Sebenarnya Apa Sih Definisi Sukses Bagimu?

0
18391
Definisi Sukses

Definisi sukses setiap orang berbeda. Namun, sukses merupakan status yang menunjukkan bahwa Anda telah mencapai sesuatu. Sukses juga bisa menjadi status sosial tertentu yang menggambarkan kemakmuran atau mendapatkan ketenaran. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kesuksesan dapat diartikan sebagai keberhasilan atau keberuntungan.

Definisi Sukses, Kekayaan atau Jabatan?

Lantas, bagaimana mendefinisikan kesuksesan dalam hidup?

Satu-satunya orang yang bisa menjawab pertanyaan tersebut adalah Anda. Pasalnya, tidak mungkin ada definisi kesuksesan yang cocok untuk semua orang. Sebagian orang menganggap dirinya sukses jika memiliki mobil mewah, jabatan tinggi, dan rumah besar, sedangkan yang lain menganggap kehidupan penuh kegembiraan dan kebahagiaan sebagai makna kesuksesan sesungguhnya. 

Sebenarnya, arti sukses melampaui definisi umum dari kesuksesan itu sendiri, seperti memiliki banyak uang, mendapatkan gelar, dan menjadi kaya. Kesuksesan sejati tidak dapat diukur dengan faktor tersebut, melainkan dengan jumlah orang yang mampu menjalani kehidupan lebih baik dan maju karena diri Anda.  

Sebelum mendefinisikan sukses versi Anda, sangat penting untuk menyadari apa arti pencapaian dan kesuksesan secara umum. Pencapaian sering dikaitkan dengan kesuksesan, tetapi tidak sama. Pencapaian mengacu pada hasil yang diinginkan, sedangkan sukses adalah konsekuensi positif dari pencapaian. Singkatnya, pencapaian dapat dilihat sebagai proses untuk menjadi sukses.

Arti Sukses Menurut Tokoh

Media dan masyarakat sering menyimpulkan bahwa menjalani hidup yang sukses berarti menjadi kaya dan memiliki banyak benda berwujud. Namun, makna sukses adalah menjalani hidup bahagia dan menjadikan dunia sebagai tempat yang untuk semua orang.

Hal tersebut berlaku pula pada sejumlah tokoh yang dicap sukses lantaran meraih posisi penting di perusahaan ataupun mendirikan perusahaannya sendiri.

Bill Gates, Warren Buffet, dan Mark Zuckerberg menilai bahwa kesuksesan tidak melulu mengenai tahta atau harta karena ada hal yang tampak sederhana, tetapi sangat bernilai dan tidak dapat dibeli dengan uang. 

Layaknya Bill Gates yang mendefinisikan kesuksesan dengan kebahagiaan. Bukan harta yang melimpah atau ketenaran yang menjadi tolak ukur setiap pencapaiannya, tetapi kebahagiaan. Salah satu orang terkaya di dunia ini menganggap bahwa kebahagiaan mampu mendatangkan kekayaan. Bukan sebaliknya. 

Jika sukses versi Bill Gates berpatokan pada kebahagiaa, maka bagi Warren Buffet tolak ukur kesuksesan dapat dilihat dari jumlah orang yang mencintai dirinya. Sementara Mark Zuckerberg menyebut bahwa kesuksesan tak lepas dari kegagalan. Kegagalan merupakan bagian dari proses menuju sukses. Dari kegagalan, manusia bisa belajar banyak untuk mencapai tujuan.

Baca juga: 3 Wirausahawan Sukses dan Inspiratif

Ron Cordes, pendiri Cordes Foundation yang fokus pada investasi dan kewirausahaan sosial ini mengartikan sukses sebagai jalan untuk menemukan dan menjalani tujuan hidup sehingga dapat meninggalkan warisan abadi yang bisa membuat perbedaan di dunia. 

Definisi sukses bagi Kara Goldin, CEO Hint Water adalah mengetahui bahwa apa yang dilakukan dapat membantu diri sendiri dan orang lain menjalani hidup lebih baik, bahagia, dan sehat.

Sementara Raj Sisodia, profesor di Babson College sekaligus salah satu pendiri Conscious Capitalism menganggap dirinya sukses apabila berhasil menginspirasi dan memberikan dampak positif pada kehidupan orang lain. Hal senada juga dikatakan oleh David Kidder, CEO Bionic. Manusia dapat dikatakan sukses apabila berhasil memberikan dampak positif pada kehidupan orang lain dan dunia.

Dari penjabaran di atas, dapat disimpulkan bahwa kesuksesan bukan hanya mengenai berapa banyak uang yang dimiliki, seberapa tinggi jabatan atau popularitas Anda, tetapi bagaimana Anda menyikapi hidup penuh rasa syukur, bahagia, dan bermanfaat bagi orang lain.

Bagaimana Cara Meraih Kesuksesan? 

Sebagaimana diketahui, tidak ada kesuksesan yang instan. Bahkan, proses mencapai kesukseskan terkadang amat melelahkan. Untuk meraihnya, Anda harus menetapkan tujuan lebih dulu. Apa saja sasaran yang ingin dicapai, bagaimana strategi terbaik, dan langkah yang akan Anda ambil jika mengalami kendala selama proses berlangsung. 

Agar lebih fokus dan tepat sasaran, bagi tujuan utama Anda menjadi beberapa subtujuan. Pastikan juga untuk meningkatkan kemampuan, selalu optimis dan berpikir positif, tidak mudah menyerah ataupun putus asa, disiplin, dan bersemangat. Dengan begitu, Anda bisa meraih kesuksesan yang selama ini didambakan. 

Demikianlah informasi yang dapat dijadikan sebagai inspirasi menggapai tujuan hidup. Dengan memahami bagaimana orang lain mengukur kesuksesan, Anda akan lebih mudah menemukan definisi sukses bagi diri sendiri.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]