Usaha Dagang Apa yang Paling Menguntungkan Kala Pandemi?

2
9247
Usaha Dagang

Pandemi melemahkan berbagai bidang usaha, tetapi kebutuhan manusia tidak pernah berhenti. Ada usaha dagang yang ternyata makin berkembang karena semakin penting bagi masyarakat. Data kuartal pertama Bank Indonesia tahun 2020 menunjukkan beberapa bisnis yang mampu bertahan bahkan meningkat saat pandemi, baik dalam skala kecil, menengah, atau besar.

Apakah Anda mencari ide bisnis kecil untuk tetap bekerja di tengah pandemi? Pertimbangkan beberapa usaha yang sedang banyak dicari ini.

  • Makanan

Makanan tetap menjadi komoditas penting dalam situasi apa pun. Penerapan pembatasan sosial membuat banyak orang bergantung pada jasa pengolah makanan, misalnya warung dan kedai nasi dengan lauknya. Variasi lain seperti nasi berlauk sehat atau makanan vegetarian juga cukup laris.

Jenis makanan lain yang laris adalah tipe produk tahan lama, misalnya makanan beku macam siomay, ayam, nugget, bakso, dan sosis. Banyak orang menyukai makanan beku buatan rumahan karena dianggap lebih sehat dan murah. Produk dapur penting seperti sambal, bumbu masak kemasan, dan rempah-rempah juga laris.

  • Produk Kesehatan

Produk kesehatan mengalami peningkatan profit. Obat rumahan, suplemen seperti vitamin dan mineral, ramuan herbal, serta masker masih banyak dicari. Karena adanya anjuran pemakaian masker kain untuk masyarakat yang sehat, bisnis pembuatan masker kain mulai diminati. Banyak orang memulainya sebagai bisnis rumahan, bermodal mesin jahit dan kain katun tebal/nonwoven fabric.

Bisnis masker kain juga memberi kesempatan untuk berkolaborasi dengan pelaku usaha lain, misalnya industri kreatif. Misalnya, penjual masker bekerja sama dengan ilustrator untuk membuat masker bercorak yang disisipi pesan positif plus penyisihan dana untuk donasi, misalnya yang dilakukan Tokome dan ilustrator Sheila Rooswitha Putri.

  • Produk Berkebun

Produk untuk bertani atau berkebun menjadi salah satu usaha dagang yang relatif bertahan saat musim pandemi, bahkan sedikit meningkat. Banyak orang mengisi waktu dengan berkebun, menanam berbagai hal seperti bunga di pot dan tanaman hias hijau. Hal ini bermanfaat sebagai penghilang stres sekaligus upaya meningkatkan daya tahan tubuh.

Pandemi juga mendorong sebagian orang untuk menanam beberapa kebutuhan pokok sendiri. Kegiatan berkebun berubah menjadi hal produktif, terutama dengan larisnya bibit-bibit cabai, sawi, kangkung, tomat, terong, akar-akaran, dan sebagainya.

  • Bahan Pokok

Bisnis retail, terutama terkait penjualan bahan pokok, semakin meningkat saat pandemi. Produk seperti beras, telur, mi instan, minyak, dan kebutuhan penting lainnya selalu diminati. Banyak toko atau penjual kecil yang menawarkan jasa ekstra bagi pelanggan terdekat, misalnya pesan antar sehingga pembeli tidak perlu keluar rumah.

Pebisnis bahan pokok juga bisa bekerja sama dengan pihak lain, misalnya pengemudi Go-Jek atau orang-orang yang menawarkan jasa belanja. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan dan penilaian positif dari konsumen.

Baca juga: 4 Usaha Kecil Menguntungkan Yang Mudah Dimulai!

  • Produk Kebersihan

Produk kebersihan rumah tangga dan pribadi semakin laris pada masa pandemi, dan kemungkinan masih akan terus meningkat. Semakin ketatnya standar kebersihan masyarakat membuat berbagai produk ini banyak dicari. Untuk produk rumah tangga, yang cukup laris misalnya cairan pel, desinfektan, dan deterjen.

Sabun cuci tangan dan pembersih tangan (hand sanitizer) merupakan produk kebersihan yang paling laris saat ini. Akan tetapi, sabun mandi dan pencuci wajah, termasuk produk khusus seperti untuk bayi dan pemilik kulit sensitif, juga ikut laris. 

Selain produk, alat kebersihan baik rumah tangga maupun pribadi ikut kena imbas. Alat pel, tisu, dan lap berbagai ukuran ikut dipesan. Tisu terutama penting karena tidak hanya bermanfaat untuk etika bersin/batuk, tetapi juga sebagai pelapis sekali pakai untuk masker kain.

  • Produk Pendidikan, Permainan, dan Hobi

Pembatasan sosial membuat banyak anak harus belajar di rumah. Anak-anak usia pra-sekolah dan balita membutuhkan kegiatan agar otak dan motorik mereka tetap aktif walau harus banyak di rumah. Hal ini mendorong larisnya berbagai buku bacaan, alat gambar, buku mewarnai, permainan edukasi, flash card, dan produk serupa lainnya.

Tren produk pendidikan dan permainan ini ternyata juga berimbas ke orang dewasa. Walau ikut tertekan, penjual buku, permainan meja (tabletop game), alat musik, perkakas jahit, game elektronik, dan perkakas hobi lainnya masih mendapat pembeli. Hal ini terkait semakin banyaknya orang yang berada di rumah dan mencari cara untuk mengisi waktu.

Menangkap peluang usaha dagang saat pandemi menuntut Anda untuk peka terhadap kebutuhan terbesar masyarakat. Hadapi situasi ini dengan beradaptasi dan mulai membuka bisnis kecil yang berfokus pada beberapa usaha dagang seperti di atas.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

pinjaman modal usaha

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected].

2 COMMENTS

Comments are closed.