10 Cara Jadi Pengusaha Muda yang Sukses

0
152
Cara Jadi Pengusaha Muda

Siapa yang tidak ingin tumbuh menjadi pribadi mandiri yang sukses di usia muda? Setiap orang pasti memiliki mimpi ini. Sayangnya, tidak banyak yang tahu bagaimana cara untuk mencapai hal tersebut. Menjadi anak orang kaya dengan berbagai privilege mungkin jadi salah satu jalan pintas, tapi apa semua anak muda di Indonesia termasuk dalam golongan ini?

Apabila kamu salah satu di antara anak yang kurang beruntung karena lahir dengan segala keterbatasan ekonomi, tidak perlu minder. Ada beberapa tips atau cara jadi pengusaha muda yang sukses sebagai referensi.

1. Menetapkan Tujuan Hidup

Tips pertama untuk jadi pengusaha muda adalah menetapkan tujuan hidup. Hal ini merupakan langkah awal untuk membangun kesadaran tentang bagaimana masa depan yang kita inginkan. Berorientasi pada masa depan membuat mereka yang memiliki tujuan hidup melakukan segala sesuatu berdasarkan hal tersebut.

2. Meningkatkan Kualitas dan Kapasitas Diri

Jika sudah tahu apa tujuan hidup dan mulai fokus pada hal tersebut, selanjutnya mulai lakukan banyak hal yang bisa meningkatkan kualitas dan kapasitas diri. Hal ini tidak hanya berhubungan dengan pendidikan formal saja, kamu juga bisa meningkatkan kualitas dan kapasitas diri dengan rajin mengikuti pelatihan dan seminar.

3. Pantang Menyerah

Satu hal yang perlu diketahui, setiap hal pasti memiliki risiko. Jadi tidak perlu khawatir apabila dalam menjalani beberapa tips atau cara jadi pengusaha muda, kamu mengalami kegagalan. Hadapi semua tantangan dan kegagalan dengan sikap pantang menyerah karena diakui atau tidak, kegagalan adalah bagian dari kesuksesan.

4. Keluar dari Zona Nyaman

Banyak sekali kasus anak muda yang merasa hidupnya stagnan dan kurang berkembang. Selain faktor internal seperti motivasi yang kurang, faktor lain seperti terlalu betah di zona nyaman juga menjadi alasan. Percaya atau tidak, kenyamanan akan membuat kita berhenti berkembang.

Jika ingin sukses, mulailah untuk mengambil risiko dan mencoba hal baru. Keluarlah dari zona nyaman yang selama ini mengungkung dan yakini, bahwa hal baru yang akan dijalani akan mengantarkanmu pada kesuksesan di usia muda.

5. Selalu Berpikir Positif 

Berpikir positif juga menjadi salah satu cara jadi pengusaha muda efektif yang bisa diterapkan dalam hidup. Selalu memiliki pikiran positif memang bukan hal mudah, tetapi bukan berarti hal ini tidak bisa dilakukan. Mulailah pikiran positif dari hal-hal sepele seperti bisa tidaknya kita melakukan suatu pekerjaan. Jika hal ini dijadikan kebiasaan, selalu berpikir positif tidak lagi menjadi sesuatu yang sulit dilakukan. 

6. Meningkatkan Wawasan dan Pengetahuan Tentang bisnis

Untuk memulai sebuah bisnis dibutuhkan wawasan dan pengetahuan yang memadai. Selain untuk memastikan bisnis tersebut sukses nantinya, wawasan dan pengetahuan akan membantu kita dalam meminimalisasi segala risiko yang ada dan membuat setiap langkah yang dilakukan lebih terarah.

Untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang bisnis, jangan ragu untuk belajar dari pengalaman orang lain, buku, seminar, atau internet. 

Baca juga: 10 Strategi Pemasaran yang Tepat untuk Usahamu!

7. Terlalu Fokus pada Hasil

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan anak muda saat membangun bisnis adalah tergesa-gesa dan terlalu fokus pada hasil. Akhirnya mereka sedikit abai pada proses yang sedang dijalani sehingga harus menghadapi banyak kendala. Padahal untuk menjadi sukses, ada baiknya bisa fokus pada setiap proses yang ada. Jika prosesnya sudah berjalan dengan baik, bukan tidak mungkin kesuksesan menjadi milik kita. 

8. Komitmen

Jika semua cara jadi pengusaha muda di atas telah kamu lakukan, hal paling penting adalah memiliki komitmen. Tanpa komitmen, semua usaha yang dilakukan akan sia-sia karena fokus teralih kepada hal lain yang mungkin saja malah menjadi penghambat kesuksesan.

9. Buat Target 

Jika sudah bisa komitmen, mulailah untuk membuat target supaya kita bisa lebih fokus pada tujuan dan memaksimalkan potensi diri. Setidaknya buatlah dua target, yaitu target jangka panjang dan pendek supaya kita tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang perlu dipersiapkan untuk mencapai target tersebut.

10. Mulai Menabung dan Investasi

Tanpa dana yang kuat, mustahil kita bisa membangun sebuah usaha yang sukses. Inilah mengapa untuk bisa menjadi pengusaha, kamu butuh tabungan yang memadai. Jadi mulai sekarang kurangi pengeluaran tidak penting dan mulailah menabung untuk membangun bisnis secara mandiri.

Jadi, sudah siap jadi pengusaha muda dengan menerapkan cara jadi pengusaha muda di atas? Semoga bermanfaat. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]