Cara Daftar, Syarat hingga Keuntungan dari Pinjaman Karyawan Akseleran

3
593
Pinjaman Karyawan

Pinjaman karyawan merupakan salah satu layanan keuangan yang bisa menjadi alternatif bagi karyawan yang membutuhkan dana darurat dengan cepat dan mudah.

Produk finansial saat ini sangat beragam, banyak layanan keuangan yang bisa menjawab segala kebutuhan masyarakat, salah satunya karyawan perusahaan.

Karyawan perusahaan seperti masyarakat pada umumnya yang memiliki keinginan untuk membeli sesuatu yang merupakan kebutuhan primer, sekunder, maupun tersier.

Kebutuhan primer tentu harus tercukupi dengan gaji bulanan dan menjadi prioritas, baru setelah itu kebutuhan sekunder dan tersier apabila memungkinkan.

Namun, ada kebutuhan mendadak yang muncul di luar rencana pengeluaran. Sedangkan, Anda sedang posisi tidak memiliki dana darurat dan sisa gaji yang cukup.

Salah satu cara untuk mengatasi hal seperti ini adalah dengan mengajukan pinjaman karyawan.

Pinjaman ini bisa Anda ajukan jika Anda seorang karyawan. Ada beberapa keuntungan apabila mengajukan pinjaman uang mendadak ini.

Berikut paparan lengkap mengenai pinjaman karyawan menggunakan studi kasus Akseleran.

Apa itu Pinjaman Karyawan?

Pinjaman karyawan adalah produk keuangan yang menyediakan layanan peminjaman uang untuk karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan dengan syarat tertentu. Biasanya karyawan yang bisa mengajukan adalah yang sudah bekerja selama beberapa waktu.

Sebagai karyawan yang memiliki gaji tetap tiap bulannya, tentu telah mengalokasikan gaji untuk pengeluaran rutin bulanan yang nominalnya bisa terprediksi karena pasti jumlahnya tidak jauh beda dengan pengeluaran bulan lalu.

Kemudian, setelah mengalokasikan seluruh gaji untuk kebutuhan bulanan, bisa saja tiba-tiba ada kebutuhan mendesak yang memerlukan banyak biaya, padahal gaji sudah dialokasikan untuk kebutuhan lain.

Dengan adanya produk pinjaman karyawan, tentu akan sangat membantu di situasi genting seperti ini. Produk ini akan menguntungkan karyawan dengan mendapatkan dana darurat yang karyawan perlukan dalam waktu yang mendesak. Jadi tidak perlu mengganggu rencana pengeluaran gaji bulanan.

Untuk platform Akseleran, saat ini sudah ada produk pinjaman karyawan swasta maupun non-swasta yang bisa berguna bagi yang ingin mengajukan pinjaman. 

Pinjaman karyawan online di Akseleran ini dapat Anda dapatkan dengan gampang dan cepat. Selain itu, suku bunganya kompetitif, yakni di angka 0,99% flat per bulan dan tenornya bisa fleksibel dalam batas 1 sampai 12 bulan mengikuti kebutuhan Anda.

Keuntungan Menggunakan Pinjaman Karyawan

Seperti yang telah tercantum pada paparan sebelumnya secara sekilas, terdapat beberapa keuntungan apabila menggunakan pinjaman karyawan. Untuk lebih jelas, berikut paparan detailnya.

Banyak Pilihan Pinjaman Sesuai Kebutuhan

Anda bisa menentukan akan meminjam dengan nominal berapa saja serta tenor pinjamannya, jadi produk pinjaman dari Akseleran ini dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Proses Pencairan Dana Relatif Cepat

Salah satu keuntungan mengajukan pinjaman di Akseleran adalah cepatnya proses dalam mendapatkan dana pinjaman. Proses ini hanya memakan waktu sekitar 5 hari semenjak Anda mengajukan pinjaman.

Bebas Memilih Agunan

Untuk mendapatkan pinjaman dari Akseleran, Anda tidak perlu punya aset tetap sebagai jaminan. Pada fasilitas ini, banyak tipe jaminan/agunan yang dapat Anda pilih.

Origination Fee Rendah

Biasanya dalam proses pengajuan pinjaman online ada biaya lain-lain atau origination fee yang dibebankan kepada peminjam. Untuk Akseleran, besarnya biaya ini cukup rendah, yakni 0.25% setiap bulannya. 

Detail Pinjaman Karyawan Akseleran

Berikut ini tercantum dalam tabel detail pinjaman Akseleran.

TipePinjaman karyawan
Limit2 kali gaji
Suku Bunga0.99% flat per Bulan
Origination Fee0.25% per Bulan atau min. 1%
Tenor1 sampai 12 bulan
Pembayaran Bunga dan PinjamanBulanan

Simulasi Pinjaman

Agar memudahkan Anda untuk memiliki gambaran, maka bisa menggunakan simulasi apabila Anda memiliki gaji bersih bulanan sebesar Rp5.000.000 dan mengajukan nilai pinjaman sebesar Rp2.000.000 dengan tenor 6 bulan, maka jumlah dana yang cair sebesar Rp1.970.000.

Kemudian, untuk cicilan bulanan yang perlu Anda bayarkan yaitu sebesar Rp353.133 dengan biaya layanan sebesar Rp30.000.

Syarat Pinjaman Karyawan

Untuk bisa mengajukan, ada beberapa syarat dan aturan pinjaman karyawan di perusahaan yang harus Anda penuhi. Jika tidak, maka pengajuan pinjaman tidak bisa atau akan sulit untuk Anda ajukan. Persyaratan itu meliputi:

  1. Berdomisili di Indonesia
  2. Perusahaan tempat Anda bekerja harus sudah menjadi mitra dari Akseleran.
  3. Lama waktu bekerja Anda minimal harus 3 bulan dan sudah harus lewat masa training, jadi bisa untuk yang mencari pinjaman karyawan kontrak maupun pinjaman untuk karyawan tetap.
  4. Anda tidak dalam kondisi menerima surat peringatan atau SP dalam 3 bulan terakhir.
  5. Anda perlu menyerahkan dokumen pendukung yaitu ijazah asli pendidikan terakhir untuk karyawan di bawah level manajer dan bekerja kurang dari 2 tahun.

Apa Saja Dokumen yang Dibutuhkan Pinjaman Karyawan?

Dokumen yang perlu Anda siapkan untuk mengajukan pinjaman selain slip gaji dan KTP yaitu ijazah. Dokumen ijazah ini wajib Anda kumpulkan jika Anda merupakan karyawan yang berada di bawah tingkatan manajer dengan lama waktu kerja belum sampai 2 tahun.

Baca juga: Cara Agar Syarat Pinjaman Karyawan Kamu Disetujui!

Cara Pengajuan Pinjaman Karyawan

Berikut ini langkah atau SOP pinjaman karyawan yang harus Anda lakukan untuk bisa mendapatkan pinjaman karyawan di Akseleran.

1. Registrasi

Lakukan registrasi akun melalui website atau aplikasi dengan melengkapi data-data seperti nomor KTP dan rekening bank. Setelah itu, Anda tinggal menunggu proses verifikasi akun yang berlangsung dalam waktu 1 sampai 24 jam.

2. Mengajukan Fasilitas

Pada step ini, Anda akan memasukkan kode perusahaan dan melengkapi informasi mengenai slip gaji. Kode perusahaan bisa Anda tanyakan ke bagian human resource, namun apabila ternyata perusahaan Anda belum bermitra dengan Akseleran, maka pengajuan peminjaman belum bisa Anda lakukan.

Jika ingin mengajukan rekomendasi perusahaan ke Akseleran, bisa klik tautan berikut.

3. Proses Verifikasi Data

Begitu data yang Anda ajukan sudah masuk ke sistem, maka kami akan melakukan analisis dan verifikasi terhadap data Anda. Pada proses ini kami akan menentukan apakah Anda layak dan memenuhi kriteria peminjam. 

Apabila sukses, maka Anda akan mendapatkan pemberitahuan yang berisi informasi mengenai suku bunga, fasilitas, dan tenor yang kami tawarkan. Jika Anda setuju dengan hal itu, maka langsung bisa menyetujui konfirmasi pengumpulan ijazah dan melakukan tanda tangan digital.

4. Penggalangan Dana di Platform Akseleran

Setelah mengajukan pencairan, Anda akan memasuki proses penggalangan dana kepada pemberi pinjaman atau lender, proses ini memakan waktu maksimal 5 hari.

5. Pencairan Dana

Begitu penggalangan dana sudah terpenuhi, maka dana akan cair ke rekening Anda dan bisa segera Anda pergunakan untuk kebutuhan.

6. Pembayaran Kembali

Setelah proses pencairan dana, maka jangan lupa untuk membayar melunasi cicilan dalam tenggat waktu yang telah disepakati.

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai cara mendaftar, syarat, dan keuntungan dari pinjaman karyawan dari Akseleran. Dengan mengajukan pinjaman di Akseleran, Anda tidak perlu khawatir terhadap kebutuhan mendesak yang bisa tiba-tiba muncul.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

New-BLOG50-banner-1030x557.jpg

Yuk! Gunakan kode promo BLOG50 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

3 COMMENTS

Comments are closed.