Ini 7 Tips Jualan Online yang Paling Efektif Untuk Cari Pelanggan!

1
1332
Tips Jualan Online

Tips Jualan Online – Perkembangan bisnis online atau berjualan secara online memang mengalami peningkatan yang cukup baik selama beberapa tahun belakangan. Bagi para konsumen juga untuk mencari barang mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki juga semua dapat ditemukan dengan mudah secara online. 

Tetapi, meski peluang pada bisnis terbuka lebar untuk siapapun, tidak semua mengalami kesuksesan seperti yang diharapkan ada yang gagal, ada yang berhasil. Untuk keberhasilan yang diraih juga tidak semudah membalikan telapak tangan.

Karenanya di bawah ini kita akan membahas tips jualan online yang tepat sehingga bisa mendapatkan kesuksesan dengan lebih mudah.

7 Tips Jualan Online Bagi Pemula

  • Mengenali Nilai Jual dari Produk

Tentu banyak dari kalian sebagai pemilik bisnis atau usaha bertanya-bertanya mengenai kelebihan dari produk yang dimiliki? Pasti hal-hal yang sering muncul seperti apakah harganya sudah terjangkau atau apakah kualitasnya sudah cukup baik, tentu pemikiran tersebut yang paling sering terlintas di benak kita.

Sekarang kita ubah polanya menjadi, apakah kelebihan produk kita yang tidak dimiliki oleh kompetitor? Dengan pola seperti itu tentu akan membuat kamu berpikir lebih keras, karena di situ berarti kamu akan mencari jawaban terkait nilai jual produk atau unique selling points (USP).

Dengan memahami serta mengetahui mengenai unique selling point yang kita miliki tentu nantinya akan memiliki peran penting sebagai pembeda bisnismu dengan kompetitor. Untuk menemukan apa Unique Selling Point yang kita miliki kamu dapat memposisikan diri sebagai calon konsumen. Pikirkan apa yang benar-benar dibutuhkan olehmu apakah mengenai produknya atau malah dari sisi pelayanannya?

Ketika kamu sudah menemukan beberapa USP yang menurut kamu baik, maka langkah selanjutnya bisa menyesuaikan USP tersebut dengan selera konsumen, kebiasaan konsumen hingga trend yang sedang berkembang. Dengan mengkombinasikan hal-hal tersebut, maka nanti hasilnya akan sesuai dan tepat dengan konsumen.

  • Membuat Website/Blog Toko Online Sendiri

Tentu ada yang menganggap tidak memerlukan untuk membuat toko online sendiri karena sekarang banyak marketplace atau e-commerce yang menyediakan serta mempermudah orang-orang untuk berjualan online, lalu kenapa harus membuatnya sendiri?

Marketplace ini memang relatif lebih mudah untuk digunakan dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuat akun dan memulai bisnismu. Tetapi, justru dengan kemudahan itu membuat marketplace ini memiliki banyak pesaing yang tentunya membuat kamu akan berebut calon pelanggan dan akhirnya membuat kita memasang harga yang termurah hingga membutuhkan waktu yang lama untuk membangun reputasi melalui rating dan review.

Namun, setelah melakukan proses tersebut brand kamu tetap belum dikenal secara baik. Mereka tentu hanya mengingat marketplace yang digunakannya dibandingkan dari merk produk milikmu. Karenanya penting untuk memiliki website sendiri untuk lebih mengenalkan merk serta produk milikmu.

  • Mempelajari dan Memahami Data

Data adalah salah satu hal terpenting dalam bisnis. Dengan mempelajari data yang berkaitan dengan bisnis terutama terkait data soal penjualan dan data yang berhubungan dengan upaya promosi. 

Yang pertama terkait data soal penjualan, dimana data ini otomatis dapat ditarik melalui CMS yang digunakan. Dari data tersebut kamu dapat mengetahui mana penjualan online yang paling laris, mana produk yang paling disukai hingga kapan penjualanmu sedang mengalami penurunan.

Setelah data-data tersebut di collect, maka kamu dapat melakukan riset produk untuk mengatasi segala permasalahan serta mengembangkan bisnis tersebut melalui data. 

  • Gunakan Content Marketing

Content marketing merupakan suatu teknik promosi dimana akan bertumpu pada pembuatan konten. Konten yang dibuat ini harus relevan, mengerti mau konsumen, bermanfaat dan tentunya dapat menarik audiens dalam jangka panjang.

Semakin informatif dan menarik isi dari konten tersebut, maka akan semakin besar juga kemungkinan untuk ditemukan oleh konsumen. Tetapi, informasi yang diberikan melalui konten ini juga tidak hanya harus informatif dan menarik tetapi, harus dioptimasi menggunakan SEO atau Search Engine Optimization.

Kenapa harus menggunakan SEO? Apabila kamu ingin mengoptimalkan bisnismu secara online SEO adalah hal yang wajib dilakukan untuk dapat menggaet banyak konsumen. Selain itu, Google juga akan lebih memprioritaskan artikel yang informatif serta SEO Friendly agar dapat diberikan ranking yang tertinggi.

  • Aktif di Media Sosial

Salah satu tips jualan online yang paling ampuh adalah ini. Walaupun kita sudah memiliki website dan blog untuk memasarkan produk atau jasa kita, jangan lupa untuk tetap menggunakan sosial media untuk mempromosikannya lagi. Mengapa tetap harus menggunakan sosial media? Dari sini kamu dapat berkomunikasi lebih baik kepada calon pelanggan.Setelah melakukan komunikasi, tentu para calon konsumen akan merasa lebih dekat dengan penjual. 

Seperti yang kita ketahui bahwa kekuatan dari sosial media di era seperti sekarang memang sangat powerful dimana banyak orang mengandalkan sosial media untuk banyak kebutuhan mulai dari sekedar bertukar informasi hingga melakukan belanja secara online.

Karenanya saat ingin jualan online pastikan untuk memanfaatkan sosial media dengan baik apabila dilakukan dengan benar dan tepat, maka sosial media ini bisa menjadi ‘senjata terbaik’ dalam mengembangkan usahamu.

Bagi kamu yang memiliki budget lebih, melalui sosial media juga kamu dapat menggunakan iklan secara berbayar untuk menjangkau audiens lebih tertarget. 

Baca juga: 5 Panduan Mudah Belajar Bisnis Online

  • Gunakan Word of Mouth

Ada sosial media bukan berarti peran Word of Mouth Marketing tersisihkan. Dengan cara inilah pelanggan merasa lebih percaya dengan apa yang diberitahu teman, saudara atau keluarga terkait produk atau jasa yang pernah digunakannya.

Faktanya banyak yang menganggap cara ini adalah cara yang lebih baik dibandingkan paid marketing. Karenanya, banyak para pebisnis yang mulai meningkatkan Word of Mouth Marketing secara online.

  • Berikan Promo

Siapa yang tidak suka promo? Semua tentu suka potongan harga. Itulah alasan mengapa kamu harus memanfaatkan promo sebagai strategi marketing kamu. 

Promo ini sangat ampuh apabila digunakan untuk mereka yang baru memiliki usaha dimana fokusnya mencari perhatian calon konsumen. Namun, saat memberikan promo ini perlu tahapan yang harus dilakukan tidak asal memberikan promo.

Maksud asal di sini adalah memberikan promo tanpa memperhatikan biaya serta pemasukan yang tidak berbanding sehingga bukannya membuat kamu untung tetapi malah membuat kamu buntung. 

Dari banyak tips dan trik jualan online di atas tidak semua harus kamu lakukan kok, tinggal bagaimana menyesuaikan tips jualan online di atas sesuai dengan bisnismu. Semoga tips jualan online di atas bisa membantu kamu mengembangkan bisnismu ya!

Jangan Lupa Untuk Menyisihkan Keuntungan dari Bisnismu untuk Dikembangkan di Platform P2P Lending Akseleran

Bagi kamu yang ingin memiliki pendapatan lebih di luar dari keuntungan yang kamu dapatkan dari bisnismu, melakukan pendanaan di Akseleran bisa menjadi pilihannya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.