Sebelum Membeli Ikuti 5 Tips Membeli Rumah Ini!

1
1227
Tips Membeli Rumah

Tempat tinggal atau lebih tepatnya rumah adalah salah satu kebutuhan yang primer bagi banyak orang. Namun, saat orang ingin membeli sebuah rumah dibutuhkan banyak hal agar yakin bahwa rumah tersebut merupakan rumah yang baik dari segala sisi mulai dari lokasinya, kenyamanannya ataupun harganya.

Bagi kamu yang baru pertama kali ingin membeli rumah tentunya dibutuhkan informasi yang benar-benar akurat terkait rumah tersebut, karena itu dibutuhkan sebuah informasi serta tips membeli rumah sebelum memutuskan untuk membeli rumah yang diinginkan.

Berikut beberapa tips membeli rumah yang bisa dijadikan referensi untukmu.

5 Tips Membeli Rumah yang Wajib Dilakukan

  • Melakukan Perhitungan dengan Lebih Teliti

Saat ingin membeli sebuah tempat tinggal tentunya dibutuhkan ketelitian mengingat membeli rumah merupakan membeli sesuatu yang memiliki nilai jangka panjang. Karena itu, baiknya kamu dapat lebih cermat untuk melakukan perhitungan mulai dari berapa dana yang perlu dikeluarkan saat ingin membeli rumah. Perhitungan tersebut melakukan perhitungan seperti uang cicilan, pajak, bunga, asuransi dan biaya-biaya lainnya.

Seringkali ditemukan permasalahan terkait adanya penawaran rumah dengan nol dp namun cicilan per bulannya selangit ataupun sebaliknya. Penting untuk kamu melakukan perhitungan dengan lebih teliti. Mulai dari memastikan bahwa cicilan tersebut tidak lebih dari 30% dari pendapatan baik itu kamu yang masih sendiri maupun berpasangan.

  • Membandingkan Sumber Pinjaman

Tentunya saat mengajukan untuk membeli sebuah rumah, maka pihak developer akan menawarkan beberapa pilihan baik itu cicilan maupun KPR, pastikan kamu membandingkan segala tawaran yang ada dan disediakan oleh bank. Biasanya setiap bank ini akan memberikan skema yang berbeda-beda mulai dari apakah menggunakan bunga yang fixed, floating maupun lainnya. 

Jangan takut untuk menanyakan terkait skema-skema yang ditawarkan sejelas-jelasnya agar tidak ada ‘skema baru’ yang muncul di tengah-tengah KPR yang sudah berjalan.

  • Memiliki Riwayat Kredit yang Baik

Biasanya saat sudah memutuskan ingin membeli rumah tanpa disadari kamu juga sudah siap bahwa kamu kembali akan melakukan pinjaman. Namun, beberapa dari mereka juga mengajukan pertama kalinya saat melakukan pembelian rumah ini. Tips yang satu ini lebih ditujukan kepada mereka yang ingin mengajukan pinjaman untuk kesekian kalinya saat ingin membeli rumah yaitu memastikan bahwa riwayat kredit sebelumnya atau yang sedang berjalan memiliki riwayat yang baik.

Kenapa? Karena proses KPR atau pencairan pinjaman ini dapat terganggu apabila kamu memiliki riwayat kredit yang tidak cukup baik sebelumnya. Apakah kamu pernah telat dalam melakukan pembayaran kartu kredit, apakah ku pernah telat melakukan pembayaran kredit kendaraan dan sebagainya. Oleh karena itu, penting untuk memastikan hal ini sebelum ingin membeli rumah. 

Baca juga: 4 Tips Memperbaiki Skor Kredit yang Bermasalah

  • Melakukan Survey Lingkungan Rumah

Ini juga adalah hal penting yang harus diperhatikan saat ingin membeli sebuah rumah. Lingkungan rumah merupakan salah satu inti dari nilai sebuah properti tersebut. Karena itu sebelum membelinya pastikan terlebih dahulu bahwa lokasi yang dipilih memiliki prospek yang baik dalam beberapa tahun ke depannya.

Kamu harus melihat dan menyesuaikan lokasi yang dipilih dengan pola hidup dari kamu serta keluarga. Selain itu dengan memilih lingkungan rumah yang tepat dan juga agar properti tersebut dapat memiliki nilai yang baik di masa depan.

  • Memilih Rumah dengan Lebih Tepat

Pastikan memilih sebuah rumah tidak berdasarkan satu hal seperti kamu membeli sebuah rumah hanya karena besar. Sebagai contoh apabila kamu membeli sebuah rumah yang besar sedangkan rata-rata di kawasan tersebut rumahnya kecil, maka hal tersebut dapat membuat harga rumah yang kamu beli tersebut memiliki nilai yang kecil.

Hal penting lainnya juga membeli sebuah rumah bukanlah soal ukuran dan ‘kecantikan’ dari rumah tersebut namun ada hal lain yang perlu diperhatikan seperti dari lokasi, struktur dan hal lainnya yang dapat membuat rumah tersebut memiliki nilai yang tinggi dan berkembang cepat. 

Bagaimana tips membeli rumah di atas sudah membantu banyak kamu dalam rencana pembelian rumah pertamamu? Jika sudah yakin jangan lupa untuk mempersiapkan dananya ya!

Jika kamu ingin mengoptimalkan dana untuk membeli sebuah rumah atau dp dari rumah impianmu, maka kamu dapat menggunakan Akseleran sebagai platform pengembangan danamu.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.