Tips Belanja Banyak Tanpa Merasa Bersalah

0
2098

Sobat pernah kalap belanja ketika di mall atau pusat perbelanjaan, namun sesampai di rumah merasa bersalah? Entah karena tergiur adanya potongan harga atau diskon, bahkan membeli barang yang tidak sesuai kebutuhan yang akhirnya membuat kantong jebol atau melebihi bujet yang telah dibuat?

Sob, sebenarnya ada nih tips belanja banyak tanpa merasa bersalah. Mengutip buku MoneySmart Parent: Panduan Praktis Perencanaan Keuangan Orangtua Baru, terdapat lima tips.

Berikut tipsnya!

1. Gunakan uang dari pos gaya hidup
Langkah awal yang perlu dilakukan adalah, Sobat perlu menggunakan uang yang memang sudah masuk dalam pos gaya hidup setiap bulannya. Artinya, alangkah bijaknya Sobat sudah membuat pos-pos pengeluaran tersendiri. Hal ini tentu akan mendorong Sobat untuk lebih terkontrol atau tidak belanja melebihi pos yang sudah buat.

2. Alokasikan 10%-20% untuk belanja
Jika Sobat memiliki hobi berbelanja, usahakan membuat pos belanja sebesar 10%-20% setiap bulannya. Hal ini guna mengontrol pengeluaran yang tidak terlalu penting, sehingga Sobat masih bisa menyisihkan untuk pos-pos lainnya untuk masa depan.

Baca Juga:
Cara Berhemat Saat Weekend
Strategi Menyiapkan Biaya Perawatan Kendaraan

3. Hindari penggunaan cicilan 0% yang belum lunas
Penawaran cicilan 0% tentu membuat “mata melotot”, tetapi Sobat perlu cermat dalam memanfaatkan promo tersebut. Terutama, apakah barang yang akan dibeli akan digunakan dalam waktu dekat? Apakah cicilan sebelumnya sudah lunas? Jika tidak, nantinya barang tidak terpakai dan cicilan tiap bulannya akan bertambah karena adanya penggabungan cicilan atas pembelian barang sebelumnya.

4. Membuat rekening belanja sendiri
Membuat perencanaan keuangan bagi yang sudah menikah tentu akan lebih kompleks, terlebih jika sudah memiliki anak. Nah, bagi Sobat yang sudah menikah tapi hobi belanja belum juga menurun, Sobat perlu membuat rekening belanja sendiri. Hal ini untuk memudahkan ketika bertransaksi dalam memenuhi hobi belanja. Artinya, selain pasangan yang akan mengontrol belanja tetapi juga kartu debit secara otomatis akan mengingatkan jika saldo tidak cukup.

Tak hanya itu, rekening belanja sendiri juga bisa digunakan tanpa harus minta izin pasangan, tetapi jumlah saldo yang disimpan pada rekening ini harus sesuai kesepakatan bersama ya!

5. Maksimalkan promo
Memaksimalkan promo yang dimaksud adalah tetap mempertimbangkan kebutuhan dan promo yang ada. Artinya, bukan berarti Sobat langsung kalap belanja saat ada promo atau diskon. Yang paling utama adalah, sebisa mungkin jangan sampai berutang.

Sob, itulah tips belanja banyak tanpa merasa bersalah yang bisa Sobat terapkan. Well, daripada mengikuti hobi belanja, alangkah baiknya mengembangkan dana agar masa depan lebih terukur dan terarah. Caranya? Menjadi pemberi pinjaman (lender) di Akseleran. Akseleran adalah Peer to Peer (P2P) Lending yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga dalam setiap transaksinya terjamin. Selain itu, memberikan imbal hasil hingga mencapai 21% per tahun dan bisa mulai dari Rp100 ribu.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]