Mengenal Slogan “Yuk Nabung Saham” dan Cara Memulainya!

0
84
Yuk Nabung Saham

Bingung memilih investasi yang tepat untuk masa depan? Coba mulai untuk berinvestasi saham. Dengan slogan Yuk Nabung Saham, Bursa Efek Indonesia (BEI) mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh tentang seluk beluk menabung saham di pasar modal. 

Apalagi investasi saham ini esensial untuk meningkatkan jumlah investor lokal guna membantu menyejahterakan perekonomian rakyat Indonesia. Ingin tahu tentang apa maksud slogan yang digaungkan BEI ini dan cara memulai menabung saham? Yuk, simak penjelasannya.

Yuk Nabung Saham

Pemahaman yang keliru terhadap berbagai investasi produk pasar modal, termasuk saham, menjadikan investasi ini kurang diminati. Apalagi investasi ini sering dikaitkan dengan kerumitan dan investasi berisiko tinggi. Melihat sedikitnya jumlah investor aktif di Indonesia per tahun, gerakan kampanye Yuk Nabung Saham pun diluncurkan.

Kampanye Yuk Nabung Saham pertama kali diluncurkan oleh Bapak Muhammad Jusuf Kalla selaku Wakil Presiden Republik Indonesia pada tanggal 12 November 2015. Tujuan dari kampanye ini adalah untuk mengubah kebiasaan dari menabung masyarakat (saving society) menjadi kebiasaan berinvestasi masyarakat (investing society). 

Masyarakat pun memiliki kesadaran untuk menjadi investor aktif di berbagai perusahaan sekuritas di Indonesia.

Cara Memulai Investasi Saham

Tidak ada kata terlambat untuk mengimplementasikan slogan Yuk Nabung Saham. Jika Anda ingin memulai menabung saham, coba ikuti tata cara mudahnya di bawah ini.

  • Siapkan dokumen pribadi

Langkah pertama yang Anda harus lakukan untuk berinvestasi saham adalah menyiapkan semua dokumen pribadi. Dokumen pribadi yang dibutuhkan berupa fotokopi identitas diri atau KTP, NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan fotokopi halaman depan buku tabungan. 

Jika Anda tidak memiliki NPWP, Anda bisa menggunakan NPWP suami atau istri. Bisa juga dengan melampirkan surat keterangan tidak memiliki NPWP. Selain dokumen tersebut, jangan lupa siapkan dua lembar meterai atau lebih.

  • Pilih perusahaan sekuritas dan isi formulir 

Selanjutnya, Anda perlu memilih perusahaan sekuritas tempat untuk berinvestasi. Perusahaan sekuritas atau sering disebut perusahaan efek merupakan perusahaan yang telah memperoleh izin usaha dan mendapatkan pengawasan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 

Banyaknya perusahaan otoritas yang direkomendasikan dapat membingungkan investor baru. Sebelum memilih perusahaan efek untuk berinvestasi, pelajari tentang beberapa perusahaan yang ada. 

Cek latar belakang, sepak terjang, aplikasi trading, serta layanan yang diberikan. Selain itu, cari tahu apakah perusahaan sekuritas tersebut mendapatkan keuntungan atau justru merugi. Setelah yakin dengan perusahaan yang dipilih, Anda bisa mengisi formulir untuk berinvestasi. Baca dengan teliti isi formulir sebelum mengisi.

  • Setorkan dana awal ke rekening dana investor

Setelah formulir diisi, pastikan Anda menyiapkan saldo yang akan disetorkan ke rekening dana investor (RDI). Setorkan deposito awal yang telah disyaratkan oleh perusahaan sekuritas. Setoran deposito tersebut akan masuk ke RDI milik investor. 

Untuk jumlah setoran awal bervariasi. Nilai setoran awal dibuka mulai dari Rp100 ribu hingga Rp3 juta. Anda bisa mengecek nilai minimum setoran awal masing-masing perusahaan sekuritas di situs web resmi atau aplikasinya. Setelah berhasil melakukan setoran dana awal, Anda akan mendapat email yang menginformasikan tentang rekening saham yang sudah aktif serta akses login, seperti ID dan PIN.

Baca juga: Rekening Dana Lender (RDL) Akseleran: Definisi dan Fungsinya

  • Siap berinvestasi saham

Setelah semua langkah dilakukan, Anda siap untuk berinvestasi saham seperti slogan Yuk Nabung Saham. Perlu Anda ketahui bahwa tiap bank telah menentukan jumlah minimal pembelian. Anda bisa berinvestasi seluruh dana pada satu emiten (badan usaha yang mengeluarkan penawaran efek kepada publik) atau beberapa emiten. 

Beli saham sesuai dengan kemampuan. Beli investasi blue chip yang harganya terjangkau atau pilih saham yang perusahaannya dapat dipercaya. Dengan begitu, Anda tidak ragu untuk membeli saham.

Kesimpulan

Kampanye Yuk Nabung Saham memiliki tujuan untuk menggaet calon investor agar berinvestasi saham secara rutin dan berkala. Dengan adanya gerakan ini diharapkan jumlah investor aktif di pasar modal Indonesia dapat meningkat. Apalagi investasi saham bersifat fleksibel dan dapat dilakukan dalam jangka pendek maupun panjang.

Berinvestasi saham juga dapat membantu Anda untuk menabung demi masa depan. Jadi, tunggu apalagi. Mari kita mulai menabung saham sekarang.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]