Wealth Management Adalah: Jenis, Strategi, dan Cara Daftarnya

0
5567
Wealth Management Adalah

Wealth management adalah manajemen yang mengatur keuangan atau kekayaan keluarga. Apa pun yang Anda inginkan, mulai dari persiapan dana pendidikan anak, dana untuk pembelian rumah, atau dana selepas pensiun dapat diwujudkan. Penerapan wealth management memungkinkan seseorang hidup nyaman dengan jaminan finansial yang aman di masa tua dan tahan terhadap kondisi ekonomi.

Wealth Management Adalah Hal yang Penting Dilakukan?

Di kota besar dunia, seperti London, Amsterdam, dan Paris, wealth management sudah ada sejak abad ke-17 dan ke-18. Hal ini tak lepas dari perkembangan layanan keuangan yang menguntungkan, seperti deposito, pinjaman, dan mata uang asing. Lantaran digunakan oleh anggota kerajaan, layanan keuangan ini makin populer hingga daratan Amerika Serikat, tepatnya di abad ke-19. Di Indonesia, istilah ini mulai sering digunakan pada awal abad ke-20.

Wealth management adalah layanan jasa penasihat investasi dan perencanaan keuangan. Tak hanya berfokus pada investasi, wealth management juga mengurus hal yang berhubungan dengan keuangan pribadi. Inilah alasan mengapa wealth management juga disebut sebagai manajer keuangan pribadi. 

Wealth management adalah layanan yang direkomendasikan dan penting dilakukan agar setiap individu dapat mengatur keuangan secara mandiri dengan mempertimbangkan beragam aspek peluang dan kemungkinan risiko. Berkat layanan ini, Anda tak perlu pusing melakukan mengatur keuangan karena telah dikelola oleh ahlinya. Lantaran bertugas membantu mencapai tujuan keuangan, Anda diharuskan mengisi formulir pertanyaan, seperti jumlah harta, jumlah utang, jumlah anggota keluarga, asuransi, jumlah pengeluaran, profil risiko, dan tujuan. Pastikan mengisi formulir secara jujur karena informasi tersebut digunakan untuk perencanaan keuangan.

Jenis Wealth Management

Wealth management terbagi menjadi tiga jenis, yakni: 

  • Wealth Protection and Preservation – berfokus memberikan perlindungan atas aset dan kekayaan keluarga. Proteksi dilakukan untuk menghindari pengurangan nilai sehingga jumlah kekayaan maupun aset tetap terjaga secara kualitas dan kuantitas.
  • Wealth Growth and Accumulation – bertujuan untuk menumbuhkan nilai aset dan kekayaan yang ada. Agar terus bertambah, kekayaan dan aset harus diolah dan dikelola dengan baik.
  • Wealth Distribution and Transition – bertujuan mendistribusikan aset ke pihak lain. Apabila terjadi masalah selama proses distribusi kekayaan, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan wealth manajer. 

Baca juga: Berikut Daftar 5 Orang Terkaya di Indonesia 2021!

Strategi Wealth Management

Sebelum mengikuti program wealth management Indonesia, pastikan untuk mempelajari sejumlah strategi berikut ini.  

  • Trust Fund strategi perlindungan kekayaan dengan mempercayakan kekayaan untuk menjaga manfaatnya. Trust fund hampir mirip dengan wasiat. Bedanya orang yang dipercaya mengelola harus menjaga aset atau kekayaan agar nilainya tidak berubah dan rutin melaporkan pengelolaan dana. Umumnya, dana trust fund dikelola untuk kegiatan sosial, seperti pembangunan yayasan, panti asuhan, dan hibah bencana. 
  • Asuransi – salah satu produk wealth management ini melindungi kekayaan dan aset sesuai kebutuhan penggunanya. Mulai dari kesehatan, pendidikan, tubuh, hingga nyawa. 
  • Hedge Fund – strategi ini dilakukan dengan menyetor dana ke Manajer Investasi (MI) untuk dikelola dan diinvestasikan ke perusahaan tertentu sesuai kesepakatan. 
  • Investment Management – strategi ini dilakukan dengan mempercayakan dana kepada Manajer Investasi untuk dikelola agar nilainya bertambah. 
  • Estate Management – strategi ini bertujuan untuk mengelola harta warisan agar tepat sasaran.
  • Business Venture – strategi yang agak berisiko ini dilakukan dengan memberikan dana pada bisnis baru. Apabila bisnis tersebut berkembang pesat, dana pengembalian investasi lebih besar dari modal awal. 

Cara Pendaftaran Wealth Management

Persiapkan dokumen yang diperlukan, seperti identitas legal dan dokumen lain yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan administrasi. Kunjungi bank terdekat yang menawarkan layanan wealth management. Setelah mengisi formulir pendaftaran, bank akan melakukan verifikasi data dan dokumen persyaratan. Apabila verifikasi berhasil, Anda bisa memulai rencana pengelolaan keuangan sesuai kebutuhan.

Kesimpulan 

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa wealth management adalah layanan yang memungkinkan Anda mengelola aset dan keuangan dengan aman serta tepat sasaran sesuai tujuan. Wealth management direkomendasikan bagi Anda yang ingin mengatur keuangan sekaligus meningkatkan kondisi finansial. Berbekal layanan wealth management, Anda bisa mendapatkan kesejahteraan finansial di masa depan. Agar kekayaan Anda bertambah, jangan ragu untuk memulai investasi menguntungkan!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].