Buka Rekening BRI: Panduan Lengkap untuk Membuka Rekening Tabungan di Bank BRI

0
1136
Buka Rekening BRI

Memiliki rekening tabungan merupakan kebutuhan penting di era digital ini. Selain untuk menyimpan uang, fasilitasnya juga sangat mempermudah mobilitas. 

Meningkatnya kebutuhan transaksi keuangan, terutama transaksi digital di era modern ini, tentu kebutuhan membuka rekening juga makin meningkat. Bagi yang belum memiliki rekening, yuk, segera buka rekening BRI!

Bank BRI memiliki beberapa jenis tabungan sesuai kebutuhan. Mulai dari tabungan anak, Simpedes hingga simpanan haji. Menariknya, cara buka rekening BRI saat ini tidak perlu ribet ke kantor, Anda bisa melakukan secara online

Syaratnya mudah. Cukup dengan kartu identitas dan setoran awal, rekening tabungan BRI bisa Anda miliki. Dengan memiliki rekening BRI, ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh. Salah satunya kemudahan transaksi keuangan.

Mengenal Jenis-Jenis Tabungan BRI

Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Sebagai salah satu bank terbesar, BRI selalu berusaha menghadirkan inovasi-inovasi terbaru yang memudahkan mobilitas keuangan Anda.

Apa saja produk simpanan BRI yang bisa Anda pilih?

Simpedes

Pertama, ada Simpedes atau simpanan masyarakat pedesaan. Sesuai dengan namanya, rekening ini menyasar para masyarakat yang tinggalnya di pedesaan yang ekonominya menengah ke bawah. Setoran awalnya pun ringan, yaitu Rp50.000.

Simpedes TKI

Kedua, Simpedes TKI yang diperuntukkan untuk pekerja Indonesia yang bekerja di luar negeri. Untuk setoran awal, tabungan ini menarik biaya Rp10.000.

Britama Classic

Selanjutnya ada tabungan Britama. Ini adalah produk simpanan terpopuler dari BRI. Menariknya, jenis ini sudah bisa Anda akses digital. Sementara untuk setoran awal tipe ini adalah Rp250.000.

Britama Bisnis

Bagi pemilik bisnis, kini ada Britama Bisnis, tabungan yang diperuntukkan untuk pengusaha guna mempermudah transaksi finansial usaha. Untuk mendapatkan tabungan ini, Anda hanya perlu menyetor Rp1.000.000 sebagai setoran awal.

Britama X

Britama X adalah jenis simpanan yang menyasar kawula muda berusia sekitar 17–35 tahun. Dibandingkan jenis Britama lain, Britama X memiliki setoran awal paling rendah, yaitu Rp100.000.

Selain itu, ada tiga jenis kartu ATM BRI Britama X, yakni Gentleman, Ladies, dan Basketball. Kartu ATM Britama memiliki desain elegan, cantik, dan sudah dilengkapi chip keamanan.

Tabungan Haji

Selanjutnya, jenis simpanan untuk individu yang sedang mempersiapkan biaya untuk naik haji atau BPIH (biaya penyelenggaraan ibadah haji).

Keuntungan dari tabungan ini adalah nasabah akan memperoleh perlengkapan haji begitu sudah tiba gilirannya untuk menunaikan ibadah haji. Selain itu. tabungan ini terintegrasi dengan Siskohat Depag.

Sementara setoran awalnya adalah Rp50.000 untuk mata uang Rupiah dan 50 USD untuk Dollar.

Britama Rencana

Kemudian ada Britama Rencana yang terbagi menjadi Rencana A dan B. Ini adalah jenis simpanan investasi dengan biaya setoran bulanan tetap, yaitu Rp100.000 untuk setoran awal dan untuk selanjutnya berlaku kelipatan Rp50.000.

Britama Valas

Setelahnya ada Britama Valas. Ini adalah tabungan yang memungkinkan Anda untuk menyimpan uang dalam bentuk mata uang negara lain. Seperti USD, AUD, SGD, CNY, EUR, AED, HKD, JPY, SAR, dan GBP.

Untuk setoran awalnya, yaitu USD 50, AUD 50, SGD 65, CNY 350, EUR 50, AED 75, HKD 350, JPY 5.000, SAR 300, dan GBP 50.

Britama Junio

Sesuai namanya, tabungan ini adalah untuk anak usia 0 hingga 17 tahun. Untuk anak usia 0–6 tahun, setoran awalnya Rp100.000, sedangkan usia di atas 6 tahun membutuhkan biaya Rp150.000.

Tabungan BRI Simpel

Sama seperti Junio, tabungan ini juga diperuntukkan bagi anak-anak, khususnya pelajar. Fungsi adanya tabungan anak ini adalah edukasi agar mau menabung sejak dini. Apalagi setoran awal tabungan ini cukup rendah, yaitu Rp5.000.

TabunganKu

Terakhir, TabunganKu. Ini adalah produk yang dikeluarkan bersama oleh bank-bank  di Indonesia untuk mengedukasi masyarakat agar mau menabung demi meningkatkan kesejahteraan. TabunganKu menetapkan Rp20.000 sebagai minimum saldo dan biaya penutupan rekening.

Syarat Membuka Rekening BRI

Tidak ada syarat khusus untuk membuat rekening baru di Bank BRI.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuka rekening untuk jenis Simpedes, Britama, dan Tabungan Haji juga TabunganKu, Anda membutuhkan kartu identitas WNI dan NPWP.

Sedangkan untuk tabungan anak: Junio dan Simpel, Anda hanya membutuhkan tambahan dokumen berupa KK, Akta Kelahiran, dan/atau kartu pelajar.

Cara Buka Rekening Tabungan BRI: Online dan Offline

Bank BRI menyediakan opsi lebih praktis, yakni buka rekening secara online. Meski begitu, BRI tetap akan melayani Anda setulus hati jika datang ke kantor.

Lebih lengkap, berikut step by step-nya.

Cara Buka Tabungan BRI Secara Online via Situs Web

  • Langkah pertama buka tabungan BRI online, Anda bisa masuk ke situs resmi bank yaitu buka rekening BRI.
  • Sebelum klik “Buka Sekarang” siapkan dokumen yang Anda butuhkan, kartu identitas untuk buka tabungan BRI.
  • Selanjutnya pilih jenis tabungan BRI lalu isilah data dengan benar dan buat video recording untuk memverifikasi data.
  • Kemudian, mulai setor untuk pertama kali guna mengaktifkan rekening.
  • Terakhir, Anda bisa membuat akun Brimo jika Anda rasa membutuhkannya.

Baca juga: 8 Bank Digital yang Terkenal di Indonesia

Cara Buka Rekening BRI via BRIMO

  • Cara kedua memanfaatkan aplikasi BRIMO yang sudah terinstal di ponsel. Begitu aplikasi terbuka, Anda akan dihadapkan pada dua opsi, yaitu “Punya Akun BRImo” dan “Belum Punya BRImo”.
  • Sistem akan memberikan pertanyaan apakah Anda memiliki rekening BRI. Silakan pilih “Belum Punya” untuk membuka rekening baru.
  • Selanjutnya klik “Buka Rekening” dan pilih jenis tabungan. Sesuaikan jenis tabungan dengan kebutuhan.
  • Lalu, pilih kantor BRI terdekat. Setelahnya, ambil foto e-KTO dengan jelas dan isilah data diri sesuai kartu identitas. Jangan lupa untuk melengkapi data dirinya, seperti nomor HP dan email.
  • Kemudian “Lanjut” untuk verifikasi HP. Lalu ambil video recording untuk validasI.
  • Langkah setelahnya adalah swafoto dengan KTP juga memasukkan tanda tangan digital.
  • Terakhir, tunggulah verifikasi selesai. Jika sudah selesai, Anda bisa aktivasi rekening dengan melakukan setoran awal sesuai jenis tabungan yang Anda ambil.

Cara Buka Rekening Tabungan BRI secara Offline

Tidak semua calon nasabah bisa melakukan pembukaan rekening secara online. Oleh karena itu, bank tetap melayani pembukaan secara offline.

Caranya, yaitu.

  • Bawalah syarat pembukaan rekening baru ke kantor cabang bank BRI terdekat.
  • Kemudian ambil nomor antrean untuk ke CS dan ajukan pembukaan rekening baru.
  • Setelahnya, Anda cukup menjawab beberapa pertanyaan CS. Begitu sudah selesai isi data, CS akan meminta tanda tangan.
  • Selanjutnya, bayar administrasi pembuatan kartu ATM sebesar Rp10.000–Rp20.000 tergantung jenis tabungan.
  • Anda juga bisa meminta pengaktifan layanan perbankan online: internet banking atau mobile banking.
  • Terakhir, lakukan setoran awal di teller.

Manfaat dan Keuntungan Memiliki Rekening BRI

Dengan memiliki tabungan BRI, Anda bisa

  • lebih praktis menabung karena ada fasilitas ATM yang memungkinkan untuk setor tunai tanpa ke bank;
  • lebih aman menabung, tidak takut kemalingan;
  • transaksi keuangan bisa lebih praktis dengan adanya fasilitas perbankan online atau melalui ATM; dan
  • memperoleh bunga tiap bulan;
  • juga bisa menikmati berbagai promo atau program dari bank.

Kesimpulan

Jadi, ada banyak sekali keuntungan buka rekening BRI. Apalagi syarat dan cara buka tabungan BRI tidak sulit, Anda bisa melakukannya via online maupun offline. Hanya beberapa menit dan Anda sudah bisa memiliki rekening tabungan Anda sendiri.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].