5 Syarat Bayar Pajak Motor untuk Kamu yang Masih Bingung

1
37298
Syarat Bayar Pajak Motor

Aturan perundang-undangan di Indonesia mewajibkan setiap pemilik kendaraan bermotor untuk membayar pajak. Pada praktiknya, Anda akan menemukan kewajiban tidak hanya terkait pembayaran pajak tahunan, tetapi juga pajak 5 tahunan. Pembayaran keduanya dapat dilakukan pada tempat yang sama, yakni Kantor Samsat terdekat. Namun, syarat bayar pajak motor tahunan beda dengan pajak 5 tahunan. 

Pembayaran pajak motor harus Anda lakukan tepat waktu. Apalagi, keterlambatan tidak hanya menimbulkan denda yang nilainya mencapai 25%. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh surat tilang ketika ada razia dari petugas kepolisian. Agar terhindar dari permasalahan tersebut, pastikan untuk melakukan pembayaran pajak sebelum batas waktu yang dapat dilihat pada STNK dan Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP). 

Cara pembayaran pajak kendaraan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Kalau ingin cara ringkas, Anda bisa memakai aplikasi Samsat Online Nasional (Samolnas). Selain itu, ada pula opsi untuk membayar pajak ke Kantor Samsat terdekat, Drive Thru Samsat, Kantor Dinas Pendapatan, ataupun Kantor Pos Indonesia. Saat melakukan pembayaran, pastikan untuk mempersiapkan dokumen yang menjadi syarat bayar pajak motor terlebih dahulu. 

  • Syarat Bayar Pajak Motor Tahunan

Untuk pembayaran pajak motor tahunan, syarat yang diperlukan tidak terlalu banyak. Secara umum, Anda dapat mempersiapkan tiga dokumen utama, yaitu: 

  1. KTP asli pemilik motor beserta fotokopinya
  2. STNK asli disertai fotokopinya
  3. BPKB asli dan fotokopinya

Syarat tersebut perlu dipersiapkan kalau Anda memilih untuk membayar pajak sendiri. Namun, jika proses pembayaran dilakukan oleh orang lain, Anda perlu mempersiapkan dokumen tambahan berupa surat kuasa. Dokumen ini juga diperlukan ketika Anda akan membayar pajak sepeda motor milik perusahaan. 

  • Syarat Bayar Pajak Motor 5 Tahunan

Pengurusan pajak 5 tahunan beda kalau dibandingkan dengan pajak tahunan. Anda tidak hanya perlu membayar pajak, tetapi juga disertai penggantian plat nomor serta penerbitan STNK baru. Oleh karena itu, biaya yang perlu dibayarkan juga jauh lebih banyak dibandingkan pajak sepeda motor tahunan. 

Tidak hanya mempunyai nominal pembayaran lebih banyak, Anda juga perlu mempersiapkan syarat bayar pajak motor 5 tahunan yang lebih banyak. Setidaknya, ada lima persyaratan yang perlu dipersiapkan, yakni: 

  1. KTP asli pemilik kendaraan beserta fotokopinya
  2. BPKB asli dan fotokopinya
  3. STNK asli beserta fotokopinya
  4. Sepeda motor
  5. Formulir perpanjangan STNK

Tahapan Pembayaran Pajak Motor 5 Tahunan

Ketika membayar pajak sepeda motor tahunan, tahapan yang perlu dilalui tidak banyak. Anda bisa datang ke loket pembayaran dan menunggu antrean. Proses tersebut bisa berlangsung singkat, tak lebih dari 5 menit. Namun, situasinya bakal berbeda ketika Anda ingin membayar pajak motor 5 tahunan. 

Setelah mempersiapkan syarat bayar pajak motor seperti yang telah disebutkan, ada beberapa tahapan yang perlu dilalui, yaitu: 

  • Cek fisik

Langkah pertama adalah mengecek fisik kendaraan. Anda pun akan diminta untuk membawa sepeda motor ke lokasi cek fisik. Proses pengecekan tidak Anda lakukan sendiri, tetapi oleh petugas. Selesai cek fisik, Anda akan memperoleh dokumen hasil pengecekan. Di dalamnya, terdapat kolom untuk pengisian identitas kendaraan serta pemiliknya. 

  • Penyerahan dan legalisasi formulir perpanjangan STNK

Tahap selanjutnya adalah menyerahkan formulir perpanjangan STNK disertai dengan persyaratan yang telah dipersiapkan dan hasil cek fisik. Petugas akan memeriksa kelengkapan dokumen dan mengembalikan BPKB. Berkas-berkas tersebut bakal melalui tahapan legalisasi oleh petugas. Tunggu sampai Anda mendengar panggilan. 

  • Pembayaran pajak

Kalau sudah melewati tahapan legalisasi, Anda selanjutnya perlu menuju ke loket perpanjangan STNK. Anda akan memperoleh nomor antre pembayaran. Biaya-biaya yang perlu dibayarkan tak hanya pajak motor, tetapi juga biaya penerbitan STNK, SWDKLLJ, serta penerbitan TNKB. 

Baca juga: Bayar Pajak Online? Mudah Kok Ini Caranya!

  • Penerimaan STNK

Setelah melakukan pembayaran pajak, Anda dapat menunggu proses pencetakan STNK baru. Tahapan ini berlangsung cukup singkat dan dapat ditunggu selama beberapa menit. 

  • Pengambilan plat nomor baru

Berbeda dengan STNK, Anda akan perlu menunggu waktu lebih lama ketika ingin mengambil plat nomor baru. 

Secara keseluruhan, proses pembayaran pajak 5 tahunan biasanya memakan waktu sekitar 2 – 3 jam. Oleh karena itu, biar tidak ada waktu terbuang, pastikan Anda mempersiapkan syarat bayar pajak motor secara lengkap terlebih dahulu. Semoga bermanfaat, ya. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.