Rekening Dana Lender (RDL) Akseleran: Definisi dan Fungsinya

1
5044
apa itu rdl

RDL adalah rekening penampungan dana Lender khusus untuk memenuhi ketentuan T-2 dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), di mana dana Lender hanya boleh berada di Escrow Account Akseleran selama tidak lebih dari 2 hari kerja.

Dengan adanya RDL, maka top-up dana di Akseleran akan dilakukan oleh tiap-tiap Lender ke RDL masing-masing, dan dana Lender akan ditampung di RDL tersebut.

RDL ini hanya dapat digunakan untuk bertransaksi di platform P2P Lending Akseleran dan tidak dapat digunakan melalui sistem bank konvensional (misalnya penarikan tunai lewat mesin ATM).

Catatan: Lihat di sini apabila tidak ingin membuka RDL BCA

Apa manfaat membuka Rekening Dana Lender?

  • Memberikan Kenyamanan Lebih

RDL dibuat atas nama Lender dan dana mengendap dari masing-masing Lender akan tertampung di RDL tersebut. 

Lender ga perlu lagi menambah dana (top up) melalui Virtual Account yang ditampung escrow Akseleran, melainkan bisa langsung ke RDL nya masing-masing, layaknya fungsi Rekening Dana Nasabah (RDN) yang digunakan dalam transaksi pasar modal.

  • Menanggulangi Biaya Auto-Withdraw

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan mengharuskan dana mengendap Lender dikeluarkan dari rekening escrow Akseleran secara otomatis setelah maksimal 2×24 jam.

Sebelum menerapkan RDL, Akseleran menggunakan sistem Auto-Withdraw yang mengenakan biaya admin kepada Lender. Dengan adanya RDL, Lender tidak akan lagi terkena dampak pemotongan biaya admin.


Gimana cara buka Rekening Dana Lender? (khusus untuk pengguna Akseleran yang baru mendaftar)

Akseleran bekerjasama dengan Bank Central Asia (BCA) untuk RDL-mu.

Apabila kamu sudah memiliki akun rekening tabungan BCA

Saat mendaftar, kamu bisa langsung pilih “Ya, Buka Akun RDL BCA” saat mengisi data Akun Bank. Kamu akan secara otomatis terdaftar untuk RDL BCA juga.

Apabila kamu belum memiliki akun rekening tabungan BCA

Kamu perlu memiliki akun rekening tabungan BCA terlebih dahulu sebelum dapat membuka RDL BCA karena kamu akan diminta input nomor rekening tabungan BCA-mu. Cara membuka rekening tabungan BCA dapat dilihat di halaman BCA ini.

Gimana cara buka Rekening Dana Lender? (khusus existing Lender)

Lakukan pengkinian data dengan meng-klik “Aktifkan sekarang” di pop up notification pembukaan RDL, atau klik bar kuning bertuliskan “Mohon lengkapi data diri Anda terlebih dahulu”. Selengkapnya di bawah ini:

  1. Buka Akseleran lewat aplikasi maupun website.
  2. Kamu akan mendapat pop up notification untuk mengaktifkan akun RDL. Klik “Aktifkan sekarang”, dan kamu akan secara otomatis dibawa untuk melengkapi kebutuhan datanya.
  3. Kamu juga bisa menutup pop up notification ini dan mengklik bar kuning bertuliskan “Mohon lengkapi data diri Anda terlebih dahulu”.
  4. Cara kedua adalah dengan masuk ke bagian “Akun Bank” di bagian “Pengaturan Akun” di aplikasi. Di situ kamu bisa klik bagian “Rekening Dana Lender BCA (RDL BCA).

Baca juga: Registrasi Rekening Dana Lender BCA dibuka di Akhir Tahun Ini!


Berapa lama proses pembukaan Rekening Dana Lender?

  1. Akseleran akan melakukan verifikasi data Akun Bank mu dalam 1×24 jam hari kerja
  2. Pihak BCA akan melakukan verifikasi dan pembukaan RDL-mu. Estimasinya sekitar 7 hari kerja.
  3. Kamu akan mendapat email notifikasi dari BCA yang menyatakan bahwa RDL-mu sudah terbuka.
  4. Perhatian: Top Up ke RDL baru bisa dilakukan H+1 setelah lender menerima email sukses pembukaan RDL dari BCA

Cara mengecek apakah RDL sudah terbuka atau belum:

Dari aplikasi / website Akseleran, log in ke akunmu, masuk ke bagian “Dana”, dan klik “Tambah Dana”. Jika RDL mu sudah aktif maka akan muncul “Nomor Rekening Dana Lender”.

Jika tidak memiliki atau tidak ingin membuka rekening BCA, bagaimana?

Membuka RDL BCA adalah pilihan. Buat kamu yang ga punya atau ga mau buka rekening BCA, tetap bisa bertransaksi di Akseleran.

Pas masukin data Akun Bank, kamu bisa pilih untuk menggunakan rekening Bank lain dan masukkan data akunmu.

Karena tidak membuka RDL BCA, maka kamu akan dikenakan mekanisme auto-withdraw sesuai  peraturan T-2 OJK dan dikenakan biaya admin.


Kamu bisa buka akun RDL BCA kapan saja!

Buat kamu yang belum mau bikin sekarang, kamu tetap bisa membukanya nanti

Kalau kamu belum pernah update data diri untuk RDL BCA:

Klik “Aktifkan sekarang” di pop up notification atau klik bar kuning bertuliskan “Mohon lengkapi data diri Anda terlebih dahulu”.

Kalau kamu sudah pernah update data diri, tapi baru mau buka RDL BCA sekarang:

Klik “Aktifkan sekarang” di pop up notification atau klik bar kuning bertuliskan “Klik di sini untuk mengaktifkan Rekening Dana Lender BCA.”

Cara kedua adalah dengan masuk ke bagian “Akun Bank” di bagian “Pengaturan Akun” di aplikasi. Di situ kamu bisa klik bagian “Rekening Dana Lender BCA (RDL BCA).

Cek Highlights Instagram Akseleran untuk informasi terupdate! #BeraniAkselerasi

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.