Anxiety Adalah Gangguan Mental yang Bisa Disembuhkan: Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

0
553
Anxiety Adalah

Anxiety adalah suatu kondisi emosional yang umum dialami oleh banyak orang. Menurut Anxiety & Depression Association of America (ADAA), sekitar 40 juta orang di Amerika Serikat mengalami gangguan kecemasan. Namun, hanya 36,9% orang dengan gangguan kecemasan menerima pengobatan. [1]

Sebelum melakukan self-claim, seseorang wajib tahu perebdaan perasaan cemas dan gangguan kecemasan yang memerlukan perhatian medis. Ini dapat membantu seseorang mengidentifikasi dan menangani kondisi tersebut.

Di era di mana makin banyak orang makin aware mengenai mental health, Anda tentu perlu tahu mengenai anxiety atau kecemasan, jenis-jenis kecemasan yang umum dan penyebabnya, gejala-gejala kecemasan, serta cara mengatasinya. 

Dapatkan juga tips dan trik yang berguna untuk mengelola kecemasan sehari-hari di sini! 

Pengertian Anxiety atau Kecemasan

Anxiety adalah perasaan takut dan gelisah. Anxiety atau kecemasan merupakan respons alami tubuh Anda terhadap stres. Ini adalah perasaan takut atau khawatir tentang apa yang akan datang. 

Ciri-ciri anxiety adalah munculnya perasaan tegang, pikiran khawatir, dan perubahan fisik seperti misalnya misalnya peningkatan tekanan darah.

Anxiety juga bisa menyebabkan Anda: 

  • Berkeringat
  • merasa gelisah dan tegang
  • memiliki detak jantung yang cepat. 

Ini bisa menjadi reaksi normal terhadap stres. Misalnya, cemas saat menghadapi masalah sulit di tempat kerja, sebelum mengikuti ujian, atau sebelum membuat keputusan penting. 

Kecemasan dapat memberi Anda dorongan energi atau membantu Anda fokus. Namun, jika perasaan cemas Anda sangat ekstrem, atau bertahan setidaknya selama 6 bulan dan mengganggu kehidupan Anda, Anda mungkin mengalami gangguan kecemasan. 

Gangguan anxiety adalah kondisi di mana Anda memiliki kecemasan yang tidak kunjung hilang dan dapat memburuk seiring berjalannya waktu. Bagi penderita gangguan kecemasan, rasa takut itu tidak bersifat sementara dan bisa membuat kewalahan. 

Penderita gangguan kecemasan memiliki kecemasan yang tidak kunjung hilang dan dapat memburuk seiring berjalannya waktu. Gejalanya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari seperti misalnya performa kerja, tugas sekolah, dan hubungan. 

Baca juga: 11 Contoh Surat Izin Sakit yang Baik dan Benar!

Jenis-Jenis Kecemasan yang Umum dan Penyebabnya

Penyebab anxiety secara pasti tidak diketahui. Namun, faktor-faktor seperti genetika, biologi dan kimia otak, stres, dan lingkungan Anda mungkin saja berperan. 

Namun sceara umum, gangguan kecemasan menjadi beberapa jenis utama, antara lain: 

1. Generalized Anxiety Disorder (GAD)

Gangguan kronis ini melibatkan kecemasan dan kekhawatiran yang berlebihan dan bertahan lama tentang peristiwa, objek, dan situasi kehidupan yang tidak spesifik. Generalized anxiety adalah gangguan kecemasan yang paling umum, dan penderitanya tidak selalu dapat mengidentifikasi penyebab kecemasan mereka.

Orang dengan GAD umumnya khawatir tentang masalah biasa seperti misalnya kesehatan, uang, pekerjaan, dan keluarga. Tapi kekhawatiran mereka berlebihan dan mereka mengalaminya hampir setiap hari selama minimal 6 bulan.

2. Gangguan Panik 

Orang dengan gangguan panik mengalami serangan panik. Serangan ini dapat menyebabkan gemetar, kebingungan, pusing, mual, dan kesulitan bernapas. Serangan datang dengan cepat dan dapat berlangsung beberapa menit atau lebih.

Gangguan panik biasanya terjadi setelah pengalaman yang menakutkan atau stres berkepanjangan, tetapi bisa juga terjadi tanpa pemicu.

3. Fobia 

Orang dengan fobia memiliki ketakutan yang kuat terhadap sesuatu yang menimbulkan sedikit atau tidak ada bahaya yang sebenarnya. Ketakutan mereka mungkin tentang laba-laba, naik pesawat, atau pergi ke tempat ramai.

Seseorang dengan fobia mungkin mengakui ketakutan sebagai hal yang tidak masuk akal atau ekstrem, tetapi tetap tidak dapat mengendalikan perasaan cemas di sekitar pemicunya. 

4. Gangguan Kecemasan Sosial

Gangguan kecemasan sosial adalah ketakutan ekstrem akan dihakimi oleh orang lain dalam situasi sosial. Jenis gangguan ini meliputi demam panggung, ketakutan akan keintiman, dan kecemasan seputar penghinaan dan penolakan.

5. Gangguan Kecemasan Perpisahan

Tingkat kecemasan yang tinggi setelah berpisah dari seseorang atau tempat yang memberikan perasaan aman mencirikan gangguan kecemasan akan perpisahan. Kecemasan perpisahan paling umum terjadi pada anak-anak kecil, tetapi juga dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia.

6. Agorafobia

Ini adalah ketakutan akan tempat, peristiwa, atau situasi yang mungkin sulit untuk melarikan diri atau di mana bantuan tidak akan tersedia dalam keadaan darurat.

Orang sering salah mengartikan kondisi ini sebagai fobia ruang terbuka dan alam terbuka. Seseorang dengan agorafobia mungkin takut meninggalkan rumah atau menggunakan lift dan transportasi umum.

Gejala-Gejala Kecemasan dan Cara Mengatasinya

Berbagai jenis gangguan kecemasan dapat memiliki gejala yang berbeda. Tetapi secara umum gejala anxiety adalah kombinasi dari:

  • Pikiran atau keyakinan akan ketakutan yang sulit dikendalikan dan membuat Anda merasa gelisah serta tegang serta mengganggu kehidupan sehari-hari dan bisa menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu.
  • Gejala fisik, seperti misalnya detak jantung yang berdebar atau cepat, sakit dan nyeri yang tidak dapat dijelaskan, pusing, dan sesak napas.
  • Perubahan perilaku, seperti misalnya menghindari aktivitas sehari-hari yang biasa Anda lakukan.
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Kesulitan untuk tertidur
  • Kelelahan
  • Lekas marah

Dalam hal ini, menggunakan kafein, zat lain, dan obat-obatan tertentu dapat memperburuk gejala Anda.

Pengobatan untuk Gangguan Kecemasan

Untuk mendiagnosis gangguan kecemasan, penyedia layanan kesehatan akan bertanya tentang gejala dan riwayat kesehatan Anda. 

Anda mungkin juga menjalani pemeriksaan fisik dan tes laboratorium untuk memastikan bahwa masalah kesehatan yang berbeda bukanlah penyebab gejala Anda. Jika Anda tidak memiliki masalah kesehatan lain, Anda akan mendapatkan evaluasi psikologis. 

Perawatan utama untuk gangguan kecemasan adalah psikoterapi (terapi bicara), obat-obatan, atau keduanya:

1. Cognitive Behavioral Therapy (CBT) 

CBT adalah jenis psikoterapi yang sering untuk mengatasi gangguan kecemasan. CBT mengajarkan Anda cara berpikir dan berperilaku yang berbeda.

Terapi ini dapat membantu Anda mengubah cara Anda bereaksi terhadap hal-hal yang menyebabkan Anda merasa takut dan cemas. Tak hanya itu, terapi ini berfokus untuk membuat Anda menghadapi ketakutan Anda, sehingga Anda akan dapat melakukan hal-hal yang selama ini Anda hindari.

2. Obat-Obatan 

Obat anxiety umumnya adalah benzodiazepin untuk menghilangkan gejala jangka pendek. Bisa juga obat anticemas atau antidepresan lain seperti misalnya escitalopram yang secara efektif mampu mengubah kimiawi otak untuk memperbaiki suasana hati dan mengurangi stres.

Beberapa obat lain yang biasa digunakan meliputi:

  • Selective serotonin reuptake inhibitors yang meliputi Escitalopram, fluoxetine, dan paroxetine.
  • Selective norepinephrine reuptake inhibitors terdiri atas Duloxetine dan venlafaxine.
  • Antipsikotik meliputi Quetiapine dan aripiprazole.
  • Benzodiazepin yang terdiri atas Diazepam dan clonazepam.
  • Ansiolitik Buspirone.

Anda harus bekerja sama dengan penyedia layanan kesehatan untuk mengidentifikasi obat mana yang terbaik untuk Anda. Anda mungkin perlu mencoba lebih dari satu obat sebelum dapat menemukan yang tepat.

Tips dan Trik untuk Mengelola Kecemasan Sehari-hari

Perubahan gaya hidup dapat secara efektif menghilangkan beberapa stres dan kecemasan yang mungkin Anda hadapi setiap hari. Sebagian besar, cara mengatasi kecemasan meliputi merawat tubuh dan berpartisipasi dalam aktivitas sehat sambil menghilangkan aktivitas yang tidak sehat. Ini termasuk:

  • Cukup tidur
  • Bermeditasi
  • Tetap aktif dan berolahraga
  • Makan makanan yang sehat
  • Menghindari alkohol
  • Menghindari kafein
  • Berhenti merokok jika Anda merokok

Kesimpulan

Dengan mengenali lebih dalam mengenai kecemasan dan dengan menerapkan cara-cara yang efektif, harapannya, Anda mampu menghadapi tantangan emosional dengan lebih baik. Kami juga berharap kualitas hidup Anda akan meningkat.Anxiety adalah kondisi emosional yang umum terjadi, tetapi ini dapat memengaruhi kesejahteraan seseorang. Mengingat kesehatan mental adalah hal yang penting, maka jangan ragu untuk mencari dukungan profesional jika diperlukan. Ingatlah, Anda tidak sendirian dalam perjalanan mengatasi kecemasan.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].