Cara Mengatasi Monday Syndrome

0
764
Cara Mengatasi Monday Syndrome

Perasaan atau emosi negatif berlebihan untuk menyambut hari Senin seperti malas, lesu, tidak bersemangat, sedih, hingga stres biasanya dirasakan di penghujung akhir pekan. Sebetulnya wajar-wajar saja jika kamu sesekali merasakan Monday Syndrome seperti ini, tetapi jika dirasakan hampir setiap minggu dan berkepanjangan maka hal ini perlu diatasi. Biasanya yang menjadi pemicu stres bukan hari Seninnya, tetapi apa yang terjadi atau akan dilakukan di hari Senin ataupun lingkungan yang akan ditemui.

Hanya mencemaskan atau membiarkan diri dikuasai emosi negatif terus-menerus tidak akan menyelesaikan masalah. Coba cari tahu akar masalahnya mulai dengan menjawab beberapa pertanyaan. Apa sebenarnya perasaan yang kamu rasakan? Apa yang bisa kira-kira kamu lakukan untuk mengatasinya? Apa sebetulnya yang membuat kamu stres?  Mengetahui secara jelas masalah utamanya, akan membantu kita untuk mencari solusi dan mencegah masalah untuk berulang. Berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi Monday Syndrome.

1. Persiapkan hari Senin di hari terakhir kerja minggu sebelumnya

Sebisa mungkin selesaikan tugas minggu itu di hari terakhir kerja, cicil tugas atau pekerjaan hari Senin atau lakukan persiapan untuk pekerjaan hari Senin dan buat catatan daftar pekerjaan untuk seminggu ke depan. Cara ini bisa membantu untuk memulai pekan selanjutnya dengan lebih siap dan santai. Senin bisa menjadi hari yang lebih stres akibat menumpuknya tugas yang belum diselesaikan minggu sebelumnya.

2. Jauhkan diri dari berbagai tugas di akhir pekan

Manfaatkan waktu secara penuh sebagai waktu istirahat atau me-time atau melakukan hal-hal yang kamu senangi. Jika memungkinkan, hindari membahas atau memikirkan tugas atau pekerjaan di akhir pekan. Kalaupun ada pekerjaan yang tidak bisa dihindari untuk dilakukan di akhir pekan, maka tetapkan batas waktu maksimal misalnya 1-2 jam saja.

3. Hindari begadang di Minggu malam dan bangun lebih awal di hari Senin

Durasi istirahat yang cukup akan membantu kamu bangun lebih awal dan lebih fresh sehingga emosi akan lebih stabil untuk menghadapi hari Senin. Lebih banyak waktu untuk persiapkan diri dan mental menghadapi hari pertama dalam minggu itu.

4. Pilih pakaian favorit untuk menaikkan mood

Coba menetapkan pakaian, sepatu, atau tas favorit yang akan kamu gunakan di hari Senin agar dapat meningkatkan mood dan lebih bersemangat menjalani hari.

5. Tetapkan rutinitas menyenangkan di hari Senin

Terakhir, kamu bisa membuat hobi baru atau melakukan hal menyenangkan yang akan rutin kamu lakukan di hari Senin sehingga dapat lebih bersemangat untuk menyambut hari Senin.

Mulailah sugesti diri dengan membuang pikiran negatif dan pikirkan hal positif tentang hari Senin, serta perkatakan untuk memotivasi diri. Rubah “I hate Monday” menjadi “I’m ready for Monday”.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut