Cara Cek Resi Standard Express Shopee dengan Mudah

0
1621
cara cek resi Standard Express Shopee

Bagaimana cara cek resi Standard Express Shopee? Jika Anda berbelanja di marketplace Shopee dan barang Anda berasal dari luar negeri, maka Standard Express merupakan jasa ekspedisi yang sering digunakan untuk mengirimkan pesanan Anda ke Indonesia. Bagaimana caranya supaya bisa cek resi ekspedisi ini dengan mudah?

Cara Cek Resi Standard Express Shopee

Standard Express merupakan perusahaan ekspedisi Tiongkok yang bekerja sama dengan Shopee untuk mengirimkan barang ke Indonesia. Selain Standard Express, Shopee bekerja sama dengan satu ekspedisi lain, yaitu Logistic Worldwide Express. 

Setelah menerima pesanan Anda, penjual akan mengemas barang dan menyerahkannya ke jasa ekspedisi. Sama seperti jasa ekspedisi lokal, ekspedisi akan mengeluarkan nomor resi setelah mereka menerima barang. Nomor resi ini akan muncul juga di aplikasi Shopee Anda. Maka dari itulah, Anda bisa cek progres pengiriman dari aplikasi Shopee.

Cara cek resi pengiriman Standard Express Shopee melalui aplikasi

Bagaimana cara cek resi Standard Express Shopee melalui aplikasi? Caranya sama saja dengan cek resi ekspedisi lokal, yaitu:

  1. Pertama, pastikan aplikasi Shopee sudah terinstal di smartphone Anda. 
  2. Lalu, buka aplikasi tersebut. Lakukan login jika sebelumnya Anda sempat logout dari akun Anda.
  3. Jika Anda sudah berhasil login, Anda bisa melihat beranda Shopee. Pada menu di bagian bawah layar smartphone, temukan menu ‘Saya’. Klik menu tersebut.
  4. Setelah klik menu tersebut, Anda akan melihat menu ‘Pengiriman saya’. Klik menu ‘Dikirim’, lalu pilih produk yang Anda beli untuk melihat progres pengirimannya.

Kelemahan cek resi Standard Express via aplikasi

Menurut beberapa sumber, kelemahan utama dari tracking nomor resi Standard Express melalui aplikasi Shopee adalah progres tracking yang kurang update. Hal ini memang sudah menjadi risiko pengiriman luar negeri karena adanya perbedaan sistem. Terkait hal ini, sayangnya tidak ada hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya. 

Cara cek pengiriman Standard Express Shopee melalui website Bea Cukai

Anda juga bisa menggunakan cara cek resi Standard Express Shopee berikut untuk mengetahui progress pengiriman barang yang Anda beli. Pada cara ini, Anda akan melakukan pengecekan melalui situs resmi tracking bea cukai. Berikut caranya.

  1. Buka aplikasi Shopee. Lalu, buka menu pengiriman dan temukan nomor resi pengiriman dengan jasa Standard Express.
  2. Kemudian, salin nomor resi tersebut. Anda juga bisa menulisnya di secarik kertas. 
  3. Buka peramban/browser Anda (bisa browser PC atau browser smartphone). 
  4. Tuliskan situs resmi Bea Cukai untuk tracking barang kiriman, yaitu di https://www.beacukai.go.id/barangkiriman.html.
  5. Setelah itu, isikan nomor resi/AWB (Airway Billing) yang sudah Anda peroleh dari aplikasi Shopee tadi.
  6. Di bawah kolom nomor resi, Anda akan diminta untuk mengisikan keycode. Isikan keycode sesuai dengan gambar yang tertera, lalu klik ‘Submit’ untuk memulai tracking barang kiriman Anda.
  7. Setelah itu, progres pengiriman barang Anda akan ditampilkan di layar.

Baca juga: Mau Dapat Tambahan Uang? Jadi Shopee Seller Saja, Yuk!

Kelemahan cek resi Standard Express Shopee melalui situs bea cukai

Meski mudah, melakukan cara cek resi Standard Express Shopee via situs bea cukai memiliki kelemahannya tersendiri. 

Kelemahan tersebut adalah keterbatasan cek resi untuk barang yang belum sampai di Indonesia. Maknanya, barang yang bisa di-track menggunakan cara ini hanyalah barang kiriman yang sudah sampai di Indonesia. 

Sekadar informasi, semua barang kiriman luar negeri yang masuk ke Indonesia akan diperiksa terlebih dahulu oleh pihak bea cukai. 

Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengetahui ada/tidaknya barang yang dilarang beredar di Indonesia karena melanggar hukum. Jika terdeteksi ada barang yang melanggar hukum, maka barang tersebut akan disita. 

Di sisi lain, jika barang Anda lolos pemeriksaan kepabeanan, maka barang Anda akan diproses kembali oleh pihak ekspedisi di Indonesia. 

Proses pemeriksaan kepabeanan tentu tidak hanya berlangsung dalam hitungan jam. Berdasarkan sumber, pemeriksaan kepabeanan ini biasanya berlangsung selama dua atau tiga hari.

Oleh karena tracking melalui situs bea cukai hanya bisa dilakukan saat barang sudah sampai di Indonesia, Anda bisa mengandalkan fitur tracking yang ada di aplikasi sembari menunggu barang tiba di Indonesia.

Setelah pemeriksaan kepabeanan selesai, biasanya aka nada nomor resi baru. Nomor resi baru ini diterbitkan oleh ekspedisi lokal yang menangani pengiriman. Anda bisa cek pengiriman di situs tracking masing-masing ekspedisi menggunakan nomor resi baru itu.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai cara cek resi Standard Express Shopee. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]