Mengenal Marketing Serta Peran dan Tugasnya dalam Suatu Perusahaan

0
147
marketing adalah

Kalau bisnis diibaratkan sebagai sebuah peperangan, maka marketing adalah divisi yang memiliki posisi paling depan. Kalau garda terdepan mengalami kemunduran, keseluruhan pasukan akan mengalami gangguan. Performa marketing yang buruk berpengaruh pada kinerja perusahaan secara menyeluruh. 

Mengingat perannya yang sangat penting tersebut, Anda perlu memahami tugas dan peran marketing secara mendalam. Dengan adanya pemahaman yang tepat, Anda bisa menyusun strategi pemasaran yang tepat dan selanjutnya meraih kesuksesan bisnis. 

Pengertian Apa Itu Marketing

Tidak semua orang mengerti apa yang dimaksud dengan marketing atau pemasaran. Banyak masyarakat awam yang beranggapan kalau marketing tidak jauh berbeda dengan penjualan atau periklanan. Padahal, keduanya merupakan bagian kecil dari sebuah strategi pemasaran. 

Lalu, apa yang dimaksud dengan marketing? Ada banyak versi yang bisa Anda ketahui. Caroline Forsey dari Hubspot menyebut kalau strategi marketing adalah proses yang dilakukan oleh perusahaan untuk membuat masyarakat tertarik pada produk barang atau jasa yang mereka tawarkan. 

Proses yang terjadi pada aktivitas marketing mencakup banyak aspek. Beberapa aspek tersebut meliputi riset pasar, analisis, pemasangan iklan, ataupun pencarian konsumen ideal. Selanjutnya, tiap perusahaan akan menerapkan strategi marketing yang berbeda disesuaikan filosofi atau konsep masing-masing. 

Terdapat 5 konsep marketing yang kerap dijalankan oleh perusahaan, yaitu: 

1. Konsep Produksi

Perusahaan yang menggunakan strategi marketing dengan konsep produksi, akan mengedepankan efisiensi produksi dan distribusi produk. Tujuannya, agar barang bisa dipasarkan pada segmen yang luas. 

2. Konsep Produk

Ada pula strategi marketing berkonsep produk. Di sini, perusahaan akan berusaha untuk menghadirkan produk yang benar-benar disukai oleh konsumen. Caranya, dapat dilakukan dengan menonjolkan keunggulan produk. 

3. Konsep Penjualan

Selanjutnya, terdapat konsep penjualan. Dalam konsep ini, pebisnis memiliki kecenderungan untuk memperoleh angka penjualan berskala besar. Perusahaan akan mengedepankan hubungan kesepakatan dagang daripada harus mempertahankan relasi jangka panjang dengan konsumen. 

4. Konsep Pemasaran

Dalam strategi marketing dengan konsep pemasaran, perusahaan mengutamakan kepuasan pelanggan. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, perusahaan melakukan riset pasar untuk memahami kebutuhan konsumen yang menjadi target pemasaran. 

5. Konsep Sosial

Terakhir, Anda perlu mengetahui strategi pemasaran yang berbasis pada aspek sosial. Konsep ini mendorong pebisnis tidak hanya memperhatikan tingkat kepuasan konsumen, tetapi juga manfaat produk bagi mereka. 

Peran dan Tugas Tenaga Marketing dalam Perusahaan

Dalam sebuah perusahaan,tugas marketing adalah sangat krusial dan tak boleh dilewatkan. Terdapat 5 tugas yang secara khusus harus menjadi perhatian oleh karyawan di bagian marketing, yaitu: 

1. Promosi Produk

Hal pertama yang menjadi tanggung jawab seorang tenaga marketing adalah melakukan promosi produk. Anda perlu memastikan bahwa masyarakat dapat mengenali produk yang dimiliki oleh perusahaan. Upaya promosi bisa dilakukan untuk berbagai jenis produk, terutama adalah produk yang baru diluncurkan ke pasaran. 

Baca juga: 10 Strategi Pemasaran yang Tepat untuk Usahamu!

2. Mendorong Penjualan Produk

Marketing adalah upaya perusahaan dalam meningkatkan angka penjualan produk. Oleh karena itu, seorang tenaga marketing memiliki tugas untuk mewujudkannya. Peningkatan angka penjualan memberikan profit yang lebih besar bagi perusahaan. 

3. Mengedukasi Konsumen

Promosi produk saja masih belum cukup. Anda perlu memastikan bahwa masyarakat yang menjadi target pemasaran mengetahui informasi produk secara tepat. Dengan begitu, mereka bisa mengetahui kelebihan produk perusahaan dibandingkan dengan kompetitor. 

4. Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Selanjutnya, tugas marketing adalah mempertahankan relasi yang baik dengan pelanggan. Tindakan ini sangat penting, agar perusahaan memiliki jaringan konsumen setia. Hal yang perlu Anda ketahui, biaya untuk mempertahankan pelanggan relatif lebih murah dibandingkan mencari konsumen baru.

5. Menjadi Jembatan Penghubung antara Perusahaan dengan Lingkungan Sekitar

Terakhir, tenaga marketing perlu menempatkan diri sebagai penghubung antara perusahaan dengan lingkungan sekitar. Tugas ini sangat penting, karena sebagai bagian dari upaya menjaga citra perusahaan. Dengan citra yang baik di mata pelanggan, aktivitas pemasaran produk bisa berjalan lebih lancar.

Sampai di sini, Anda jadi tahu kalau penerapan strategi marketing adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap perusahaan. Pelaksanaan strategi yang jitu, tidak hanya membuat perusahaan memperoleh angka penjualan produk yang tinggi. Namun, produk yang dimiliki akan mempunyai daya saing lebih tinggi dibanding kompetitor. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]