11 Pinjaman Online Resmi yang Sudah Diawasi oleh OJK

0
3168
Pinjaman Online Resmi

Jika ingin meminjam uang, sebaiknya gunakan jasa pinjaman online resmi yang sudah terdaftar di OJK sehingga terhindar dari pinjaman online ilegal atau tak resmi.

Adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan dampak yang besar terutama dalam hal finansial. Bagaimana tidak? Banyak orang kehilangan pekerjaan dan mengalami penurunan omzet pada bisnisnya, bahkan tak banyak yang sampai gulung tikar.

Hal ini tentu sebuah masalah karena seiring berjalannya hidup, tuntutan akan terus bertambah. Apalagi dengan adanya isu resesi 2023.

Untuk mengatasi masalah finansial, banyak orang akhirnya mengajukan pinjaman uang ke berbagai jasa yang memang menyediakan. Jasa yang menyediakan ini ada yang offline maupun online.

Saat ini banyak yang menawarkan pinjaman online cepat cair dengan syarat yang mudah, sehingga orang bisa meminjam uang begitu saja dengan nominal tertentu.

Di sisi lain, kemudahan ini juga bisa menimbulkan masalah, karena saat ini banyak pinjaman online yang tidak tepercaya dan malah membuat Anda dalam masalah di kemudian hari.

Sebenarnya apa sih pinjaman online itu? Berikut paparan dan daftar pinjaman online yang sudah terawasi OJK.

Apa itu Pinjaman Online?

Saat ini, dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat, banyak layanan keuangan digital atau perusahaan fintek yang menyediakan pinjaman online

Pinjaman online adalah layanan peminjaman uang yang disediakan oleh jasa keuangan melalui website atau aplikasi mereka secara online. Jadi, untuk dapat melakukan peminjaman, Anda tidak perlu datang langsung ke lokasi karena bisa via daring dan dana pun cair seketika.

Syarat untuk mencairkan dana pun mudah, namun meski begitu, bukan berarti tidak ada resiko. Saat ini banyak penipuan dari jasa ilegal. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman, jangan langsung tergiur untuk meminjam begitu saja.

Daftar Pinjaman Online Resmi yang Sudah Diawasi oleh OJK

Agar terhindar dari pinjaman online ilegal, maka perlu selektif dalam menentukan jasa yang akan Anda gunakan. Cara agar tahu jasa pinjaman online terpercaya atau tidak, Anda bisa mengeceknya di OJK, karena lembaga ini memang memiliki kewenangan untuk mengatur jasa keuangan di Indonesia.

Berikut ini merupakan daftar aplikasi pinjaman online OJK cepat cair.

1. Kredit Pintar

Salah satu platform pinjaman online yang sudah terverifikasi OJK yaitu Kredit Pintar. Platform ini menyediakan fasilitas pinjaman dengan bunga tahunan tidak lebih dari 36%.

2. CICIL

Aplikasi ini menyasar mahasiswa yang masih aktif kuliah karena menyediakan peminjaman yang bisa mahasiswa gunakan untuk membayar kebutuhan perkuliahan seperti uang UKT dan kebutuhan mahasiswa yang lain. Margin pembiayaannya adalah 1,5 – 3% per bulannya dan jangka waktu cicilan 24-36 bulan.

3. Finmas

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya yang menyasar UMKM, aplikasi ini juga meminjamkan modal usaha namun untuk perseorangan yang nominal pinjamannya maksimal hanya sampai Rp5 juta.

Kemudian, apabila Anda mengajukan pinjaman melalui platform ini, Anda akan mendapat bunga sebesar 35% per tahun dan ini merupakan angka maksimumnya.

4. Indodana

Platform ini menawarkan pinjaman dengan jumlah maksimal Rp25 juta sehingga bisa Anda pakai untuk memenuhi kebutuhan mendesak Anda. Layanan ini selain menyediakan fasilitas pinjaman tunai juga menyediakan pinjaman paylater.

Di platform fintek ini, Anda akan mendapat bunga pinjaman sebesar Rp1 sampai Rp12 juta untuk pinjaman tunai dan Rp25 untuk pinjaman paylater dengan bunga 3-8% per bulan.

5. Maucash

Platform ini merupakan aplikasi pinjaman online yang bernaung di bawah perusahaan Astra Financial. Produk keuangan ini memiliki limit pinjaman sampai dengan Rp20 juta dengan bunga per bulan 2,9% dan bunga per tahunnya (APR) sebesar 34,8%. Kemudian, untuk tenor cicilan pinjamannya berkisar antara 6 – 24 bulan.

6. Danamas

Platform ini merupakan produk dari anak perusahaan besar Sinarmas Group dan menjadi P2P Lending yang pertama di Indonesia. Menurut situs OJK, P2P Lending adalah platform yang memungkinkan pemilik dana meminjamkan uangnya secara langsung kepada peminjam.

Limit pinjaman yang platform ini tawarkan mencapai Rp7,5 juta dengan tenor 3 sampai 6 bulan dan bunga sebesar 10,2% per bulan.

7. OK! BANK

Aplikasi ini merupakan platform perbankan daring yang menyediakan fasilitas pinjaman online bernama OK KTA. Program ini memberikan pinjaman pada pemilik usaha dengan tenor hingga lima tahun. Jumlah nominal pinjaman sebesar Rp3 sampai Rp200 juta dengan bunga 0.89 – 3,49% per bulan.

8. Shopee Pinjam

Layanan ini merupakan salah satu produk keuangan dari e-commerce Shopee yang menawarkan pinjaman sampai dengan Rp12 juta. Fitur ini berada dalam aplikasi e-commerce Shopee, jadi tidak perlu mengunduh aplikasi baru lagi.

Baca juga: Mau Dapat Tambahan Uang? Jadi Shopee Seller Saja, Yuk!

9. Kredivo

Platform satu ini diklaim sebagai pinjaman online bunga rendah peringkat pertama oleh Dailysocial.id pada Desember 2020, sehingga kini pengunduhnya mencapai lebih dari 10 juta di Google Play.

Aplikasi ini menawarkan pinjaman dengan limit hingga Rp30 juta dengan produk berupa paylater dan cicilan tenor jangka waktu 3 sampai 12 bulan. Untuk suku bunga paylater dan cicilan 3 bulan sebesar 0%, sedangkan untuk cicilan 6 sampai 12 bulan sebesar 2,6%.

10. JULO

Aplikasi pinjaman online OJK 2023 selanjutnya, sudah memiliki lebih dari 10 juta pengunduh. Julo merupakan platform garapan PT Julo Teknologi Finansial yang memiliki produk pinjaman online dengan bunga 4 – 9% per bulan dengan APR 48-108%. Untuk limitnya tidak terlalu besar karena memang untuk perseorangan, yaitu Rp500 ribu sampai Rp15 juta.

11. Akseleran

Google Play

Platform ini menyediakan fasilitas P2P lending yang bisa mendanai usaha Anda. Bunga pinjaman yang aplikasi kenakan termasuk rendah, yakni sebesar 3,99% per bulan dan tenor pinjamannya 180 – 360 hari.

Link pengunduhan: di sini

Kesimpulan

Bila Anda akan menggunakan pinjaman online resmi, pastikan Anda telah memastikan bahwa perusahaan tersebut telah terdaftar secara resmi. Jadi, dengan menjadi selektif dalam memilih platform pinjaman online, Anda akan terhindar dari resiko penipuan dari pinjaman online ilegal. Bijaklah sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman agar tidak malah membebankan Anda di kemudian hari.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].