CSR Adalah: Manfaat, Jenis, Hingga Tanggung Jawabnya

0
819
CSR Adalah

CSR singkatan dari Corporate Social Responsibility. CSR adalah konsep yang menerangkan bahwa suatu perusahaan memiliki tanggung jawab sosial terhadap lingkungan sekitar atas seluruh kegiatan yang dilakukan. Masalah yang berdampak langsung pada lingkungan, seperti limbah, polusi, tenaga kerja, dan keamanan produk patut untuk dipertanggungjawabkan. Pihak yang harus bertanggung jawab, meliputi karyawan, pemegang saham, konsumen, pemerintah, dan masyarakat yang ada di dalam ruang lingkup perusahaan tersebut.

Lantaran bersifat wajib, apabila suatu perusahaan tidak melaksanakan tanggung jawab tersebut, perusahaan akan mendapat sanksi. Aturan ini berlaku mengikat untuk perusahaan besar maupun kecil. Artinya, selagi bisnis tersebut berkaitan erat dengan  kenyamanan masyarakat di sekitarnya, Anda wajib untuk bertanggung jawab sesuai aturan berlaku.

Apa Saja Manfaat CSR?

Adapun manfaat CSR adalah sebagai berikut.

  • Bagi Perusahaan – selain membuka peluang kerja yang luas bagi pihak lain, CSR juga bermanfaat untuk menciptakan inovasi baru sekaligus mempromosikan perusahaan itu sendiri.
  • Bagi Masyarakat Umum – mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar yang tinggal di lingkungan perusahaan melalui program pemberdayaan dan pengembangan.
  • Bagi Pemerintah – keuntungan yang dirasakan pemerintah tak hanya di bidang ekonomi, melainkan juga lingkungan dan sosial. Secara tidak langsung, CSR membantu mendukung program terkait penurunan angka pengangguran, ketersediaan fasilitas kesehatan serta pendidikan, memberantas kemiskinan, dan pencemaran lingkungan.
  • Bagi Pihak Lain – manfaat CSR juga dirasakan oleh pemegang saham dan konsumen. Citra yang baik didapatkan oleh pemegang saham, sedangkan konsumen akan makin percaya terhadap perusahaan. 

Jenis CSR

Dalam pelaksanaannya, program CSR perusahaan terbagi menjadi delapan jenis, yakni:

  • Cause Promotions – upaya yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kesadaran atas suatu permasalahan. Caranya adalah dengan memberikan dana bantuan sosial, seperti donasi atau kegiatan pelayanan komunitas. Tujuan jenis CSR ini adalah untuk mempromosikan perusahaan itu sendiri. 
  • Cause Related Marketing – upaya perusahaan untuk mendukung kegiatan sosial dengan cara berkomitmen memberikan sebagian keuntungan hasil penjualan produk. Dana ini akan disumbangkan kepada pihak yang berhak menerima. 
  • Community Volunteering – CSR ini dilakukan dalam bentuk layanan atau jasa untuk masyarakat secara gratis. Kegiatan ini dilakukan secara sukarela oleh karyawan untuk mendukung keberlangsungan lingkungan di sekitar perusahaan. 
  • Corporate Societal Marketing – dilakukan dalam bentuk kampanye mengenai isu sosial atau kesehatan untuk mendukung masyarakat hidup lebih baik. 
  • Corporate Philanthropy – dilakukan dalam bentuk kontribusi secara langsung dengan memberikan bantuan sumbangan pada masyarakat. 

Baca juga: 4 Perusahaan Fintech yang Berkembang di Indonesia

  • Rehabilitasi Alam – bagi perusahaan penghasil limbah, mereka bertanggung jawab menjaga alam. Caranya melakukan reboisasi hutan, penanaman bakau, atau penanaman bibit tanaman produktif.
  • Pengelolaan Limbah Berwawasan Lingkungan – pengelolaan ini dilakukan untuk meminimalisasi toksisitas limbah. Alhasil, ketika limbah hasil produksi dibuang, limbah tersebut tidak merusak lingkungan sekitarnya. Sebelum memulai program, perusahaan harus memilih jenis limbah, yakni limbah organik, beracun, atau anorganik. Perusahaan harus mengelola limbah dengan menerapkan teknik khusus agar dapat terserap oleh alam.
  • Penggunaan Sumber Energi Terbarukan – dilakukan dengan cara memanfaatkan sumber energi terbarukan. Mulai dari angin, uap alam, air, dan tenaga surya. Melalui cara tersebut, perusahaan diharapkan ikut serta dalam program pelestarian sumber daya alam yang terancam punah, seperti minyak bumi dan gas alam.

Tanggung Jawab CSR Adalah Memberi Ganti Rugi?

Pada dasarnya, tanggung jawab CSR adalah tidak terbatas pada pemberian dana ganti rugi terhadap lingkungan, melainkan juga menjaga hubungan baik dengan pihak yang berhubungan dengan perusahaan di segala bidang. CSR juga bertanggung jawab dalam mendukung kegiatan koperasi simpan pinjam untuk mengembangkan UMKM, menggelar acara donor darah, vaksinasi, atau pengobatan gratis, mengadakan pelatihan pengolahan limbah atau seminar pendidikan, membantu sarana prasarana umum, dan melestarikan seni budaya. 

Kesimpulan 

Dari penjelasan singkat di atas bisa disimpulkan bahwa CSR adalah program yang dilakukan perusahaan untuk bertanggung jawab secara sosial dengan melakukan berbagai kegiatan bermanfaat di bidang ekonomi, kesehatan, infrastruktur, lingkungan, dan budaya. Tujuannya agar perusahaan terhindar dari pencabutan izin operasional sekaligus mengurangi risiko bisnis, memperluas akses pasar dan sumber daya, memperbaiki hubungan dengan pemerintah dan pemegang saham, serta meningkatkan produktivitas karyawan. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]