Seberapa Penting Slip Gaji Bagi Karyawan?

0
470

Setelah Akseleran membahas apa itu gaji dan bagaimana cara memaksimalkan gaji. Kemudian Akseleran akan membahas seberapa penting slip gaji bagi karyawan! Sobat sudah ada yang mengetahuinya? Nah, bagi Sobat yang belum mengetahui, berikut penjelasannya!

Apa itu slip gaji?

Slip gaji merupakan bukti resmi atas penerimaan gaji dari hasil kerja karyawan atau buruh yang dikeluarkan oleh perusahaan atau tempat bekerja seorang karyawan atau buruh. Pada slip gaji biasanya terdapat beberapa keterangan dan nominal tertentu seperti meliputi gaji pokok, penambahan gaji, potongan pajak, iuran bulanan atau potongan-potongan dari perusahaan.

Menurut Peraturan Pemerintah (PP) No. 78 tahun 2015 Pasal 17 ayat (2) mengenai Pengupahan dinyatakan bahwa pengusaha wajib memberikan slip gaji (bukti pembayaran upah) yang memuat rincian upah yang diterima oleh karyawan/buruh pada saat upah dibayarkan.

Baca Juga:
Gaji dan Upah, Sama atau Beda?
Gaji Pokok dan UMR Sama Enggak Sih?
Besok Gajian? Waktunya Dapat Cuan Hingga 21%

Manfaat slip gaji

Tujuan pemberian slip gaji dari pengusaha kepada karyawan adalah untuk memberikan bukti secara tertulis jika suatu saat terjadi persepsi yang berbeda mengenai hak-hak yang belum atau sudah dibayarkan oleh perusahaan kepada karyawan atau buruh.

Bukti tertulis ini dianggap bukti yang kuat untuk menjelaskan hak karyawan atas gaji yang telah dibayarkan oleh perusahaan.

Fungsi slip gaji

Selain memberikan manfaat, slip gaji juga memiliki fungsi seperti:

  • Sebagai bukti mengenai komponen apa saja atas gaji yang diterima selama bekerja dalam suatu periode.
  • Sebagai bukti sah mengenai informasi potongan pajak maupun iuran lainnya yang harus dibayar oleh pegawai yang bersangkutan.
  • Sebagai referensi sekaligus bukti asli bagi penyelenggara kredit dan sebagainya jika misalnya pegawai yang bersangkutan mengajukan permohonan kredit ataupun pinjaman tertentu.
  • Sebagai referensi bagi pegawai yang bersangkutan untuk melamar pekerjaan baru, khususnya pada posisi yang lebih tinggi. Karena terkadang perusahaan yang akan menerima karyawan baru minta slip gaji.

Sobat, pada dasarnya bukti pembayaran gaji atau slip gaji penting bagi karyawan atau buruh. Karena bertujuan untuk mengetahui beberapa rincian pembayaran gaji yang telah diterimanya. Selain itu, Sobat jadi mengetahui sistem pemberian gaji pada perusahaan tempat Sobat bekerja, karena pada dasarnya setiap perusahaan mempunyai metode dan bentuk yang berbeda.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]