Rupiah Diprediksi di Kisaran Rp14.500 Apa Pemicunya?

0
326
Ilustrasi Transaksi Rupiah vs Dolar AS - Sumber Foto www.bisnis.com

Mengacu Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), nilai tukar rupiah berada di harga Rp14.222 per dolar Amerika Serikat (AS) pada penutupan perdagangan Jumat (13/11). Dengan demikian, di akhir pekan ini, rupiah melemah tipis 35 poin dibandingkan penutupan perdagangan pada Kamis (12/11) yang berada di harga Rp14.187 per dolar AS.

Piter Abdullah Redjalam, Ekonom Core Indonesia mengatakan, sepanjang pekan ini rupiah mengalami penguatan yang didorong oleh beberapa sentimen positif, seperti hasil sementara pemilihan umum AS dan hasil uji tahap 3 vaksin Covid-19 di Amerika Serikat.

“Pekan ini terdapat banyak good news sehingga mendorong penguatan rupiah terhadap dolar AS,” ujar Piter kepada Akseleran, Jumat sore (13/11).

Piter memprediksi, pekan depan rupiah akan bergerak up and down seiring mulai hilangnya euphoria hasil pemilihan presiden AS dan vaksin Covid-19. Selain itu, pasar kembali dihadapkan adanya ketidakpastian karena Trump belum menerima kekalahan terhadap rivalnya.

“Kasus Covid-19 juga masih terus meningkat,” tuturnya.

Untuk pekan depan, Piter memproyeksikan mata uang garuda akan bergerak di kisaran Rp14.050 – Rp14.150 per dolar AS.

Baca Juga:
Prediksi Rupiah vs Capres AS Terpilih
Respons Rupiah Terhadap UU Cipta Kerja?

Sementara David Sumual selaku Ekonom Bank Central Asia (BCA) mengatakan, menguatnya mata uang garuda terhadap mata uang negeri Paman Sam karena terkait inflow dana asing yang mulai kembali masuk ke saham dan obligasi.

“Total dana asing yang masuk sekitar Rp14 triliun pasca pemilu AS 3 November 2020,” ujar David kepada Akseleran, Jumat sore (13/11).

David memproyeksikan rupiah akan bergerak koreksi dengan rentang Rp14.100 – Rp14.400 per dolar AS sepanjang pekan depan.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]