Meniti Karir Atau Berpindah-pindah Kantor? Ini Plus-Minusnya

1
1058
Meniti Karir Atau Berpindah-pindah Kantor? Ini Plus-Minusnya

Tempat kerja merupakan sarana yang penting untuk mewujudkan tujuan karir bagi kamu yang berstatus pekerja. Ada tipe orang yang cenderung setia di satu perusahaan, namun ada juga yang memilih untuk pindah-pindah tempat kerja. Apa saja masing-masing kelebihan dan kekurangannya?

Memiliki pekerjaan dengan karir cemerlang tentu jadi impian banyak orang. Tapi dalam perjalanannya, tak jarang kita menemui kendala. Faktor-faktor seperti lingkungan yang kurang nyaman, kerjaan yang monoton, hingga gajinya yang kurang sesuai dengan ekspektasi kita terkadang bisa menjadi dorongan hingga akhirnya beberapa dari kita memilih untuk pindah-pindah kantor.

Apakah kamu pernah mendengar istilah “kutu loncat”? Istilah kutu loncat ini dapat diartikan sebagai orang yang suka berpindah-pindah tempat kerja. Menjadi kutu loncat ini seringkali diasosiasikan negatif. Padahal, mungkin saja cara seperti ini justru cocok dengan pengembangan diri kamu. Lalu apa saja keuntungan jika menjadi kutu loncat? Kamu tentu akan memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi kemampuan dan memiliki banyak pengalaman dari berbagai tempat kerja. Selain itu, kamu juga memiliki kesempatan mencari pekerjaan dengan bayaran tinggi. Dengan berpindah tempat, kamu juga berkesempatan untuk menjalin relasi dengan lebih banyak orang. Jika kamu mencari peluang-peluang tersebut, mungkin kamu bisa mencoba hal tersebut. Bagaimanapun, memilih tempat kerja adalah hak kamu sepenuhnya. Meski begitu, hal ini tentu juga ada konsekuensinya. Kamu harus selalu menyesuaikan diri dengan tempat kerja baru. Kamu jadi harus beradaptasi setiap pindah ke tempat baru, dan selalu ada kemungkinan tidak betah di tempat tersebut.

Bagi kamu yang lebih suka berada di zona nyaman, setia sama satu perusahaan juga baik untuk karirmu. Kamu jadi bisa tetap terus berada di lingkungan yang stabil, nyaman, dan cocok dengan diri kamu. Selain itu, banyak perusahaan yang akan memberi  apresiasi lebih bagi karyawan yang bekerja dalam rentang waktu yang cukup lama. Apalagi jika perusahaan it menunjang karier dan kesempatan untuk belajar lebih jauh. Bahkan ada perusahaan yang mau memberi bagian sahamnya bagi karyawan yang sudah lama kerja. Biasanya program ini disebut Employee Stock Allocation (ESA) dan Employee Stock Option Plan (ESOP).

Setiap pilihan punya keunggulan dan konsekuensinya masing-masing. Menjadi kutu loncat tidak ada salahnya asalkan bisa memberikan dampak positif terhadap perusahaan. Memilih setia untuk perusahaan juga tidak masalah, asalkan kamu bisa nyaman serta menerima kelebihan dan kekurangan perusahaan. Apapun pilihannya, pilihan terbaik adalah yang paling cocok dengan diri kita.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut