Harga Emas Bergantung Hasil Vaksin Covid-19

0
653
Ilustrasi Emas Batangan - Sumber Foto www.theweek.com

Optimisme potensi vaksin Covid-19 memberikan sentimen positif terhadap harapan untuk pemulihan ekonomi yang lebih cepat. Hal ini tentu mendorong investor yang tadinya bermain di aset safe haven namun akan kembali menuju aset berisiko.

Ricky Ferlianto selaku Managing Partner Vibiz Consulting mengatakan, selama pekan ini merupakan pekan perdagangan yang baru bagi harga emas. Sedangkan pada minggu lalu, emas berada di posisi tertingginya selama hampir tujuh minggu yakni di harga $1.966 per troy ons. Namun tiba-tiba, harga emas turun tajam pada hari Senin, karena Pfizer mengumumkan telah mengembangkan vaksin Covid–19 yang sangat menjanjikan.

“Pfizer mengumumkan bahwa uji coba vaksin Covid–19 nya kepada sekitar 44.000 subjek dan hasilnya ternyata 90% efektif,” ujar Ricky kepada Akseleran, Jumat (13/11).

Menurut Ricky, hal ini memberikan dorongan yang kuat terhadap pasar saham sehingga harga saham mulai menguat. Sehingga, Ricky menilai kabar ini merupakan yang ditunggu-tunggu oleh pasar global selama berbulan-bulan lamanya, selama periode yang mencekam ketika pandemik yang terus memberikan dampak buruk terutama di Eropa dan Amerika Serikat (AS).

“Pasar saham meningkat tinggi karena berita ini, termasuk indeks saham AS yang menyentuh rekor tertingginya,” ucap Ricky.

Akibatnya, lanjut Ricky, harga emas turun drastis sebanyak 4% yakni sebesar US$89.90 per ons ke harga US$1.861 per troy ons. Harga tersebut merupakan level terendah selama 9 minggu terakhir. Namun pada esok harinya harga emas berjangka berhasil bangkit dan membukukan keuntungan yang cukup baik pada hari Selasa pagi setelah kerugian yang besar yang terjadi pada hari Senin.

Baca Juga:
Cara Mudah Membedakan Emas Asli atau Palsu

Menurut Ricky, emas berjangka kontrak bulan Desember berhasil naik US$21.00 per troy ons di harga US$1.875. Selanjutnya hari ini Jumat (13/11), emas hanya diperdagangkan naik turun di rentang harga yang tipis berkisar US$1.850 per troy ons – US$1.880 per troy ons.

Ricky memprediksi minggu depan, akan ada sentimen atas kekhawatiran kasus Covid-19 yang meningkat di AS dan di Eropa. Artinya akan mendorong harga emas kembali bangkit dan bisa menuju harga US$1.900 per troy ons dengan harga “resistance” di harga US$1.940 per troy ons. Sementara itu apabila perusahaan farmasi lainnya selain Pfizer, ikut memberikan pengumuman mengenai keberhasilan uji coba vaksin yang 90% efektif, maka harga emas akan kembali tertekan ke harga US$1.583 per troy ons dengan harga “support” di harga US$1,850 per troy ons.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]