Bacaan Buku Inspiratif untuk Kelola Keuangan

0
1096
Broke Millenial: Stop Scraping By and Get Your Financial Life Together - Sumber Foto: www.lovelyingrey.com

Bermodalkan membaca buku, bisa mendulang rupiah? Faktanya, tidak hanya mendulang rupiah, tetapi juga menambah wawasan atau ilmu pengetahuan. Karena membaca buku-buku bermanfaat khususnya buku inspiratif untuk kelola keuangan, bisa menjadi salah satu bentuk investasi terbaik.

Untuk itu, Akseleran merekomendasikan 6 (enam) buku inspiratif untuk Sobat agar bisa mengetahui bagaimana cara mengelola dan memanfaatkan uang dengan efektif untuk mencapai kehidupan finansial yang terukur bahkan mapan.

Enam buku rekomendasi ini dipilih dari berbagai topik yang beragam agar Sobat bisa memilih pengetahuan yang paling dibutuhkan.

1. Broke Millennial: Stop Scraping by and Get Your Financial Life Together (Erin Lowry)
Kondisi keuangan yang serba “ngepas” bahkan kurang, mungkin menjadi permasalahan umum di kalangan milenial, apalagi milenial muda yang baru bekerja. Untuk terlepas dari problematika tersebut, Sobat bisa tanam pengetahuan perihal keuangan dari buku karya Erin Lowry.

Pada buku tersebut, terdapat beberapa poin penting yang ingin penulis sampaikan, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Memahami hubungan Sobat dengan uang.
  • Mengatur utang, contoh yang diberikan di sini adalah pinjaman pendidikan, namun bisa Sobat terapkan pada jenis utang apapun.
  • Budaya nongkrong dengan teman-teman.
  • Bagaimana Sobat harus jujur dengan pasangan, termasuk mengenai utang atau pinjaman.
  • Buku ini dilengkapi dengan kisah nyata, sehingga Sobat dapat dengan mudah memahami pesan yang ingin disampaikan.

2. Personal Finance for Dummies (Eric Tyson)
Bagi para pecinta buku mengelola keuangan, pasti tidak asing dengan buku karya Eric Tyson. Berkat panduan mendasar atas pengetahuan keuangan pribadi yang dituangkan Eric Tyson dalam buku ini menjadikannya populer.

Pada buku ini, Sobat akan menemukan tentang prioritas keuangan dan memahami penggunaan semua fasilitas keuangan yang Sobat miliki dengan benar.

Sebagai contohnya, ada satu bagian di buku ini yang mengatakan bahwa penggunaan kartu kredit hanyalah untuk kemudahan dan bukan untuk menambah utang. Kemudian ada juga bagian yang menjelaskan tentang pemanfaatan utang untuk hal-hal yang produktif dan memiliki nilai tambah, bukan untuk hal konsumtif.

Menariknya lagi, ada juga bagian dari buku ini yang memuat panduan agar Sobat siap menghadapi perubahan dalam hidup. Dimana perubahan ini juga akan merubah kebutuhan finansial Sobat.

Buku ini dikemas dengan Bahasa ringan sehingga mudah dipahami siapa saja. Personal Finance for Dummies merupakan buku yang cocok untuk Sobat yang baru saja mendapat pekerjaan atau untuk Sobat yang baru mulai memperbaiki kondisi keuangan. Semua informasi di buku ini merupakan hal mendasar yang bisa diaplikasikan siapa saja dengan penghasilan berapa saja.

3. The Total Money Makeover: A Proven Plan for Financial Fitness (Dave Ramsey)
Sobat mencari referensi buku keuangan dari seorang ahli atau praktisi? Buku karya Dave Ramsey menjadi salah satu jawabannya.

Dave Ramsey, penulis dari buku The Total Money Makeover merupakan seorang konsultan dan pengajar keuangan. Dave menuangkan pengalamannya selama 20 tahun di bidang keuangan dalam buku ini, dengan harapan agar semua orang bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih baik mengenai kehidupan finansial secara menyeluruh.

Pada situs pribadinya, Dave Ramsey menulis beberapa harapan kepada para pembaca agar bisa melakukan perombakan keuangan yang meliputi:

  • Rancangan menyeluruh untuk menyelesaikan semua utang.
  • Mengenali mitos-mitos keuangan yang justru berbahaya.
  • Memiliki simpanan yang melimpah untuk keperluan darurat dan pensiun.
  • Secara positif merubah hidup Sobat

Berkat pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki Dave, tak heran jika karyanya ini menjadi buku dengan penjualan terlaris di Amerika. Menariknya lagi, buku ini mengulas untuk berbagai kalangan, baik umur maupun besarnya penghasilan. Sehingga buku ini cocok untuk Sobat yang ingin menambah pengetahuan terkait mengelola keuangan.

Baca Juga:
Special Guest: Lender ini Raih Total Pendapatan Bunga Bersih 182 Juta
Cara Mudah Kembangkan Dana di P2P Lending
Kenali Fintech P2P Lending Berizin dan Terdaftar di OJK

4. 50 Financial Wisdom Seri 4 Cerdas Edisi Financial (Eko P. Pratomo)
Buku karya anak bangsa yang berjudul 50 Financial Wisdom ini sebenarnya terdiri dari beberapa seri. Di mana setiap seri akan membahas topik khusus, seperti reksa dana, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dan investasi. Seri ke 4 ini berisi tentang cerdas finansial, yang bisa digunakan siapa saja.

Pria lulusan Institut Teknologi Bandung tahun 1988, menulis buku dengan bahasa yang mudah dipahami semua orang. Bahkan bagi Sobat pemula dalam manajemen keuangan bisa dengan mudah memahami setiap pembahasannya.

Jika Sobat membutuhkan bacaan keuangan yang ringan tapi bisa dipraktekkan dalam kehidupan finansial sehari-hari. Maka buku besutan Eko P. Pratomo bisa menjadi salah satu pilihannya.

5. Make Your Kid A Money Genius (Even If You’re Not) – (Beth Kobliner)
Setelah sukses mengeluarkan buku mengelola keuangan pertamanya, ‘Get a Financial Life’, Beth Kobliner kembali mengeluarkan buku seputar keuangan yang kali ini ditujukan untuk para orang tua mengajarkan anaknya seputar belajar mengelola keuangan sejak dini.

Beth yang merupakan mantan anggota Dewan Penasehat Kemampuan Finansial Untuk Anak Muda Amerika saat Presiden Barack Obama menjabat. Menjadikan Beth bisa memahami bagaimana mengemas hasil penelitian dan pengamatannya untuk semua orang tua dan anak-anak.

Bagi Beth, pengetahuan finansial yang baik sejak dini akan melatih anak-anak agar terbiasa bijak dengan uangnya di masa yang akan datang. Bagi para orang tua, mereka juga bisa menyiasati bagaimana menyikapi permintaan anak-anaknya akan berbagai hal sehingga tidak perlu terlilit hutang.

Buku ini juga menyederhanakan topik keuangan yang rumit sehingga para orang tua bisa dengan mudah memahami langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam melatih anak-anaknya. Bahasa yang digunakan ringan dengan tips yang praktikal. Sehingga dirasa perlu untuk setiap orang tua menyimpan buku ini agar dapat dibaca kembali jika sewaktu-waktu butuh referensi. Terlebih kebiasaan cara mengelola keuangan anak paling dipengaruhi oleh ayah dan ibu.

6. Finchickup – Financial Check Up for Ladies (Farah Dini Novita)
Mengutip sinopsis bagian belakang buku karya Farah Dini Novita “Punya hobi jalan-jalan? Nggak boleh absen nonton di bioskop tiap weekend? Selalu kalap kalau ada midnight sale? Rutin ke salon buat jaga penampilan? Suka nongkrong di kafe buat ketemuan sama teman-teman se-gank? Toss! Kita punya kebiasaan yang sama berarti.”

Wanita yang bekerja sebagai Senior Financial Executor ini mengulas berbagai solusi praktis dan sangat relevan untuk para wanita dalam mengatur keuangan. Seperti bagaimana caranya supaya tetap bisa bersenang-senang, tapi aset yang ada terus bertambah?

Bagi sobat yang memiliki kebiasaan yang ditulis pada sinopsis buku ini, artinya Financial Check Up for Ladies cocok untuk dibaca!

Well Sobat, itulah beberapa referensi buku inspiratif mengelola keuangan yang cocok untuk dibaca, terlebih menjelang akhir pekan. Selain membuat akhir pekan menjadi produktif tetapi juga bisa berdampak pada keuangan yang terukur bahkan mapan di masa mendatang.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]