Rasio Investasi: Panduan untuk Mulai Berinvestasi

0
1166
Rasio Investasi

Semua investor pasti melakukan hal yang sama sebelum menyetorkan dana investasi. Tujuan dari investasi adalah memperoleh keuntungan dari dana yang sudah dikucurkan. Melakukan pemeriksaan atas rasio investasi adalah hal mudah untuk jaminan keuntungan. 

Namun tentunya tidak hanya asal memeriksa saja. Untuk memaksimalkan keuntungan atas investasi, para investor akan melakukan pemeriksaan menyeluruh. Selain itu investor pun harus melihat potensi bisnis yang ditawarkan dalam investasi tersebut.  

Salah satu hal terpenting adalah memastikan perusahaan penerima dana investasi memiliki rekam jejak dan kredibilitas yang bagus. Salah menginvestasikan uang Anda dapat berisiko kehilangan seluruh dana investasi yang seharusnya memberikan keuntungan. 

Di masa sekarang ini, semua informasi tersedia dengan mudah dan cepat. Tak ada lagi alasan kesulitan untuk mengorek informasi untuk investasi Anda. Termasuk informasi keuangan menyeluruh tentang perusahaan penerima dana. 

Anda sebagai pemegang kuasa atas pergerakan dana investasi perlu untuk mengetahui hal-hal apa saja yang mempengaruhi investasi. Apakah cukup dengan mempelajari potensi bisnis yang ditawarkan? Ataukah perlu mempelajari hal lain tentang calon penerima dana investasi Anda? 

Rasio Investasi Mampu Membawa Potensi Keuntungan 

Saat menerima proposal investasi bisnis, tentunya Anda ingin mengetahui pihak yang mengajak Anda berinvestasi. Bahkan bisa jadi informasi tentang mereka memiliki bobot yang penting dalam pengambilan keputusan. Dari informasi ini akan bisa kita ketahui tentang financial ratio dari perusahaan tersebut.  

Sebenarnya financial ratio memiliki beberapa bagian dan salah satunya adalah investment ratio yang berguna bagi investor. Rasio keuangan ini berfungsi untuk menghitung kondisi keuangan perusahaan. Tambahan lagi, juga untuk menghitung kemampuan perusahaan untuk mengembalikan dana investasi dan memberikan keuntungan pada investor.  

Dengan memahami kondisi keuangan dari calon penerima investasi, Anda bisa melihat akankah perusahaan ini berkembang di masa depan. Apakah dana investasi Anda akan membantu perusahaan tersebut berkembang? Ataukah justru ada tanda-tanda ke arah sebaliknya? 

Investor tentu memilih perusahaan calon penerima investasi yang di atas kertas memiliki kemampuan untuk memutar investasi agar menghasilkan keuntungan. Bagaimana cara untuk mengetahui kemampuan calon penerima investasi ini? 

Tentunya dengan mencari informasi tentang kekuatan sekuritas dari perusahaan tersebut. Bermodalkan informasi ini Anda akan bisa memahami dan menilai kekuatan sekuritas dari perusahaan tersebut di pasar modal. 

Setiap investor pun sebaiknya mengetahui penghitungan untuk estimasi kemungkinan kerugian jika investasinya mengalami kegagalan. Investor pun bisa menghitung batas toleransi minimal kerugian yang bisa dialami. Sebaliknya, sebaiknya juga ada penghitungan untuk memperkirakan batas maksimal keuntungan.       

Penghitungan ini juga meliputi jangka waktu yang dibutuhkan perusahaan calon penerima investasi dalam mengembalikan dana investasi. Kemudian dengan bermodalkan informasi lengkap mengenai kekuatan sekuritas, investor bisa membuat perbandingan.   

Mengenal Berbagai Jenis Rasio Investasi 

Pada umumnya investor menghitungkan kemampuan perusahaan dalam mengembalikan dana investasi dengan tiga jenis rasio investasi di bawah ini. Sebenarnya masih ada beberapa cara dan pendekatan lainnya, tapi tiga di bawah ini adalah yang paling sering digunakan. 

1. Dividend Yield 

Untuk investor yang investasinya berupa saham, maka perusahaan akan memberikan laba bersih yang biasa disebut dividen. Dengan menggunakan rasio ini akan dihitung persentase dividen yang bisa didapatkan investor. Tentunya penghitungan ini akan berdasar pada harga saham per lembarnya. 

2. Earning per Share Ratio 

Penghitungan dengan menggunakan rasio ini akan membantu Anda mengetahui besarnya laba per lembar saham. Dengan informasi ini, Anda tak akan kesulitan untuk membandingkan antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.  

Informasi tentang saham perusahaan ini juga akan membantu mengetahui daya saing antar perusahaan. Bahkan daya saing dalam industri yang sama. Tentunya memilih calon penerima investor yang tidak hanya memiliki harga saham yang tinggi tetapi juga laba tertinggi. 

3. Price to Earnings Ratio 

Rasio jenis ini berlaku dengan membandingkan antara harga saham perusahaan dengan laba yang diperoleh per lembar sahamnya. Tentunya ini berbeda 180o dari rasio earning per share.  

Pada rasio ini, tingginya nilai price to earnings ratio akan turut mendongkrak potensi harga saham yang tengah dihitung. 

Baca juga: Mengenal Istilah-istilah dalam Dunia Investasi

Mempelajari Cara Menghitung Rasio Investasi 

Sama seperti jenisnya, terdapat beberapa cara pula untuk menghitung rasio investasi. Setiap cara ini akan menunjukkan hasil untuk tujuan dan aspek yang berbeda pula. Rumus rasio investasi yang paling umum di antaranya adalah sebagai berikut ini: 

1. Rumus Dividend Yield 

Penghitungan dengan rumus ini cukup dengan membagi dividen per lembar saham dengan harga saham perusahaan. Tentunya investor saham sudah lebih paham mengenai besaran dividen yang diterima dari perusahaan. 

2. Rumus Price to Earnings 

Dengan rumus ini, Anda akan membagi harga saham dengan rasio earnings per share. Penghitungan ini mengukur besarnya laba bersih maksimal dari tiap lembar saham yang bisa diperoleh investor. 

3. Rumus Laba Bersih atau Return of Investment 

Rumus ini untuk menentukan produktivitas aset perusahaan hingga bisa mengungkap aset tidak produktif dan aset penunjang perusahaan. Penghitungannya dengan mengalikan persentase pendapatan dengan aktiva total. 

4. Rumus Laba Bersih pada Modal Tertanam 

Dengan mengalikan persentase pendapatan dengan modal sendiri, Anda bisa mengetahui hasil dari modal yang sudah tertanam di perusahaan. Juga, penghitungan ini akan mengungkap besarnya saldo laba, termasuk juga laba ditahan. 

5. Rumus Laba Bersih EPS 

Penghitungan dengan rumus adalah dengan mengalikan persentase pendapatan dengan jumlah lembar saham. Dengan rumus ini akan mudah untuk mengetahui laba bersih milik investor per lembar saham. 

Rasio Investasi untuk Potensi Keuntungan 

Investasi menawarkan keuntungan yang tinggi. Tak hanya itu, dengan berinvestasi Anda bisa pula mendukung majunya dunia bisnis di Indonesia. Namun, tak semua tentang investasi mudah dan cepat. Tetap saja ada hal-hal yang wajib untuk Anda pelajari sebelum mulai menginvestasikan uang Anda. 

Agar terhindar dari kerugian, memang sebaiknya Anda mempersiapkan investasi dengan sebaik mungkin. Beberapa investor melakukan analisis untuk membekali mereka dengan informasi lengkap tentang perusahaan calon penerima investasi. Financial ratio membantu karena mampu menghadirkan informasi penting berikut:  

  • Rekam jejak perusahaan dalam periode tertentu 
  • Sumber daya perusahaan, baik SDM maupun aset perusahaan dan supplier 
  • Informasi keuangan sebagai pertimbangan kreditur 
  • Strategi perusahaan yang membantu evaluasi efektivitasnya bagi perusahaan 
  • Kekuatan dan daya saing perusahaan 
  • Kewajaran dari estimasi keuntungan yang ditawarkan 

Berdasarkan informasi tersebut tak akan sulit untuk berinvestasi dengan aman dan menguntungkan. Namun jika Anda masih ragu akan strategi investasi terbaik, Anda bisa memulai investasimu bersama Akseleran.  Akseleran menawarkan kesempatan untuk berkontribusi dalam mengembangkan UMKM di Indonesia. Informasi dari penghitungan rasio investasi akan memberikan estimasi lengkap akan potensi keuntungan dari investasi jangka pendek ini.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].