10 Cara Meningkatkan Penjualan Online yang Paling Ampuh

0
2155
Cara Meningkatkan Jualan Online

Cara meningkatkan penjualan online menjadi salah satu pembahasan yang banyak dicari di internet saat ini. Bahkan, menurut pakar perdagangan dan pembangunan PBB, UNCTAD, sektor eCommerce berhasil mengalami peningkatan yang dramatis di semua lini penjualan ritel, dari yang awalnya hanya 16 persen menjadi 19 persen pada tahun 2020. Peningkatan itu juga didukung oleh naiknya aktivitas online selama pandemi COVID-19. 

Oleh karenanya, jangan lewatkan peluang tersebut dan coba tingkatkan penjualan online Anda sekarang juga! Ikuti 10 cara meningkatkan penjualan online di bawah ini.

  • Pahami Siapa Target Audience Anda

Untuk memastikan bahwa Anda membuat keputusan yang tepat tentang produk dan aktivitas pemasaran online yang hendak dijalankan, pertama-tama pahami dahulu siapa pelanggan Anda. Manfaatkan berbagai tool analisis dan sistem point-of-sale (POS) untuk mengidentifikasi pola dan preferensi pembelian yang dilakukan oleh pelanggan. 

  • Cari Tahu Bagaimana Customer Menemukan Toko Online Anda

Cara meningkatkan penjualan online yang berikutnya adalah mencari tahu bagaimana pelanggan menemukan toko Anda. Cara mudahnya bisa dengan memanfaatkan tool seperti Google Analytics misalnya, untuk meneliti bagaimana pelanggan, yang akhirnya melakukan pembelian di toko Anda, bisa menemukan toko tersebut. 

  • Temukan Sesuatu yang Membuat Toko Anda Terlihat Lebih Unik 

Kira-kira, apa yang bisa ditawarkan toko Anda, tetapi tidak bisa diberikan orang lain? Lalu, apa cerita di balik toko Anda, produk Anda, dan diri Anda sendiri sebagai founder-nya? Setelah Anda tahu apa yang membuat toko online Anda berbeda, selanjutnya hanya tinggal menyusun strategi pemasaran digital yang tepat. Keunikan-keunikan tersebut juga bisa Anda masukkan ke dalam tagline toko, menyorotnya di homepage, atau bahkan mengumumkannya di iklan media sosial.

  • Permudah Proses Pembelian Produk 

Buat proses pencarian hingga pembelian di toko online Anda jadi semudah mungkin bagi pelanggan. Karena pada kebanyakan kasus, toko online dengan customer experience yang rumit akan membuat calon pelanggan hanya mengakses situs web dan kemudian pergi tanpa membeli. Dalam hal ini, sektor yang umumnya diperbaiki untuk meningkatkan pengalaman pelanggan adalah fitur pencarian di situs web, navigasi produk, dan halaman checkout.

  • Perbaiki Layanan Pelanggan di Toko Online Anda 

Cara meningkatkan penjualan online yang kelima adalah memperbaiki layanan pelanggan di toko Anda. Karena bagaimanapun, pelanggan pasti akan sangat menghargai toko dengan customer service yang tanggap dan tepercaya. Menurut laporan Zendesk (perusahaan software customer service), 84% responden survei menyatakan bahwa layanan pelanggan adalah faktor kunci ketika memutuskan untuk membeli di sebuah toko online.

  • Sediakan Fitur Chat di Situs Web Anda

Pelanggan akan sangat mengandalkan fitur chat untuk berkomunikasi dengan Anda. Maka dari itu, apabila Anda tidak memiliki fitur chat, tambahkan satu ke situs web Anda. Sertakan pula fitur penjawab otomatis untuk memberi tahu pelanggan kapan Anda akan membalas pesan mereka. 

  • Bikin Proses Checkout yang Sederhana 

Untuk cara meningkatkan penjualan online yang berikutnya, buatlah proses checkout yang super simpel. Sebagai contoh, Anda bisa menawarkan opsi guest checkout sehingga pelanggan dapat membeli produk Anda tanpa harus mendaftar akun terlebih dahulu. Kemudian, pastikan teks di halaman checkout tetap pendek dan ringkas. 

  • Pilih Platform eCommerce yang Tepat

Selanjutnya, pilih platform yang memiliki proses dan fitur manajemen yang simpel sehingga pelanggan dapat dengan mudah menavigasi akun toko online Anda. Dengan begitu, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengembangkan bisnis, tanpa harus terbebani dengan pengembangan fitur.

Baca juga: Ini 7 Tips Jualan Online yang Paling Efektif Untuk Cari Pelanggan!

  • Jangan Lupakan SEO!

Sebuah studi yang dilansir oleh Statista pada 2019 menemukan bahwa pencarian menghasilkan 65% dari semua sesi penjualan di eCommerce. Artinya, jika ingin toko online Anda lebih terlihat oleh target audience, bantu mereka untuk lebih mudah menemukannya di halaman pencarian. Oleh karenanya, jangan lupakan SEO! 

  •  Lebih Aktif di Media Sosial 

Untuk membantu lebih banyak pelanggan baru menemukan toko online Anda, lebih aktiflah di media sosial. Bagikan konten-konten yang menarik bagi target audience Anda dan lakukan itu secara konsisten. Oleh karena itu, mulai bagikan gambar atau video berkualitas tinggi dari semua produk Anda di media sosial untuk menarik lebih banyak customer potensial. 

Itulah sepuluh cara meningkatkan penjualan online yang bisa Anda ikuti. Pastikan untuk melakukan setiap stepnya secara konsisten sehingga toko online Anda bisa memberikan customer experience yang baik. Karena makin baik pengalaman pelanggan yang Anda berikan, makin mudah untuk mengonversinya jadi penjualan. 

Jika Kamu Membutuhkan Dana Untuk Melakukan Promosi atau Untuk Kebutuhan Lain, Mengajukan Pinjaman Melalui Akseleran Bisa Menjadi Pilihannya!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehcingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]