3 Wirausahawan Sukses dan Inspiratif

0
16288
Wirausahawan Sukses

Memiliki sebuah usaha yang sukses dan banyak dikenal orang tentu adalah suatu pencapaian yang selalu diimpikan oleh para wirausahawan. Namun, impian itu tidak akan mudah didapatkan, karena diperlukan suatu komitmen dan sifat pantang menyerah dalam prosesnya. Karenanya para wirausahawan sukses di luar sana sudah merasakan segala hal dalam proses membangun usahanya.

Banyak kisah sukses yang sangat menginspirasi di luar sana yang juga memulai segala pencapaiannya dari nol harus melewati jalan panjang hingga akhirnya menjadi wirausahawan sukses seperti sekarang. Lalu, siapa saja sih para wirausahawan sukses dari tanah air yang memiliki usaha cemerlang dan dikenal banyak orang? 

Wirausahawan Sukses yang Menginspirasi di Indonesia

  • Bob Sadino

Siap yang tidak mengenal mendiang Bambang Mustari Sadino atau yang lebih dikenal sebagai Bob Sadino. Salah satu pengusaha sukses Indonesia ini sudah mengalami berbagai macam hal, jatuh bangun hingga akhirnya dapat menikmati segala pencapaiannya sekarang. 

Sebelum menjadi seorang pengusaha, beliau sempat bekerja sebagai seorang pegawai selama 9 tahun, setelah itu akhirnya ia memutuskan untuk berhenti dan akhirnya mencoba peruntungannya menjadi seorang pengusaha.

Usaha pertama yang dimulainya adalah usaha sewa mobil dengan bermodalkan satu mobil dan itu pula pertama kali ia menjadi seorang supir pada usahanya sendiri. Pada proses jalannya usaha tersebut, ia mengalami kecelakaan yang akhirnya menyebabkan kerusakan pada mobilnya dan usaha itupun berhenti di tengah jalan. Setelahnya, ia kembali mencari peruntungan baru menjadi seorang buruh bangunan harian.

Saat menjadi buruh harian itulah, mendiang Bob Sadino melihat adanya peluang pada usaha lain yaitu usaha ternak. Dengan modal pinjaman yang didapatkan dari tetangganya, ia mulai memulai usaha tersebut. Sebagai permulaan ia memulainya dengan keliling menawarkan hasil ternaknya itu ke tetangga sekitarnya di sekitaran Kemang, Jakarta Selatan.

Segala usaha dan jerih payahnya terbayarkan, karena usahanya mulai berkembang dan akhirnya ia mulai mengembangkannya dengan menjual daging hingga sayur hidroponik. Usaha tersebutlah asal mula terbentuknya Kem-Chicks, supermarket di daerah Jakarta Selatan yang menjual berbagai macam kebutuhan hingga berbagai macam produk pertanian serta peternakan.

Satu hal yang paling kita ingat dari beliau adalah keramahannya serta selalu tampil sederhana dalam setiap kesempatannya. Hal-hal tersebutlah yang bisa kita tiru dan terapkan dari sosok mendiang Bob Sadino

  • William Tanuwijaya

William adalah salah satu pengusaha yang sukses di Indonesia, ia juga menjadi pendiri dari salah satu situs e-commerce terbesar di Asia yaitu Tokopedia. Kesuksesan yang diraih William tidak terlepas dari usaha serta kerja kerasnya.

Mulai dari lulus SMA, ia akhirnya memutuskan untuk pergi ke Jakarta untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas Bina Nusantara mengambil jurusan Teknik Informatika. Namun, pendidikan yang diharapkan selesai tepat pada waktunya akhirnya mengalami kesulitan di tahun keduanya, saat ayah William jatuh sakit. Hal tersebut membuat William mencari pekerjaan sampingan agar bisa melanjutkan kuliah dan bertahan hidup di ibu kota.

Karena hal tersebut juga akhirnya membuat William terjun ke dalam dunia internet untuk kali pertamanya. Dimulai dari pekerjaan sampingannya sebagai seorang penjaga warnet malah mengantarkan ia untuk melaunching Tokopedia di tahun 2009. 

Sebagai salah satu Unicorn dari Indonesia dengan valuasi lebih dari US$1 Miliar Tokopedia juga mengantarkan William sebagai salah satu wirausahawan sukses yang masih muda.

  • Susi Pudjiastuti

Sebelum dikenal sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan pada era Presiden Jokowi ini ibu Susi Pudjiastuti adalah seorang pengusaha yang terkenal aka ketegasannya. Ia merintis usahanya pada bidang perikanan hingga memulai usaha maskapai penerbangan. 

Ia mengambil keputusan yang cukup berani dengan tidak melanjutkan pendidikan SMAnya karena untuk memulai usahanya. Namun, ia melihat potensi usahanya yang lebih baik mengingat di wilayahnya berada adalah pesisir, karena itu ia mulai mencoba memanfaatkannya pada usaha perikanan.

Bermodalkan Rp750 ribu ia mulai membeli ikan dari tempat pelelangan dan mulai memasarkannya ke sejumlah restoran yang berada di Pangandaran. Setelah mengalami kesulitan di awal usahanya, seiring berjalannya waktu Susi berhasil menguasai pelelangan ikan di Pangandaran bahkan hingga melakukan ekspor ikan dan lobster.

Selain usaha ikan, ia juga memiliki usaha sukses lainnya yang sebenarnya berkaitan dengan usaha perikanan miliknya. Karena pada awalnya ia mengalami kesulitan dalam pengiriman ikan yang lambat apabila menggunakan darat dan laut, karenanya Susi membeli sebuah pesawat melalui dana pinjaman untuk mengangkut produk lautnya dan akhirnya berkembang dan membuat ia memiliki maskapai Susi Air untuk melayani rute pedalaman dan carter pribadi.

Itulah 3 dari sekian banyak wirausahawan sukses yang memulai segala usahanya dari titik terbawah atau dari nol. Bagaimana sekarang sudah mulai tertarik untuk berkecimpung dalam dunia usaha? 

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

pinjaman modal usaha

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]