Life Skills yang Harus Dimiliki Sebelum Usia 30 

0
381

Menurut WHO, Keterampilan Hidup (life skills) merupakan kemampuan/kecakapan untuk beradaptasi dan memperlihatkan perilaku positif yang akhirnya memberikan kemampuan individu untuk menghadapi/survive terhadap tuntutan dan tantangan kehidupan sehari-hari secara efektif. Secara singkat, life skills atau kecakapan hidup adalah sebuah kemampuan dalam menghadapi masalah dan menemukan solusi terhadap masalah di dalam kehidupan.

Memasuki usia yang semakin matang juga akan mengasah bagaimana life skills yang harus dimiliki seseorang. Langsung saja, berikut ini 6 life skills yang harus dimiliki sebelum usia 30. 

  • Manajemen Waktu

Manajemen Waktu merupakan perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan produktivitas terhadap waktu, karena waktu merupakan sumber daya yang terbatas, oleh karena itu harus dikelola secara efisien dan efektif. Kalau kamu selalu merasa kekurangan waktu buat ngelakuin suatu pekerjaan, bukan salah jumlah waktunya, tapi manajemen waktu kamu yang harus dibenahi. 

  • Mengatur Keuangan

Perencanaan, pengelolaan, penyimpanan, serta pengendalian dana dan aset yang kita miliki merupakan tindakan dalam mengatur keuangan. Semakin dewasa, masalah keuangan pasti semakin banyak, untuk itu pengelolaan keuangan harus direncanakan dengan matang agar tidak timbul masalah di kemudian hari, dan justru membawa banyak manfaat di kemudian hari. 

  • Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Setiap dari kita pasti pernah membandingkan diri dengan orang lain. Seiring berjalannya waktu, rasa iri dan ketidakmampuan untuk mengendalikan diri membuat kebiasaan buruk ini terus tumbuh dan berkembang. Kuncinya adalah jangan minder dan memiliki sifat empati, memiliki rasa untuk tidak minder dan empati membuat kita mampu menerima dan membayangkan bagaimana bila kita berada pada posisi orang lain. Daripada sibuk membandingkan diri dengan orang lain, lakukanlah hal yang lebih bermanfaat yang bisa membuat kamu bahagia. 

  • Berpikir Kritis dan kompleks 

Sering kali kita lupa buat mikirin suatu masalah secara utuh dan cuma melihat dari sisi lainnya saja, dengan kemampuan berpikir kompleks seseorang dapat melihat suatu persoalan secara utuh, kemampuan dalam memaknai suatu persoalan secara menyeluruh, tidak hanya terfokus pada unsur sebab-akibat saja. Untuk melatih berpikir kompleks dapat dilakukan dengan rajin membaca, mendengarkan sudut pandang dari orang lain dan diskusi terbuka. 

  • Siap menerima kritikan 

Sering kali seseorang tidak bisa menerima kritikan, padahal kritik bersifat membangun untuk perbaikan diri. Dalam menghadapi kritik ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan seperti tetap tenang, dengarkan terlebih dahulu, mencerna kritikan dengan baik, menanyakan solusi dari kritikan tersebut, dan yang terakhir berempati kepada orang yang memberi kritikan. 

  • Pandai menempatkan diri 

Kemampuan menempatkan diri dengan baik dapat membuat dirimu menjadi sosok yang lebih fleksibel. Dalam hidup, pasti akan dihadapi oleh berbagai macam perubahan baik dari dalam diri sendiri maupun dari lingkungan. Dengan menjadi orang yang fleksibel, akan dengan mudah beradaptasi, sehingga kamu selalu siap untuk bertahan saat menghadapi berbagai situasi dan kondisi apapun. 

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Raymas Putro I Editor: Rimba Laut