Berikut Daftar 5 Orang Terkaya di Indonesia 2021!

0
156
Orang Terkaya di Indonesia

Setiap tahunnya, majalah bisnis dan finansial dari Amerika Serikat, Forbes, merilis daftar orang-orang terkaya di dunia lengkap dengan perkiraan jumlah harta mereka. Perkiraan nilai kekayaan ini didapatkan dari perhitungan berkala kepemilikan saham secara individu dan keluarga terdekatnya. 

Selain merilis daftar orang terkaya di dunia, Forbes juga menerbitkan daftar orang-orang terkaya di setiap negara. Nah, tentunya kamu penasaran siapa saja yang termasuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2021? Mari disimak daftarnya berikut ini.

  • R. Budi Hartono

Siapa sih yang tidak kenal Bank Central Asia (BCA) dan perusahaan rokok kretek Djarum? Budi Hartono dan adiknya Michael adalah dua orang paling kaya di Indonesia yang memegang saham kedua perusahaan tersebut. Hartono bersaudara mengambil alih BCA setelah keluarga konglomerat Salim kehilangan kontrol Bank tersebut pada krisis ekonomi 1998. 

Akar kekayaan keluarga Hartono sebenarnya adalah Djarum, yang merupakan warisan dari ayah mereka dan kini diteruskan oleh anak Budi Hartono. Konglomerat terkaya Indonesia ini pun pernah mengalami jatuh bangun dalam berbisnis. Pada tahun 1963 misalnya, Djarum yang masih merupakan perusahaan kretek kecil hangus terbakar dan semua asetnya musnah. Di tahun yang sama, ayahnya Oei Wie Gwan pun meninggal. 

Budi Hartono yang saat itu masih berusia 23 tahun bahu membahu bersama saudaranya Michael Hartono untuk membangun kembali bisnis warisan ayah mereka yang sedang di ujung tanduk. Hasil kerja keras mereka bisa kita lihat dari besarnya Djarum sekarang.

Total kekayaannya: 20,5 miliar dolar.

  • Michael Hartono

Sama seperti saudaranya, Michael Hartono mendapatkan kekayaannya dari BCA dan Djarum. Bersama kakaknya, Michael juga merupakan pemilik dari merek elektronik terkenal, Polytron, dan juga menguasai banyak properti di Jakarta, serta memiliki saham di sebuah perusahaan rintisan Razer. 

Pria yang kini telah berusia 81 tahun ini juga merupakan atlet bridge nasional yang telah sukses membawa medali perunggu untuk Indonesia pada perhelatan Asian Games 2018.

Total kekayaannya: 19,7 miliar dolar.

  • Sri Pakash Lohia

Pria berdarah India ini awalnya mendirikan Indorama Corporation di Indonesia bersama ayahnya pada 1970-an sebagai perusahaan benang pintal. Perusahaan tersebut kini telah berkembang dan bergerak maju di bidang petrokimia, dan membuat produk-produk industri seperti pupuk poliolefin, bahan baku tekstil, dan sarung tangan medis. 

Pada akhir tahun 2020 perusahaan emiten miliknya juga mencaplok perusahaan tambang dan pengolahan emas di Cianjur,  PT Cikondang Kancana Prima (CKP). Akuisisi ini sendiri bernilai 300 miliar rupiah.  Sri Pakash Lohia menduduki posisi ketiga orang terkaya di Indonesia dan posisi ke 404 orang terkaya di dunia.

Total kekayaannya: 6.5 miliar dolar.

Baca juga: 7 Prinsip Orang Kaya yang Dapat Ditiru

  • Prajogo Pangestu

Prajogo Pangestu adalah seorang pengusaha kayu yang memulai usahanya pada akhir tahun 1970. Perusahaannya, Barito Pacific Timber go public pada tahun 1993 dan kemudian berganti nama menjadi Barito Pacific pada tahun 2007 setelah memutuskan bisnis perkayuannya. 

Pada tahun 2007 Barito Pacific membeli 70% saham perusahaan petrokimia Chandra Asri, dan pada 2011 Chandra Asri bergabung dengan Tri Polyta Indonesia dan menjadi produsen petrokimia terbesar di Indonesia. 

Sebelum dikenal sebagai pebisnis, Prajogo hidup dalam kemiskinan dan sempat menjajal profesi supir angkot. Bahkan ayahnya yang seorang penyadap getah karet hanya mampu menyekolahkannya hingga tingkat SMP. 

Pertemuannya dengan pengusaha kayu Malaysia Burhan Uray yang memberinya pekerjaan di perusahaan PT Djajanti Group adalah yang mengenalkannya pada industri kayu. Setelah sukses meniti karir hingga diangkat menjadi General Manager,, Prajogo memutuskan untuk memulai usahanya sendiri yang sukses hingga mengantarkannya menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

Total kekayaannya: 6.5 miliar dolar.

  • Chairul Tanjung

Pengusaha sukses CT Corp ini sempat terkenal dengan sebutan anak singkong berkat autobiografinya yang diterbitkan Kompas. Sebutan ini disematkan padanya karena latar belakang masa kecilnya yang pas-pasan. CT Corp terkenal dengan bisnis stasiun televisi, supermarket, serta mengontrol waralaba merek-merek ternama seperti Versace, Mango, Jimmy Choo, dan restoran Wendy’s. 

Chairul Tanjung juga memiliki saham di perusahaan maskapai nasional Garuda Indonesia.  Tahukah kamu, pria yang kini berusia 58 tahun ini adalah lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.

Total kekayaannya: 4.8 miliar dolar.

Nah, sekarang kamu sudah tahu siapa saja 5 orang terkaya di Indonesia dan sumber kekayaan mereka. Total kekayaan mereka yang miliki sekarang jelas tidak serta merta mereka dapatkan, melainkan dengan kerja keras dan pengelolaan keuangan yang baik. Jatuh bangun pun telah mereka rasakan, dan setelah perjuangan panjang yang terjal mereka bisa di posisi sekarang. Semoga daftar ini bisa menginspirasi kita untuk selalu semangat menjalani hidup dan tidak mudah putus asa.

Kamu Juga Bisa Menjadi Orang Kaya Salah Satunya dengan Melakukan Pengembangan Dana Hanya Mulai dari 100 Ribu Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin memiliki kekayaan atau ingin mencapai kebebasan finansial di masa depan, melakukan pengembangan dana adalah salah satu caranya. P2P Lending dari Akseleran ada tempat terbaik untuk kamu yang ingin mengembangkan dana dengan keuntungan hingga 16% per tahun dan dapat dimulai dari Rp100 ribu.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]