Mengenal PayPal, Fungsi dan Cara Daftarnya

0
731
Paypal Adalah

Kalau kamu kerap berkunjung ke situs luar negeri—terutama ke situs yang berujung pada pembelian produk barang maupun jasa seperti course, maka kamu tak asing lagi dengan Paypal. Hal ini tak mengherankan mengingat Paypal adalah salah satu metode pembayaran yang sudah digunakan secara global sejak cukup lama.

Namun, apa itu Paypal sebenarnya dan bagaimana cara mendaftarnya? Adakah syarat tertentu seseorang dapat menggunakan Paypal? Untuk menjawab berbagai pertanyaan ini, simak ulasan berikut.

Apa Itu Paypal?

Paypal adalah sebuah produk berupa layanan transaksi keuangan online yang dapat digunakan secara domestik maupun internasional. Produk ini dimiliki oleh perusahaan bernama sama, Paypal Inc., yang bermarkas di Palo Alto, California, Amerika Serikat.

Dengan menggunakan Paypal, kamu pun bisa melakukan pembayaran ke luar negeri maupun menerima pembayaran dari negara berbeda. Tentu saja, pembayaran yang dimaksud bukan cuma akibat jual-beli online, tetapi juga kebutuhan lain seperti donasi, transfer, dan sebagainya.

Paypal hadir sejak 1998 silam dengan jumlah penggunanya kini mencapai lebih dari 179 juta pengguna aktif. Kamu bisa menggunakan metode transaksi global ini untuk keperluan personal maupun bisnis. Adapun sampai sekarang, Paypal dapat digunakan di 202 negara untuk transaksi dalam 25 mata uang meski rupiah belum termasuk menjadi salah satunya.

Fungsi Paypal

Seperti yang disebutkan sebelumnya, fungsi Paypal adalah untuk menjembatani kebutuhan transaksi dana terutama bagi pihak-pihak yang berada di negara berbeda. Kamu bisa membayar produk kepada pihak penjual yang berada di luar negeri maupun menerima pembayaran dari pembeli yang berada di negara berbeda. Dengan demikian, peluang usaha untuk merambah pasar internasional tidak lagi sekadar mimpi.

Adapun menggunakan Paypal, kamu perlu membuat akun terlebih dahulu. Nantinya, kamu akan menambahkan rekening bank, kartu debit, maupun kartu kredit yang dimiliki agar dapat menikmati transfer melalui Paypal.

Keunggulan Paypal

Metode pembayaran online saat ini memang bukan hanya Paypal. Namun, pelopor ini masih menjadi favorit mayoritas masyarakat saat mereka harus menyelesaikan transaksi online terutama ke luar negeri. 

Adapun beberapa keunggulan Paypal yang menjadikannya dipercaya begitu banyak orang adalah sebagai berikut.

  • Fleksibilitas

Paypal seolah meniadakan sekat transaksi yang selama ini muncul karena perbedaan bank yang digunakan dan sulitnya melakukan pembayaran ke luar negeri. Kini, kamu bebas bertransaksi secara online di situs luar negeri menggunakan Paypal kapan saja dan di mana saja.

  • Cepat

Kemudahan saja tidak cukup jika urusannya terkait dana, tetapi juga harus disertai kecepatan. Paypal memungkinkan transaksi sesama akun Paypal maupun antara Paypal dan rekening bank di beda benua sekalipun terjadi dalam kurun waktu 24 jam (bahkan bisa kurang dari itu). 

  • Aman

Keamanan Paypal yang pertama adalah dalam konteks penipuan antara penjual dan pembeli. Paypal telah memiliki sistem dan regulasi khusus sehingga dapat memberi jaminan baik pada penjual maupun pembeli bahwa transaksi yang dilakukan aman dari penipuan.

Keamanan yang kedua dari Paypal adalah dalam konteks privasi data. Paypal menjaga kerahasiaan data diri kamu sehingga tak akan menyebar ke mana-mana dan menimbulkan masalah seperti penyalahgunaan akun.

Baca juga: Cara Daftar Paypal dengan Lebih Mudah dan Aman

Cara Daftar Paypal

Mendaftar atau membuat Paypal account sekarang makin mudah. Pasalnya, Paypal kini menghadirkan opsi kartu debit. Sebelumnya, kamu harus mempunyai kartu kredit terlebih dahulu jika ingin menggunakan layanan pembayaran transaksi online ini.

Nah, untuk membuat akun Paypal, pastikan kamu telah berusia minimal 18 tahun. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke akun resmi Paypal (paypal.com)

Akun Paypal kini juga tersedia dalam bahasa Indonesia. Hal ini akan membantumu untuk lebih mudah memahami informasi.

  • Klik Daftar Sekarang yang ada di bagian tengah halaman web

Website secara otomatis akan menampilkan dua opsi jenis akun: personal atau bisnis. Kalau hanya untuk memenuhi kebutuhanmu sendiri seperti belanja online, pilih saja akun personal. Barulah kalau kamu menggunakan Paypal atas nama perusahaan untuk keperluan transaksi korporasi, akun bisnis jadi pilihannya.

Lanjutkan dengan klik Berikutnya,

  • Masukkan nomor HP yang aktif

Paypal akan langsung mengirim kode verifikasi ke nomor hp yang kamu daftarkan. Masukkan enam digit kode verifikasi tersebut ke dalam enam kotak yang muncul di halaman web.

Jika sudah sesuai, klik Berikutnya.

  • Pilih preferensi statusmu dalam menggunakan Paypal

Layar akan menampilkan empat pilihan untuk merepresentasikan preferensimu dalam menggunakan Paypal: sebagai pembeli online, freelancer/penjual individu, keduanya, atau belum pasti. Pilih mana saja yang menjadi tujuanmu menggunakan layanan ini.

Lanjutkan dengan klik Berikutnya.

  • Isi Informasi Standar

Kamu akan diminta memasukkan data awal untuk pembuatan akun. Beberapa informasi standar ini antara lain alamat email, nama, dan password. Pastikan kamu menggunakan data yang benar.

Klik Berikutnya untuk ke tahap selanjutnya.

  • Isi Data Pribadi

Form pada bagian ini lebih panjang dari sebelumnya. Kamu perlu melengkapi isian data pribadi seperti tanggal lahir, kewarganegaraan, jenis ID card yang digunakan berikut nomornya, dan alamat domisili.

Begitu selesai dan kamu setuju dengan semua syarat dan ketentuannya (jangan lupa untuk memberi tanda centang pada kotak yang tersedia), klik Setuju dan buat rekening..

  • Tambahkan Kartu

Sampai di tahap ini, akunmu sudah selesai dibuat. Namun, untuk bisa menggunakannya dalam transaksi, kamu perlu memasukkan kartu debit atau kartu kredit.

Menggunakan Opsi Kartu Debit

Paypal memungkinkanmu untuk menggunakan kartu kredit virtual alias VCC (Virtual Credit Card) di samping kartu kredit konvensional.  Untuk memperolehnya, ada banyak jasa yang menawarkan layanan VCC untuk Paypal dengan harga terjangkau.

Namun, kalau kamu merasa lebih nyaman menggunakan kartu debit, tak masalah. Paypal menerima transaksi kartu debit berlogo MasterCard, VISA, dan American Express. Lebih jelasnya, berikut adalah beberapa jenis kartu debit yang dapat kamu pakai untuk bertransaksi di Paypal.

  • Kartu debit Visa BNI
  • Kartu debit Visa BNI Syariah
  • Kartu debit Visa Bank Permata
  • Kartu debit Visa Bank Jenius BTPN
  • Kartu debit Visa atau Mastercard Citibank
  • Katu debit Mastercard CIMB Niaga
  • Kartu debit Mastercard BCA

Jika kartu debit yang kamu miliki cocok dengan kartu debit yang dapat diterima Paypal, maka selanjutnya kamu perlu mengaktivasi kartu debit tersebut. Sebagai contoh, berikut adalah tahap mengaktifkan debit Mastercard BCA untuk Paypal.

  1. Buka aplikasi Mobile BCA (jika belum, registrasi terlebih dahulu ke kantor cabang BCA terdekat).
  2. Aktifkan fitur Transaksi Debit Online dengan cara klik Akun Saya > Kontrol > Transaksi Debit Online.
  3. Masukkan kode OTP yang dikirim ke nomor HP.
  4. Selesai.

Paypal adalah solusi transaksi keuangan online yang memungkinkanmu mengirim atau menerima pembayaran dari berbagai penjuru dunia, kapan saja dan di mana saja. Untuk menggunakannya, pastikan kamu telah berusia 18 tahun dan memiliki metode pembayaran yang disyaratkan.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]