CBR 150, Preview Performa, Fitur, dan Harga Motor Sport terbaru dari Honda

0
983
CBR 150

Dengan tenaga responsif dan impresif, Honda CBR 150 yang pertama meluncur pada 2002 masih menjadi primadona berkat performanya yang tangguh.

Bagi Anda pecinta brand Honda dan rindu dengan pengalaman berkendara yang penuh gairah dan memiliki performa yang tanggung, Honda CBR 150 adalah solusinya.

Dalam ulasan ini, kita akan mengetahui deskripsi singkat, ulasan fitur dan performa, hingga kelebihan dan kekurangannya. Simak sampai selesai, yuk!

Sejarah Motor Honda CBR 150R

Pada tahun 2023, Honda sudah mengeluarkan CBR 150 series yang cukup menyita perhatian. Mulai dari penampilan sampai spesifikasi kerennya. Tapi, perjalanan CBR 150 series ternyata sudah mengaspal di Indonesia sejak belasan tahun silam.

Tepatnya, CBR 150R mulai rilis pada tahun 2002. Meskipun sebenarnya 150 series ini awalnya hanya masuk untuk meneruskan Honda NSR 150, yang sudah tidak berproduksi. 

Perjalanan CBR 150R dari tahun ke tahun berawal dari 2002, Honda pun kembali merilis 150R series generasi penerusnya. Mulai dari 2010 series, 2014 series, CBR 150 2016, CBR 150 2021, dan kini mulai muncul 2023 series yang menggunakan mesin sama dengan 2021 series.

Nah, dari segi spesifikasi, tiap tahun keluaran tentu memiliki berbagai pembaruan sesuai kemajuan teknologi, tren, dan persaingan. 

Spesifikasi CBR 150 Sport 

Pada series CBR 150 terbaru, Honda menawarkan spesifikasi sebagai berikut:

  • Tipe mesin: 4 langkah, DOHC
  • Kapasitas mesin: 149,16 CC
  •  perpindahan gigi: 1-N-2-3-4-5-6
  • Suspensi depan: inverted telescopic front suspension
  • Suspensi belakang: swing arm with monoshock system
  • Tipe busi: NGK MP9C-9N atau ND UD7EPR-N9
  • Sistem pengapian: full transistorized
  • Tipe Baterai: MF Wet 12V 5Ah
  • Kapasitas Minyak Pelumas: 1,1 Liter
  • Kapasitas tangki bahan bakar: 12 Liter
  • Curb Weight: 137 kg (Non ABS)/ 139 kg (ABS)
  • Rangka: Diamond (Truss) Frame
  • Ukuran ban depan: 100/80-17m/C 52P
  • Ukuran ban belakang: 130/70-17m/C 62P
  • Rem depan: Wavy Disc Brake (Non-ABS/Wave Disc Brake – ABS
  • Rem belakang: Wavy Disc Brake (Non-ABS/Wave Disc Brake – ABS, dan masih banyak lagi.

Mesin dalam Honda CBR 150 2023 memiliki mesin yang sama seperti generasi sebelumnya yakni dengan kapasitas 149,6 CC dengan tenaga 12,6 KW. Varian ini memiliki torsi 14,4 Nm dengan sistem pembakaran PGM-FI dengan dukungan transmisi manual 6 kecepatan.

Honda CBR 150 memberikan pengalaman akselerasi responsif dan tarikan penuh tenaga. Termasuk dari segi bahan bakar yang lebih hemat dan unggul daripada pesaing di kelas yang sama.

Tampilan motor ini semakin gagah karena tangki yang lebih luas dengan desain yang jadi lebih besar. Pembaruan juga tampak pada pemanfaatan suspensi, di mana Honda CBR 150 memanfaatkan suspensi depan upside down untuk menyokong kestabilan kontrol ketika berkendara.

Spesifikasi lainnya dari Honda CBR 150 yang mendapat tipe pembaruan semakin menambah kenyamanan ketika berkendara di berbagai situasi dan kondisi jalan. 

Kelebihan dan Kekurangan Motor Sport CBR

Selain dari tampilannya yang memukau, PT Astra Honda motor melakukan revisi pada fitur dan performa mesin pada Honda CBR 150 generasi All New R. 

Kelebihan CBR 150R Series 2021

Terdapat 5 kelebihan Honda CBR 150 generasi R. Simak bahasan di bawah ini sampai habis.

1. Suspensi Upside Down

Honda CBR sudah menggunakan suspensi upside down dengan diameter 37 mm. Versi suspensi upside down Ini bisa memberikan kestabilan yang lebih baik ketika halover di kecepatan tinggi.

Jenis suspensi ini bisa menjadi suatu kelebihan bagi Honda CBR 150 karena masih terdapat kompetitor yang tidak mengenakannya. Misalnya seperti  suspensi teleskopik yang memiliki performa tidak lebih baik daripada suspensi upside down.

2. Jok Paling Rendah

Selain mengubah tampilannya agar semakin mirip dengan Honda CBR 250 R, terdapat pembaruan di beberapa komponen lain salah satunya seperti posisi jok yang lebih pendek.

Apabila kita melirik spesifikasinya, Honda CBR 150R terbaru memiliki ketinggian jok 782 mm. Ini membuatnya sebagai salah satu motor sport dengan jok paling rendah di kelasnya.

Salah satu kelebihan dari posisi jok yang lebih rendah adalah agar postur kaki pengendara tidak terlalu tinggi. Termasuk semakin mempermudah pengguna untuk menapak ke aspal.

Baca juga: Apa Itu Jenis Motor Cafe Racer? Dan Apa Ciri Khasnya?

3. Fitur Keselamatan ARF

All new Honda CBR 150 R memiliki fitur keselamatan yang cukup mumpuni. Motor sport dari Honda ini melengkapi diri dengan sistem anti lock braking atau ABS  double channel.

Fitur keselamatan ini memiliki keunggulan dalam pencegahan terkuncinya roda ketika pengendara melakukan pengereman mendadak. Tentu saja ini membantu pengendara untuk menghindar dari potensi kecelakaan di depan.

Anda bisa mendapatkan fitur keamanan ABS ini untuk varian tertinggi Honda CBR 150R.

4. Emergency Stop Signal 

Honda CBR 150R memiliki emergency stop signal atau ESS. Fitur ini berfungsi untuk memberikan sinyal lampu hazard otomatis ketika ABS atau sistem keselamatannya bekerja. 

Dengan nyalanya lampu hazard dari ESS ini, secara langsung membuat pengendara di belakang bisa mendapatkan peringatan untuk menghindar dari tabrakan.

Fitur ini akan berfungsi secara otomatis ketika kecepatan motor melebihi 50 km per jam. Ketika menyala, fitur ESS yang ada di all New CBR 150R bisa mengedipkan lampu hazard 4 kali dalam 1 detik.

5. Assist & Slipper Clutch 

Honda CBR 150 juga lengkap dengan fitur assist and slipper clutch yang memiliki manfaat meringankan kopling hingga 15% daripada kopling pada umumnya. Of course ini menambah kesan rileks pada pengendara terutama ketika terjebak kemacetan.

Slipper clutch juga memiliki guna sebagai salah satu fitur keselamatan teknologi ini bisa mencegah roda belakang apabila pengendara menurunkan transmisi gigi secara tergesa.

Kekurangan CBR 150R 2021

Terlepas dari kekayaan fitur pengamanan dan keselamatan, ternyata CBR 150R 2021 alias series terbaru juga memiliki beberapa kelemahan.

Kelemahan tersebut terdiri dari:

1. Harga Terlalu Tinggi untuk Spesifikasinya

Sebenarnya harga CBR 150 cukup oke, sekitar Rp35,9 jutaan. Apalagi untuk harga sebuah motor sport, ini cukup terjangkau. 

Namun, tinggi rendahnya harga motor juga bisa kita lihat dari spesifikasi yang Honda tawarkan. Sayangnya, harga ini jadi kurang worth it jika kita membandingkannya dengan kompetitor yang memiliki spesifikasi lebih tinggi di harga sekelasnya.

2. Bobot Masih Berat

Apabila melihat weight to power ratio, CBR 150R terbilang cukup tertinggal daripada kompetisi. Honda CBR150R generasi terbaru memiliki berat 137 kg untuk varian standar. 

Sedangkan untuk beberapa kompetitor yang memiliki berat setara, memiliki spesifikasi yang lebih unggul. Sehingga berat dari Honda CBR 150R kurang sesuai dengan spesifikasinya. 

Salah satu alasan kenapa CBR 150 Series lebih berat adalah karena tampilannya yang terkesan mirip big bike, sama seperti generasi premiumnya, CBR 250R. 

Tips Merawat CBR 150R 2023 Pertahankan Mesin Tetap Prima  

Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan untuk merawat dan menjaga kualitas optimal CBR 150. Beberapa hal tersebut meliputi:

1. Servis Rutin

Servis berkala membantu Anda untuk  maintenance kendaraan agar selalu aman ketika berkendara jalanan. Dengan servis atau maintenance rutin, Anda juga tahu mana sparepart yang sudah usang dan perlu menggantinya dengan yang baru.

2. Bahan Bakar Berkualitas

Meskipun mungkin bisa saja semua bahan bakar Anda gunakan untuk menghidupkan CBR 150, tapi pemilihan opsi terbaik tetap harus Anda lakukan. 

Apalagi ketika berbicara tentang oktan kendaraan yang menyesuaikan dengan oktan dari bahan bakar itu sendiri. Untuk CBR 150, Oktannya adalah 95, maka yang sesuai adalah Pertamax plus, Shell V-Power, atau Performance 93.

Selain kedua hal krusial tersebut, Anda juga bisa menjaga kesehatan CBR 150 dengan memanaskan mesin setiap hari minimal sekali sehari sebelum Anda gunakan agar mesin memanas secara perlahan. 

Honda CBR 150 jadi salah satu primadona di kalangan pecinta motor sport. Ada berbagai keunggulan dalam berbagai fiturnya, salah satunya seperti fitur keselamatan ARF, dan tempat duduk paling rendah di kelasnya, di generasi terbarunya. Jika Anda pecinta motor sport, Honda jenis ini patut dicoba.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].