Pengertian Kewirausahaan: Definisi dan Tips Berwirausaha

0
30122
Kewirausahaan

Terjun ke dunia entrepreneurship atau kewirausahaan kini jadi pilihan menarik bagi para generasi muda. Sebagai buktinya, ada begitu banyak usaha milik anak muda yang bermunculan. Kemajuan teknologi informasi menjadi salah satu faktor pemicu meningkatnya jumlah pengusaha muda di tanah air. Ditambah lagi, pilihan menjadi seorang wirausaha memberi fleksibilitas jam kerja. 

Hanya saja, meningkatnya jumlah generasi muda yang terjun ke dunia kewirausahaan juga diiringi dengan tingginya angka kegagalan dalam menjalankan aktivitas wirausaha. Kegagalan tersebut bisa terjadi karena para pelakunya tak mempunyai kecakapan dalam menjalankan usaha. Bahkan, tak menutup kemungkinan mereka tidak mengerti apa yang dimaksud dengan kewirausahaan

Definisi Kewirausahaan

Entrepreneurship merupakan sebuah proses yang dilakukan seseorang ketika ingin membangun sebuah wirausaha. Dalam menjalankan proses tersebut, Anda perlu mengantisipasi berbagai risiko sehingga mampu memperoleh keuntungan. Oleh karena itu, seorang entrepreneur perlu memiliki pemikiran kreatif agar dapat menciptakan sesuatu yang baru, unik, serta bermanfaat bagi orang banyak. 

Dalam dunia kewirausahaan, Anda akan menemukan empat karakteristik utama, yaitu: 

  • Aktivitas ekonomi

Karakteristik paling utama dari entrepreneurship adalah adanya aktivitas ekonomi. Proses berwirausaha melibatkan upaya perancangan, peluncuran, serta aktivitas menjalankan bisnis baru dengan tujuan memperoleh keuntungan. Upaya tersebut dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki secara optimal. 

  • Kreativitas dan inovasi

Kewirausahaan melibatkan adanya upaya menemukan ide baru dan mengimplementasikannya dalam bisnis. Anda perlu mempunyai pikiran yang kreatif untuk melakukan hal ini. Terlebih, pencarian ide baru tersebut perlu dilakukan secara berkala, disertai upaya evaluasi terhadap model usaha yang tengah digunakan. Tujuan akhirnya adalah untuk menjalankan bisnis secara lebih efektif dan efisien. 

  • Profit

Sebagai salah satu bagian dari kegiatan ekonomi, kewirausahaan dijalankan dengan menetapkan tujuan meraih keuntungan. Profit yang didapatkan juga menjadi salah satu reward atas upaya serta risiko yang telah ditanggung oleh wirausahawan. 

Baca juga: Apa itu Omzet? Perbedaan Omzet dan Profit dalam Bisnis

  • Menanggung risiko

Memperhitungkan risiko adalah esensi penting yang selalu ada dalam proses entrepreneurship. Risiko tersebut muncul karena adanya ide atau implementasi metode baru dalam aktivitas usaha. Penerapannya terkadang berjalan sesuai keinginan. Namun, tak menutup kemungkinan Anda akan berhadapan dengan kerugian besar. 

Tips Berwirausaha

Tantangan terbesar yang dihadapi oleh para entrepreneur ketika menjalankan bisnis adalah 3 tahun pertama. Riset Universitas Tennessee tahun 2013 menyebutkan, hanya 25% pengusaha yang mampu bertahan pada tahun pertamanya. Angka tersebut mengalami peningkatan saat menginjak tahun kedua dan ketiga, yakni masing-masing sebanyak 35% dan 44%. Dalam situasi seperti itu, tak heran kalau bisnis yang eksis pada tahun ketiga bisa dihitung dengan jari. 

Lalu, apa yang perlu dilakukan oleh para entrepreneur biar terhindar dari kegagalan tersebut? Risiko kegagalan bisa Anda tekan sekecil-kecilnya dengan menjalankan lima tips penting, yaitu: 

  • Tawarkan solusi

Saat berwirausaha, pastikan bahwa produk yang Anda tawarkan mampu menyelesaikan permasalahan yang tengah dihadapi oleh konsumen. Hal ini bisa Anda peroleh ketika sebelumnya telah melakukan riset pasar secara mendalam. 

  • Fokus pada satu jenis usaha

Setiap entrepreneur tentu bermimpi untuk mempunyai kerajaan bisnis seperti halnya Microsoft, Google, ataupun Amazon. Namun, bukan berarti Anda bisa memperoleh pencapaian seperti perusahaan-perusahaan tersebut dalam jangka pendek. Oleh karena itu, Anda perlu memulai wirausaha secara bertahap, dengan fokus hanya pada satu jenis usaha. Setelah itu, Anda dapat perlahan-lahan mengembangkannya. 

  • Pilih segmen pasar yang jelas

Kunci sukses berwirausaha selanjutnya adalah memilih niche secara tepat. Usahakan agar segmen pasar atau niche yang dipilih tidak terlalu luas ataupun terlalu sempit. Di waktu bersamaan, pertimbangkan pula produk yang laris secara musiman. 

  • Dorong motivasi karyawan

Menjaga moral karyawan agar tetap bersemangat juga jadi faktor penting ketika berwirausaha. Setiap karyawan ingin agar mereka memperoleh perhatian, apresiasi, ataupun saran dari pimpinannya. Anda perlu melakukan semua itu dengan memperhatikan kondisi moral karyawan agar tetap bahagia. 

  • Cermati kompetisi pasar

Terakhir, Anda perlu memperhatikan kompetisi pasar. Tak menutup kemungkinan, kompetitor akan melakukan tindakan yang bisa membuat produk Anda kalah bersaing. Oleh sebab itu, usahakan untuk mengamati setiap langkah atau strategi pemasaran para kompetitor. 

Nah, itulah definisi sekaligus tips kewirausahaan yang dapat Anda terapkan ketika memilih untuk membangun usaha sendiri. Semoga sukses, ya!

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

pinjaman modal usaha

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected].