Mudahnya Membayar Pajak Mobil dengan Syarat Ini!

2
2454
Syarat Bayar Pajak Mobil

Sebagai warga negara yang baik, Anda harus membayar pajak tepat waktu. Terlebih, pajak untuk kendaraan roda empat yang biasa dikendarai sehari-hari. Pemerintah pun telah menyediakan berbagai kemudahan bagi para pemilik mobil ketika ingin membayarkan pajak. Pembayarannya bisa dilakukan secara online ataupun offline. 

Saat melakukan pembayaran pajak, Anda harus mempersiapkan segala persyaratannya dengan komplet. Perlu Anda ketahui bahwa syarat bayar pajak mobil tahunan beda jika dibandingkan dengan pengurusan pajak mobil 5 tahunan. Alasannya, pajak 5 tahunan juga disertai dengan penggantian plat nomor dan STNK. 

Syarat Bayar Pajak Mobil yang Harus Dipersiapkan

Kalau ingin membayar pajak kendaraan, baik pajak tahunan ataupun pajak 5 tahunan, Anda perlu terlebih dahulu mengetahui persyaratannya. Pembayaran pajak mobil tahunan dapat dilakukan cukup dengan tiga syarat utama, yaitu: 

  1. KTP pemilik kendaraan
  2. STNK asli disertai fotokopinya
  3. Fotokopi BPKB

Cara pembayarannya bisa Anda lakukan dengan datang secara langsung ke Kantor Samsat terdekat. Sebagai alternatif, Anda bisa pula menyerahkan syarat bayar pajak mobil tahunan dengan mendatangi Kantor Pos Indonesia atau memanfaatkan layanan pembayaran pajak kendaraan online. 

Selanjutnya, pajak 5 tahunan memerlukan tahapan yang lebih panjang dibanding pajak tahunan. Proses pengurusannya juga hanya bisa dilakukan dengan datang secara langsung ke Kantor Samsat. Syarat bayar pajak mobil 5 tahunan yang perlu dipersiapkan lebih banyak, di antaranya: 

  1. KTP pemilik kendaraan beserta fotokopinya
  2. STNK asli dan fotokopinya
  3. BPKB asli yang disertai fotokopinya
  4. Formulir perpanjangan STNK
  5. Mobil yang pajaknya ingin dibayarkan

Baca juga: Bayar Pajak Online? Mudah Kok Ini Caranya!

Tahapan Pembayaran Pajak 5 Tahunan

Syarat bayar pajak mobil seperti KTP, STNK, BPKB, serta kendaraan bisa dipersiapkan selama di rumah. Sementara itu, syarat berupa formulir perpanjangan STNK dapat Anda ambil ketika sampai di Kantor Samsat. Proses pengurusan pajak 5 tahunan biasanya cukup lama karena antreannya panjang. Waktu rata-rata yang diperlukan bisa mencapai 2 sampai 3 jam. 

Oleh karena itu, sebelum berencana mengurus pajak mobil 5 tahunan, pastikan bahwa Anda memiliki jadwal kosong. Kalaupun berada dalam situasi sangat sibuk, Anda dapat memilih untuk mewakilkan proses pengurusan kepada orang lain. Jangan lupa pula untuk menyertai persyaratan dengan syarat tambahan, yakni surat kuasa. 

Kalau sudah mempersiapkan semua persyaratan tersebut, berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda lalui:

  • Cek fisik

Saat pertama kali datang ke Kantor Samsat, Anda perlu membawa mobil ke lokasi cek fisik kendaraan yang telah disiapkan. Di situ, Anda akan menemukan petugas cek fisik yang bakal melakukan pemeriksaan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan. Tujuannya, untuk melihat kesesuaian nomor pada kendaraan dengan STNK. 

  • Pengisian formulir perpanjangan STNK

Selama menunggu tahapan cek fisik, Anda dapat mengambil formulir perpanjangan STNK. Lakukan pengisian formulir dengan data yang benar. Setelah itu, serahkan formulir tersebut disertai dengan semua persyaratan ke loket pendaftaran. Petugas akan mengecek kelengkapan, dan Anda perlu menunggu antrean panggilan. 

  • Pembayaran pajak mobil

Petugas akan melakukan panggilan kepada para pemohon perpanjangan STNK satu per satu. Saat pemanggilan tersebut, Anda akan memperoleh slip pembayaran pajak. Anda tidak akan melakukan pembayaran pada loket tempat pemanggilan itu, melainkan di loket pembayaran. 

Pada tahapan ini, Anda bisa mengetahui nominal pembayaran yang perlu dilakukan. Selain pajak tahunan, Anda juga akan dibebani biaya lainnya seperti biaya administrasi penerbitan STNK, biaya penerbitan Tanda Nomor Kendaraan (TNKB), serta Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Baca juga: Ini Kemudahan Bayar Pajak Motor Online

  • Pengambilan STNK dan Plat Nomor

Tahapan terakhir yang perlu Anda lalui saat ingin bayar pajak mobil 5 tahunan adalah mengambil STNK dan plat nomor baru. Proses pengambilannya dilaksanakan berdasarkan nomor antrean. Jadi, Anda kembali perlu menunggu panggilan petugas. 

Durasi waktu tunggunya tidak terlalu lama, berkisar antara 10 – 20 menit. Antreannya bisa sangat panjang kalau Anda mengurus pada masa pemutihan denda pajak. Oleh karena itu, pastikan memilih untuk datang pada pagi hari biar pembayaran selesai lebih cepat. 

Nah, itulah tahapan serta syarat bayar pajak mobil yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

2 COMMENTS

Comments are closed.