Gampang Banget! Ini Cara Daftar Jadi Bukalapak Seller

0
1829
Bukalapak Seller

Bukalapak merupakan salah satu marketplace asli Indonesia yang bisa kamu manfaatkan sebagai lapak menambah pundi-pundi rupiah. Jutaan pembeli di situs ini menjadi peluang tersendiri untukmu menuai sukses. Tentunya, kamu pun bisa menjadi Bukalapak seller lainnya yang berhasil meraih omzet skala jutaan rupiah setiap bulannya.

Sekilas Tentang Bukalapak

Bukalapak merupakan perusahaan teknologi asal Indonesia yang didirikan dengan tujuan menciptakan perekonomian yang adil untuk seluruh lapisan masyarakat.  Sejak didirikan pada 2010 silam, jutaan orang telah menjadi penjual dan puluhan juta pengguna aktif di perusahaan yang berstatus unicorn ini.

Bukalapak berbentuk online marketplace yang memungkinkan penjual dan pembeli dapat bertransaksi secara online dari mana saja dan kapan saja. Artinya, sebagai penjual, kamu bisa mendapat pembeli yang berasal dari daerah yang jaraknya hingga ribuan kilometer sekalipun dari tempatmu berada. Tentunya, fasilitas ini sangat membantumu dalam meluaskan prospek pangsa pasar.

Cara Menjadi Bukalapak Seller

Mendaftar di Bukalapak seller sebagai penjual tidaklah sulit. Hanya saja, jika ingin lebih cepat untuk memulai bertransaksi, pastikan kamu sudah menyiapkan dulu berbagai foto dan informasi produk.

Adapun langkah-langkah untuk membuat akun sebagai Bukalapak seller adalah sebagai berikut.

  • Akses situs Bukalapak

Buka situs resmi marketplace Bukalapak di www.bukalapak.com. Lanjutkan dengan klik Daftar di sisi kanan atas layar. Kamu juga bisa mengunduh aplikasi Bukalapak di App Store maupun Play Store dan mendaftar melalui aplikasi tersebut.

  • Isi formulir pendaftaran

Kamu bisa mengisikan nomor hp atau alamat email yang aktif. Namun, kamu bisa juga memilih cara yang lebih cepat dengan menggunakan akun Facebook atau Google yang dimiliki dan terpasang di perangkat yang kamu gunakan (laptop, komputer, atau smartphone).

  • Isi nama akun toko

Setelah terdaftar, kamu dapat langsung mengelola akun dengan mengisi nama toko. Gunakan nama yang unik dan gampang diingat agar menarik dan memudahkan pembeli.

  • Buat password

Buatlah password untuk akun yang kamu miliki. Hindari menggunakan password yang standar seperti kombinasi tanggal lahir, nama lengkap, atau angka yang berurutan. Ciptakan password yang dapat kamu ingat dengan mudah, tetapi tidak mudah ditebak orang lain.

  • Teliti syarat dan ketentuan

Baca dengan cermat apa saja yang menjadi syarat dan ketentuan Bukalapak. Pasalnya, pelanggaran terhadap kondisi tersebut dapat membuat akun Anda di-suspend dan bahkan dapat berurusan dengan hukum.

  • Klik Daftar

Begitu seluruh formulir pendaftaran terisi lengkap dengan data yang benar dan menyetujui syarat serta ketentuan Bukalapak, klik tombol Daftar.

  • Konfirmasi email

Bukalapak akan melakukan verifikasi data-data yang telah Anda kirimkan. Dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam, kamu akan menerima email yang berisi bukti konfirmasi. Selesaikan pendaftaran dengan mengklik tombol Verifikasi Email.

  • Lengkapi profil akun

Sekarang, saatnya kamu untuk melengkapi profil akun toko. Buka menu Pengaturan untuk mulai mengisi data-data terkait.

Buatlah deskripsi toko yang menarik serta beberapa informasi tambahan lainnya seperti syarat-syarat pengiriman, pembayaran, jam operasional (untuk fast response), dan sebagainya.

Tak lupa, isilah toko dengan katalog produk. Sertakan gambar-gambar yang representatif berikut deskripsi pendukung.

Tips Sukses Berjualan di Bukalapak

Seperti di bisnis offline pun, menjadi ‘pemain’ baru memang tidak mudah. Banyaknya pelapak yang sudah dulu hadir membuatmu harus sedikit lebih ekstra untuk bisa mendapat pembeli. 

Walau begitu, hal ini tidak berarti peluang suksesmu tertutup. Kesempatan ini tetap terbuka lebar asal kamu konsisten dalam melakukan berbagai strategi yang tepat seperti berikut ini.

  • Mengunggah Foto Asli dan Berkualitas

Salah satu ‘kelemahan’ yang kerap menjadi kekhawatiran pembeli saat berbelanja online adalah barang yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Oleh karena mereka tidak bisa melihat barangnya secara langsung, maka kamu harus dapat meraih kepercayaan mereka dengan menampilkan foto asli produk.

Namun, foto asli saja tidak cukup. Kamu perlu mengunggah foto-foto yang berkualitas sehingga pembeli dapat melihat lebih saksama. Sajikan foto produk dari berbagai sudut (dan jika memungkinkan, tampilkan beberapa detail tertentu). Dengan begitu, pembeli dapat mempunyai gambaran lebih utuh tentang produk yang akan mereka dapatkan.

  • Buat Deskripsi Informatif

Pembeli zaman sekarang punya banyak pilihan. Mereka cenderung enggan menghabiskan tenaga lebih banyak dengan harus bertanya-tanya informasi dasar seputar produk. Kecuali produk yang kamu tawarkan benar-benar spesial, mereka tak akan berat untuk mencari produk di lapak lain yang lebih informatif.

Karena itu, buatlah deskripsi informatif mengenai produk yang kamu jual. Misal, kamu menjual jilbab. Sertakan informasi seperti bahan yang digunakan, ukuran, dan ketersediaan. Tambahkan beberapa hal yang menjadi nilai lebih produk tersebut, seperti bahan X yang mudah dibentuk dengan rapi, bagian tepi jilbab dibuat dengan cutting tertentu sehingga lebih cantik, dan sebagainya.

Kamu juga bisa menyertakan keterangan pendukung lain di luar produk, seperti barang dapat ditukar dengan kondisi tertentu, tidak ada asuransi pengangkutan, dan lain-lain.

Baca juga: Ini Penjelasan Seputar Cara Kerja P2P Lending

  • Respons Cepat dan Ramah

Saat kamu menjadi pembeli, menunggu jawaban dari pihak penjual dalam waktu yang lama tentu mengesalkan, bukan? Maka dari itu, jangan lakukan hal tersebut saat kamu bertindak sebagai penjual.

 Jika kamu mempunyai kesibukan lain, tak ada salahnya kamu mencantumkan jam operasional (yang menandakan bahwa kamu dapat merespons dengan cepat pada periode tersebut). Dengan begitu, apabila mereka mengontak di luar jam tersebut, mereka semestinya dapat maklum jika kamu slow response

Di samping itu, bersikaplah ramah pada pembeli. Menjawab dengan terlalu dingin dan tidak informatif akan membuat impresi yang buruk.

  • Gunakan Fitur Push

Cara jualan di Bukalapak untuk meningkatkan penjualan berikutnya adalah dengan memanfaatkan fitur Push. Fitur ini membantumu dengan mempromosikan produk dagangan sehingga berada di posisi pertama pada halaman daftar produk atau hasil pencarian pengunjung yang relevan.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu perlu membayar sekitar 2 ribu rupiah per push. Meski membayar, jangan lantas kamu jadi berkecil hati. Jadikan hal ini sebagai salah satu modal awal untuk menjadi top seller Bukalapak.

  • Promosi di Berbagai Kanal

Perluas informasi tentang produk maupun tokomu di berbagai platform yang lebih luas. Kamu bisa mempromosikan di media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, atau YouTube sekalipun. 

Makin luas pasar promosi yang kamu lakukan, makin besar kesempatan usahamu berkembang. Karena itu, selalu buat strategi promosi dan lakukan evaluasi berkala untuk mendukung usahamu.

  • Aktif di Forum Bukalapak

Kamu bisa belajar banyak hal khususnya terkait ilmu jual-beli yang dibagikan oleh Bukalapak seller lainnya di forum ini. Kamu dapat mempelajari cara menyikapi selera masyarakat dalam berbelanja secara online, cara meng-handle komplain pembeli, dan masih banyak lainnya.

Tak luput, kamu dapat memperluas relasi di sini. Hal ini dapat menjadi peluang tersendiri untuk kesuksesan bisnis lainnya di masa mendatang, seperti untuk melakukan kolaborasi bisnis.

Menjadi Bukalapak seller tidaklah sulit. Hanya dengan beberapa langkah mudah, kamu bisa langsung mengelola akun dan berjualan di salah satu online marketplace terbesar di Indonesia ini. Kendati begitu, untuk meraih sukses optimal, pastikan kamu juga melakukan beberapa tips khusus dalam melapak, ya!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].