu tetap terjaga dan mampu menyelesaikan berbagai pekerjaan secara efektif dan efisien. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.