Perhatikan Ini Sebelum dan Sesudah Menerima Vaksin Covid-19

0
525

Pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat dipercepat dan diperluas seiring masih tingginya angka kasus Covid-19 di Indonesia. Informasi tentang penyelenggara vaksinasi secara gratis pun ramai dicari warga. Berikut ini beberapa tips untuk Sobat yang sedang bersiap mendapatkan vaksin Covid-19.

Sebelum Menerima Vaksinasi

UNICEF mengingatkan, bagi orang dengan kondisi kesehatan tertentu disarankan tidak menerima vaksin Covid-19. Beberapa kondisi tersebut antara lain: 

– Jika kamu mempunyai riwayat reaksi alergi terhadap komponen vaksin Covid-19.

– Jika kamu sedang sakit atau mengalami gejala Covid-19 (kamu tetap bisa menerima vaksin setelah sembuh dan diizinkan oleh dokter).

Berkonsultasilah dengan dokter jika kamu pernah mengalami beberapa reaksi alergi terhadap vaksin apapun. Beristirahatlah yang cukup dan minum banyak air putih sebelum divaksin agar tubuhmu berada dalam kondisi terbaik saat vaksinasi. 

Pada Saat Jadwal Vaksinasi

Jangan lupa makan secukupnya ya, Sobat sebelum kamu mengantri untuk vaksinasi. Tetap terapkan protokol kesehatan, antara lain dengan mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak saat menunggu giliran vaksinasi. 

Komunikasikan kepada petugas medis apabila kamu memiliki kondisi kesehatan yang perlu diperhatikan, misalnya yang berkaitan dengan kehamilan atau sistem imun. 

Kamu akan mendapatkan kartu vaksinasi setelah menerima vaksin Covid-19. Simpan baik-baik kartu tersebut jika di kemudian hari kamu memerlukannya.

Setelah Divaksinasi

Jangan buru-buru langsung pulang. Petugas medis akan memantau Sobat kurang lebih 15 menit setelah penerimaan vaksin. Hal ini untuk memastikan kamu tidak memiliki reaksi langsung atas vaksin. 

Vaksin dirancang untuk memberikan kekebalan tubuh tanpa bahaya terkena penyakit. Meski normal untuk menumbuhkan imunitas tanpa efek samping, namun beberapa efek samping ringan bisa dialami dan dapat hilang setelah beberapa hari tergantung kondisi masing-masing. 

Satgas Covid-19 Nasional menjelaskan reaksi setelah vaksinasi atau dikenal juga dengan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) kalaupun terjadi adalah hal yang wajar. Reaksi yang terjadi biasanya menandakan vaksin sedang bekerja di dalam tubuh kita. Sistem daya tahan tubuh sedang belajar cara melindungi diri dari penyakit.

Berdasarkan informasi Satgas Covid-19, KIPI antara lain:

  • Nyeri pada lengan di tempat suntikan
  • Nyeri sendi
  • Menggigil
  • Mual atau muntah
  • Rasa lelah
  • Demam (ditandai dengan suhu di atas 37,8 C)
  • Dapat pula gejala mirip flu, menggigil selama 1-2 hari

Jika mengalami gejala ringan, kamu dianjurkan beristirahat dan jika dibutuhkan, meminum obat penurun panas (sesuai dosis yang dianjurkan) serta perbanyak minum air putih. Jika terdapat rasa nyeri di tempat suntikan, tetap gerakkan dan gunakan lengan seperti biasa. Apabila perlu, kompres bagian yang nyeri dengan kain bersih yang dibasahi dengan air dingin.

Jangan lupa, setelah vaksinasi tetap terapkan protokol kesehatan dan menjaga hidup sehat.  

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]