Mau Jadi Banker? Pastikan Memiliki Hal Ini!

0
734
Banker Adalah

Menjadi pegawai bank (banker) mungkin tidak termasuk salah satu impian anak muda ketika mereka memilih jurusan kuliah. Namun begitu lulus, lowongan untuk menjadi pegawai bank cenderung lebih besar dibanding profesi yang sesuai dengan jurusan mereka saat kuliah.

Jadi tidak perlu heran apabila menjadi banker adalah salah satu bidang pekerjaan yang cukup populer di kalangan fresh graduate. Tidak hanya dari jurusan ekonomi, jurusan lain termasuk sastra dan pendidikan pun tertarik untuk melamar menjadi karyawan bank.

Mengenal Banker

Istilah banker atau bankir secara umum merupakan sebutan untuk pegawai bank, mulai dari tingkat front office hingga eksekutif. Intinya, semua lini pekerjaan di bank selain office boy, cleaning service, dan security merupakan banker. Meskipun bukan profesi impian seperti dokter atau pilot, nyatanya banyak yang ingin menjadi banker.

Secara finansial, gaji banker memang cenderung lebih tinggi. Selain itu, peluang jenjang karir di bank juga menjanjikan. Semakin lama kita bekerja, semakin besar pula kesempatan untuk naik jabatan dan memperoleh penghasilan lebih tinggi. Meskipun begitu, menjadi banker bukan sesuatu yang mudah.

Di balik gaji tinggi dan peluang karir cemerlang, banker menghadapi banyak tantangan dan risiko.

Hal-Hal Tentang Banker yang Perlu Diketahui

Seperti pekerjaan lain, menjadi pegawai bank juga memiliki plus minus. Beberapa hal yang perlu dipahami tentang banker adalah:

1. Siap Lembur

Jam layanan bank memang dimulai dari pukul 8 pagi sampai 3 sore. Namun tentu saja, begitu bank tutup banker tidak bisa langsung pulang. Masih ada tumpukan pekerjaan yang harus diselesaikan dan membuat mereka kerap pulang melebihi jam operasional kantor. Bisa dibilang, lembur adalah rutinitas harian yang harus dilakukan oleh banker agar esok hari pekerjaan mereka tidak semakin menumpuk.

2. Siap Pindah Tugas ke Wilayah Lain

Banker adalah salah satu profesi yang membutuhkan loyalitas dan dedikasi tinggi. Bagaimana tidak, setiap bank pasti memiliki kebijakan pindah tugas ke wilayah lain untuk setiap karyawannya. Jadi jangan heran apabila setelah bekerja selama beberapa tahun di bank, kita harus pindah ke luar kota atau bahkan luar pulau.

Hampir semua bank memberlakukan kebijakan ini. Inilah mengapa sebelum memutuskan jadi banker, kita harus mempersiapkan diri untuk pindah sewaktu-waktu.

Baca juga: 8 Bank Digital yang Terkenal di Indonesia

3. Teliti dan Cermat

Menghadapi berbagai dokumen yang berkaitan dengan keuangan merupakan makanan sehari-hari banker. Hal ini membuat kita wajib teliti dan cermat ketika melakukan pekerjaan sebagai pegawai bank. Apalagi data keuangan yang diolah bukan hanya milik bank, tetapi juga nasabah.

Ketelitian dan kecermatan ini berkaitan dengan menjaga kepercayaan nasabah. Jadi jika merasa tidak memiliki kemampuan untuk teliti atau cermat, sebaiknya kita tidak menjadi banker.

Syarat Menjadi Banker

Selain cermat dan teliti, secara umum syarat menjadi banker adalah:

1. Berpenampilan Menarik

Penampilan menarik tidak hanya berkaitan dengan cantik atau tampan. Penampilan menarik merujuk pada bagaimana cara kita menampilkan diri di hadapan nasabah, bersikap santun, dan berpakaian rapi. Hal ini merupakan suatu kewajiban mengingat setiap hari banker terutama bagian front office akan bertemu dengan nasabah.

Memiliki penampilan menarik merupakan bagian pelayanan. Penampilan banker merupakan bagian dari “wajah” bank yang akan membuat nasabah tertarik untuk menggunakan layanan kita dengan nyaman atau tidak. 

2. Mampu Bersikap Sabar

Di dunia perbankan, memiliki kesabaran merupakan faktor utama dalam berkomunikasi. Entah itu berkomunikasi dengan rekan kerja ataupun nasabah, terutama untuk karyawan yang bekerja di bagian front office. Memiliki sikap sabar adalah salah satu upaya untuk memberikan pelayanan terbaik.

Mengingat bank merupakan salah satu lembaga yang bergerak di bidang jasa keuangan, memiliki pelayanan yang baik merupakan keharusan. 

3. Bisa Berbahasa Inggris

Meskipun secara teknis beberapa bank beroperasi hanya di dalam negeri dan berinteraksi dengan warga lokal saja, tetapi memiliki kemampuan berbahas asing terutama Inggris menjadi salah satu syarat menjadi banker. Inilah mengapa dalam seleksi pegawai bank, selalu ada tes Bahasa Inggris yang wajib diselesaikan.

Bagaimana, tertarik menjadi banker? Meskipun kelihatannya sulit, menjadi banker adalah peluang terbaik para fresh graduate yang belum memiliki pekerjaan, dan kesulitan mencari lowongan sesuai jurusan yang ditempuh. Itulah ulasan tentang menjadi banker, semoga bermanfaat.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]