10 Strategi Pemasaran yang Tepat untuk Usahamu!

6
477
Strategi Pemasaran

Kamu berencana atau bahkan sudah siap memulai menjalankan usaha? Selain produk yang berkualitas dan harga yang kompetitif sesuai mutu, kamu juga perlu memiliki strategi pemasaran yang tepat.

Pasalnya, pemasaran adalah jalan awal untuk memperkenalkan produk—baik barang maupun jasa—yang kamu miliki ke calon konsumen. Kalau kamu tidak memasarkannya, orang tentu tidak akan tahu keberadaan produkmu. Kalau mereka tidak mengetahui produkmu, bagaimana mungkin mereka akan membelinya? 

Kalau tak ada yang membeli produk, tentu saja kamu tak akan mendapat keuntungan. Kalau sudah begitu, tentu saja, kamu tak akan mencapai tujuan usaha yang diharapkan.

Oleh sebab itu, persiapkan strategi pemasaran produk seperti berikut sebelum melangkah lebih jauh. Dengan demikian, langkah-langkah yang kamu lakukan pun menjadi lebih efisien, baik dari waktu, tenaga, maupun biaya. 

  • Kenali Target Pasar

Saat membuat produk, kamu pasti sudah membayangkan orang-orang seperti apa yang akan menjadi konsumen. Galilah lebih spesifik kelompok calon konsumen yang kamu bidik tersebut untuk mempermudah langkah-langkah berikutnya.

Misal, kamu menjual sepatu khusus untuk wanita dengan kelompok usia 21 hingga 40 tahun. Maka, kamu harus mengenali tren dan kebutuhan seperti apa yang mereka harapkan untuk inovasi produk. Termasuk, amati karakter atau preferensi mereka dalam berbelanja: apakah sebagian besar menggunakan e-commerce A, B, atau C, trik promo seperti apa yang dapat menarik perhatian mereka, dan sebagainya.

  • Sediakan Anggaran Promo

Promo mempunyai pengaruh yang cukup kuat terhadap psikologi seseorang. Promo membuat orang menjadi lebih tertarik untuk membeli karena merasa mereka bisa mendapatkan sesuatu dengan membelanjakan sebagian dana mereka, tetapi dengan biaya yang lebih hemat.

Selain itu, jika kamu baru akan memulai usaha, promo penting dilakukan untuk menarik perhatian konsumen dari kompetitor. Sebagian orang merasa enggan mengeluarkan dana tertentu untuk produk yang masih terbilang ‘coba-coba’. Dengan memberi stimulus pada psikologi mereka.

Tentu saja, karena promo akan berpengaruh terhadap laba yang kamu terima maupun pengeluaran tambahan, pastikan kamu sudah menyiapkan anggarannya.

  • Manfaatkan Media Sosial

Tak usah diragukan lagi bagaimana media sosial berperan penting dalam strategi pemasaran zaman sekarang. Instagram dan TikTok kini menjadi dua media sosial yang paling banyak digandrungi.

Mulailah dengan mempelajari berbagai teknik agar mendapat perhatian di media sosial yang akan kamu gunakan. Selain itu, pastikan kamu juga menampilkan foto berkualitas dan deskripsi yang lengkap tentang produk tersebut. Tak lupa, cantumkan informasi ke mana mereka dapat menghubungi  (WhatsApp, DM, atau apa pun) jika ingin melakukan pemesanan maupun menanyakan hal-hal terkait produk dan mendapat fast response.

  • Gunakan Fasilitas Promosi

Masih berkaitan dengan media sosial, kamu bisa menggunakan fitur promote yang tersedia di masing-masing media sosial. Platform tersebut mempunyai algoritma tertentu yang dapat membantu menyebarluaskan keberadaan produkmu ke user mereka dengan lebih luas.

Kamu pun bisa melakukan kustomisasi terhadap target pasar yang diharapkan. Misal, untuk produk stationery, kamu bisa memilih untuk memasang iklan dan menyebarkannya ke  user media sosial tersebut dengan kategori usia 18-30 tahun, perempuan, jarak hingga 100 km dari tempatmu, sampai apa yang menjadi kegemaran mereka. 

  • Daftarkan Usaha di Google Bisnisku

Google Bisnisku adalah layanan gratis dari Google untuk membantu usahamu tercatat di direktori sehingga mempermudah konsumen untuk mengetahui informasi lengkap mengenai bisnis milikmu. Seperti contoh, saat kamu mengetikkan ‘restoran padang murah terdekat’ di Google, mesin pencari terbesar ini kemudian akan menampilkan beberapa pilihan tempat makan yang relevan—lengkap dengan nama usaha, alamat, nomor telepon, jam operasional, hingga review dari orang lain.

Hal ini tentu akan sangat menguntungkanmu. Di samping tempatmu jadi muncul di Google Maps (sehingga mempermudah konsumen lokal), adanya informasi tersebut juga meningkatkan kepercayaan konsumen.

  • Membangun Relasi

Bergabunglah dengan komunitas wirausaha, UMKM, atau sejenisnya yang berada di sekitarmu maupun secara online. Dengan begitu, kamu akan memperbanyak relasi dan memperoleh support system guna mendorongmu mencapai target yang diharapkan.

Selain itu, tentu saja, relasi juga memungkinkanmu memperluas pemasaran. Tiap anggota komunitas tentu memiliki pasar dan circle-nya sendiri. Begitu mereka mengetahui produk yang kamu tawarkan dan kamu mampu menunjukkan kredibilitas, mereka tak akan ragu pula untuk turut mempromosikannya ke lingkungan mereka. 

Baca juga: Macam Macam Hubungan Bisnis Antar Perusahaan

  • Menciptakan Kolaborasi

Kolaborasi adalah salah satu kunci penting lainnya dalam strategi pemasaran zaman kini. Makin banyaknya UMKM yang bermunculan menjadi kesempatanmu untuk berkembang bersama lewat kolaborasi. Cara ini akan menjadi win-win solution: kamu jadi memperluas pasar ke market yang dimiliki oleh partner kolaborasi, pun demikian sebaliknya.

Seperti contoh, kamu membuka usaha dessert. Kamu bisa berkolaborasi dengan usaha kopi A yang memiliki pangsa pasar cukup bagus. Seperti contoh, kamu dan A menawarkan produk hampers untuk momen tertentu seperti lebaran, natal, atau momen maupun periode lain yang diciptakan sendiri. 

  • Menggunakan Jasa Influencer Kredibel

Words of mouth adalah strategi pemasaran yang memang masih sangat efektif hingga kini. Namun, kalau kamu menginginkan proses yang lebih cepat, maka harus ada usaha lain yang perlu dilakukan. Di era sekarang, menggunakan jasa influencer adalah salah satu opsi yang pas.

Pilihlah influencer yang memang memiliki reputasi baik serta kredibel. Sebisa mungkin, pilihlah influencer yang juga mempunyai spesialisasi serupa dengan produk yang kamu tawarkan. Misal, jika kamu menjual gadget, maka gunakanlah jasa influencer yang memang kerap dan kompeten dalam hal tersebut. Jika kamu menjual baju, maka gunakanlah jasa influencer yang memang bergelut di bidang fashion.

  • Maksimalkan SEO

Sulit mengenyahkan SEO (Search Engine Optimization) dalam persaingan bisnis saat ini. Kamu tak harus menunggu menjadi ‘perusahaan besar’ untuk mulai mempelajari dan menerapkan teknik SEO. Pasalnya, SEO sendiri bukanlah hal yang dapat terwujud dengan cepat dan hanya dilakukan sekali saja.

Secara sederhana, SEO adalah cara-cara yang dilakukan untuk membuat web maupun akun media sosialmu (seperti Instagram) muncul dalam hasil teratas saat orang mencarinya. Makin tinggi peringkatmu di hasil pencarian, makin besar orang akan berkunjung ke situs maupun akunmu untuk mencari tahu lebih lanjut. Selain itu, web maupun akun yang berada di pencarian teratas juga akan lebih dipercaya publik.

  • Lakukan Evaluasi Berkala

Di samping berbagai cara teknis, kamu juga harus mempunyai jurnal strategi pemasaran. Catatan ini menjadi salah satu bahan evaluasimu dalam mencapai target usaha.

Buatlah pencatatan mengenai goal yang kamu harapkan, lalu jabarkan cara-cara apa saja yang akan kamu lakukan. Kamu bisa menggunakan metode OKR (Objective Key Result) untuk mengimplementasikannya.

Strategi pemasaran adalah elemen dasar dari setiap bisnis. Tanpa adanya strategi yang tepat, tindakan yang kamu lakukan akan menjadi sporadis, tidak efisien, dan bahkan memperlambat keberhasilan progress yang diharapkan. Oleh sebab itu, pastikan kamu selalu memiliki rencana dan taktik pemasaran yang jelas dan tertata sehingga goal usaha dapat lebih mudah dan cepat tercapai.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

6 COMMENTS

Comments are closed.